#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Liverpool Tanpa Trio Penyerang Andalan Selama Menjalani Pramusim
21 June 2019 12:22 WIB
LIVERPOOL – Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane memastikan Liverpool FC merajai kompetisi Eropa pada 2018/19. Tetapi komitmen musim panas untuk negara mereka masing-masing bisa membuat pelatih Juergen Klopp sakit kepala yang signifikan ketika bersiap menyambut kampanye Liga Primer 2019/20 pada awal Agustus nanti.

Salah dan Mane berbagi penghargaan Sepatu Emas (Golden Boot) 2018/19 bersama striker Arsenal FC Pierre-Emerick Aubameyang. Ketiganya mencetak 22 gol. Untuk Liverpool, prestasi bertambah dengan selusin serangan Firmino yang berkontribusi pada 56 dari 89 gol tim  di Liga Primer sepanjang musim. Itu setara 63 persen dari total gol The Reds.

Walau terus menempel di belakang juara bertahan Manchester City FC, Liverpool akhirnya harus mengakui kekalahan dengan gap satu poin dalam perburuan gelar tersengit dalam sejarah sepakbola papan atas Inggris itu. Sayangnya, tanggung jawab internasional harus membuat skuat Anfield menjalani sebagian besar pramusim tanpa trisula andalannya tersebut.


Baca Juga :
- Low Block Jadi Penyebab Liverpool Gagal Menang di Old Trafford
- Solskjaer Ungkapkan Bintang Manchester United yang Terbaik Melawan Liverpool

Salah, Mane, serta gelandang Naby Keita ambil bagian dalam Piala Afrika 2019, 21 Juni-19 Juli. Turnamen ini dialihkan penjadwalannya, sebelumnya digelar pada musim dingin, sebagai penyesuaian dengan akhir musim Eropa. Ini diharapkan menghindari klub-klub Benua Biru kehilangan pemain di tengah kompetisi. Kini implikasinya mengarah pada persiapan musim baru.

Final Piala Afrika di Kairo akan digelar pada 19 Juli dan tuan rumah Mesir yang diperkuat Salah adalah favorit juara. Diikuti Mane bersama timnas Senegal. Sehingga kemungkinannya, salah satu atau malah kedua penyerang Liverpool itu akan bermain sampai akhir turnamen yang mundur enam hari dari tanggal aslinya karena bulan suci Ramadan.

Pada tanggal yang sama, The Reds akan melakoni ujicoba pramusim ketiga mereka atau laga pertama dari tur Amerika Serikat (AS) melawan Borussia Dortmund di Indiana. Persiapan pasukan Klopp akan dimulai dengan partai uji coba menghadapi Tranmere Rovers FC pada 11 Juli dan Bradford City FC pada 14 Juli di Inggris.

Kemungkinan efek komitmen Firmino di Piala Amerika pun tak jauh lebih baik. Seperti Salah dan Mesir, Brasil adalah tuan rumah sekaligus favorit juara. Laga final kejuaraaan antarnegara Amerika Selatan itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro pada hari Minggu, 7 Juli. Bukan hanya Firmino, kiper Selecao Alisson Becker pun bakal melewatkan sebagian prasmusim The Reds.

Seperti Musim Lalu

Meskipun hanya sekitar empat hari sebelum Liverpool kembali beraksi, musim lalu, ketika Salah, Mane, dan Firmino bertugas di Piala Dunia 2018, tidak satu pun dari ketiganya kembali bermain untuk The Reds hingga setidaknya 30 hari kemudian.

Setelah memainkan laga terakhir mereka, masing-masing pada 25 dan 28 Juni untuk Mesir dan Senegal, Salah serta Mane sama-sama mencetak gol untuk The Reds dalam kemenangan 2-1 atas Man. City di New Jersey pada 26 Juli.


Baca Juga :
- Laju 100 Persen Menang Liverpool Terhenti di Old Trafford
- Hadapi Liverpool, MU dalam Tekanan, tapi Statistik Solskjaer Lebih Baik Ketimbang Klopp

Firmino terus bertahan hingga Brasil tersingkir di perempat final dari Belgia pada 6 Juli sehingga tidak mengenakan baju merah lagi sampai kemenangan 5-0 atas Napoli di Dublin pada 4 Agustus ketika rekan setim internasionalnya, penjaga gawang Alisson Becker melakukan debutnya untuk Liverpool.

Jika Klopp menerapkan skala waktu yang sama untuk liburan dan pemulihan pada musim panas ini, Firmino dan Alisson berpotensi melewatkan seluruh laga uji coba. Keduanya baru akan kembali sebelum Community Shield melawan Man. City pada 4 Agustus. Salah dan Mane bahkan baru tiba jelang laga pembuka Liga Primer lawan Norwich City, lima hari kemudian.***NURUL IKA HIDAYATI

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA