#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Oase dari Suporter Sepak Bola Indonesia saat Piala AFC
27 June 2019 09:23 WIB
STADION Pakansari Cibinong, Bogor menjadi saksi bisu bersatunya komunitas fan klub sepak bola Indonesia. Ini anomali, sebab biasanya sekat identitas klub hanya luntur saat timnas Indonesia berlaga. Karenanya, pertandingan semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019, antara PSM vs Becamex Bihn Duong, itu layak dikenang.

Sedikitnya, 1.200 anggota The Maczman, komunitas fan PSM, datang ke Pakansari pada Rabu (26/6). Uki Nugraha bertindak menjadi komandonya. Pria yang karib disapa Daeng Uki tersebut mengatakan, jumlah itu tak hanya berasal dari Makassar, tetapi juga dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Angka ini terlihat sedikit, tetapi mengingat jarak antara Bogor-Makassar mencapai 1.570 kilometer, jadi cukup fantastis. “Dari data kami, pendukung PSM mencapai 1.200 lebih, dari yang menetap di Jakarta dan sekitarnya dan dari Makassar juga. Mereka bersedia hadir di sini untuk mendukung PSM agar bisa  berprestasi di Asia,” kata Uki.


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, Kamis Malam
- Timnas Indonesia Menang Telak Atas PKNS

Ahmad Musyaffa Fauzan, yang mengaku sebagai pendukung Bali United, tampak membaur dengan Maczman. Pria yang menetap di Leuwi Liyang, Bogor ini datang bersama beberapa rekannya khususnya untuk memberi dukungan pada PSM. Baginya, kiprah PSM di Asia jauh lebih besar dari sekadar pengkotakan fan klub.

Uniknya, ini kali pertama Fauzan datang ke Pakansari, yang berarti ia tak hadir saat Bali United tampil di Bogor. “Saya ke sini untuk mendukung PSM. Saya juga ingin tahu bagaimana atmosfer pertandingan yang dibuat fan PSM selama berada di stadion Pakansari,” kata pemuda berusia 18 tahun tersebut.

Tampak pula beberapa kelompok kecil pendukung Persija, Persib, hingga Persikabo. Namun, kelompok-kelompok ini tak menunjukkan identitasnya lewat simbol klub. Mereka ini sengaja menanggalkan identitas klub, sebagai penghargaan kepada fan PSM yang jauh-jauh datang dari Ujung Pandang, nama lain Makassar.

“Ini bukan lagi soal kami PSM, tapi ini adalah  kita Indonesia, yang sedang berjuang untuk meraih prestasi di Piala AFC. Sebelumnya saya juga berkomunikasi dalam grup suporter sepak bola Indonesia untuk mengajak mereka, ayo sama-sama mendukung PSM. Ini bukan lagi satu klub tapi ini untuk Indonesia,” Uki menambahkan.


Baca Juga :
- Tim Pelatih Timnas Indonesia Pantau Malaysia Vs Thailand di Bukit Jalil
- Wakili Indonesia, Petarung Indonesia Ini Bangga

Tanda-tanda akan bersatunya beragam fan klub di Pakansari, sudah mulai ramai di media sosial sejak Selasa (25/6). Dalam berbagai forum dan tautan, kampanye untuk mendukung Juku Eja, julukan PSM, digelorakan. Harmonisme seperti ini menyiratkan bahwa sepak bola Indonesia masih punya harapan di masa depan.

Selama pertandingan berlangsung, kelompok-kelompok suporter ini pun bersama-sama menyanyikan yel sebagai dukungan kepada Muhammad Rachmat dan kawan-kawan. Semuanya terfokus di tribune selatan dan barat. Walau akhirnya PSM gagal melaju ke babak final zona ASEAN, ajang sudah menyatukan suporter Indonesia.* Sumargo Pangestu

loading...

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA