#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Spanyol Rasa Barcelona
24 June 2019 07:59 WIB
REIMS – Cikal bakal tim nasional putri Spanyol melangkah ke 16 besar Piala Dunia Wanita 2019 dimulai hampir sama dengan beberapa skuat negara lain, musim panas 2015. Tepatnya setelah turnamen serupa berakhir dan Spanyol tidak mampu lolos dari fase grup.

Uniknya, saat itu proses pembentukan tim putri bukan di ruang pertemuan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) melainkan dia markasn FC Barcelona. Saat itu, klub terkaya kedua di dunia tersebut baru mengambil keputusan berani, melakukan investasi besar-besaran untuk tim putri yang didirikan pada 1988, FC Barcelona Femeni.

“Saat itu kami yakin harus melakukannya (investasi besar),” ucap Maria Teixidor, Sekretaris Dewan Direksi FC Barcelona. “Kami berkomitmen untuk membawa tim putri ke tahap berikutnya, membuat skuat yang profesional. Jadilah kami berinvestasi besar.”


Baca Juga :
- Tidak Hanya Makin Cantik, Bando Pink Alex Morgan Punya Arti Mulia
- Juara Dunia, Timnas Putri AS Menuntut Kesetaraan Bayaran

Dampak gebrakan besar Barcelona untuk tim putri mereka memang berdampak positif bagi timnas Spanyol. Setelah tanpa kemenangan dari tiga laga grup dalam debut Piala Dunia Wanita pada 2015, timnas putri Spanyol mampu melaju ke 16 besar turnamen yang sama tahun ini di Prancis. Peringkat dunia La Roja pun naik menjadi ke-13.

Tidak sampai di situ, indikator kesuksesan Barca Femeni bisa dilihat dari total 15 pemain putri mereka di Piala Dunia Wanita kali ini. Bahkan, dari 23 pemain Spanyol di Prancis, 10 di antaranya berstatus milik Barca Femeni.

“Dalam tiga tahun terakhir, banyak yang berubah di tim putri Barcelona, ” ucap Vicky Losada, kapten Barca Femeni yang saat ini menjadi salah satu gelandang timnas putri Spanyol.

Losada mengakui, karena sebelumnya Barcelona tidak terlalu fokus pada program tim putri, ia dan sejumlah rekannya sering berlatih dengan pemain pria. “Namun setiap hari kami merasakan perkembangan signifikan,” tutur gelandang 28 tahun itu.

Target timnas putri Spanyol berikutnya adalah memperkecil gap dengan tim-tim elite dunia seperti Amerika Serikat (AS), Jerman, atau Norwegia. Dalam tujuh bulan terakhir, tim putri Spanyol memainkan tujuh laga melawan tim-tim 10 besar dunia. Mereka hanya mampu dua kali menang. Tapi, tim putri Spanyol cuma tiga kali kalah.

“Kami semakin mendekati mereka. Peringkat dunia menunjukkan itu,” ucap Losada, pencetak gol pertama Spanyol di Piala Dunia Wanita, empat tahun lalu di Kanada. “Perbedaan antara mereka dan kami adalah fisik. Semua tahu kami tim dengan pemain berteknik tinggi, taktik maupun skill. Namun, negara-negara kuat itu mulai membangun tim 20 tahun sebelum kami.”

Di babak 16 besar, Senin (24/6) petang, Spanyol akan menjajal kekuatan tim terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia Wanita. Stadion Auguste-Delaune, Reims, Prancis, akan menjadi saksi apakah Losada dan kawan-kawan mampu memperkecil gap dengan kampiun terbanyak Piala Dunia Wanita (tiga kali), AS.

Alex Morgan dan kawan-kawan sudah mencetak 18 gol, sama dengan Jerman, tanpa kemasukan. Spanyol mungkin bisa memanfaatkan kondisi Morgan. Ia mengalami cedera saat mengalahkan Swedia, 2-0, di fase grup, Kamis (20/6) lalu, dan sempat diragukan turun di 16 besar meskipun tidak cedera serius. Spanyol mungkin memiliki teknik tinggi. Tetapi, mereka akan menghadapi tim peringkat pertama dunia yang saat ini begitu superior di Piala Dunia Wanita.*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

Perkiraan Pemain
SPANYOL – AMERIKA SERIKAT

Stadion: Auguste-Delaune
Wasit: Katalin Kulcsar
Prediksi TopSkor: 40-60

SPANYOL 4-4-2
Pelatih:
Jorge Vilda

13 Panos       

8 Torrejon
4 Hernandez
16 Leon
7 Corredera

17 Garcia
14 Torrecilla
12 Guijarro
9 Mariona

10 Hermoso
22 Garcia

Cadangan: 1 Lola Gallardo, 2 Celia Jimenez, 3 Leila Ouahabi, 6 Vicky Losada, 21 Andrea Falcon, 15 Silvia Meseguer, 11 Alexia Putellas

AS 4-3-3
Pelatih:
Jillian Ellis

1 Naeher       

5 O'Hara
7 Dahlkemper
4 Sauerbrunn
19 Dunn

16 Lavelle
9 Horan
3 Mewis

17 Heath
10 Lloyd
15 Rapinoe


Baca Juga :
- Preview Perebutan Posisi Ketiga Piala Dunia Wanita 2019: Inggris serta Swedia Buru Pelipur Lara
- Preview Final Piala Dunia Wanita 2019: AS dan Belanda Ingin Tuntaskan Misi

Cadangan: 18 Harris, 11 Krieger, 12 Davidson, 6 Brian, 8 Ertz, 2 Pugh, 13 Morgan

Pertemuan Terakhir:
22/01/19       Uji Coba          Spanyol 0-1 AS
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA