#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Rahasia Kebangkitan Sanchez
02 July 2019 11:30 WIB
SAO PAULO – Alexis Sanchez berlatih sendirian, terpisah dari rekan setimnya. Penyerang timnas Cile ini berlari dengan kecepatan yang tinggi. Setelah itu, dia tampak tersenyum, menikmati suasana latihan, khususnya pencapaian yang diraihnya dalam sesi tersebut. “Sanchez tampak bahagia,” kata pelatih timnas Cile, Reinaldo Rueda. “Soal Sanchez kini sudah selesai,” dia menambahkan.

  Rueda dan timnya kini memang tidak perlu lagi mengkhawatirkan kondisi pemain paling berpengaruh dalam tim mereka. Bahkan, situasi tersebut sudah terlihat sejak pertandingan pertama penyisihan grup. Sebelumnya, Rueda dan para asistennya memang telah melakukan sebuah tugas: proyek mengembalikan kondisi Sanchez ke performa terbaiknya.


Baca Juga :
- Menunggu Alexis Sanchez Dalam 48 Jam
- Alexis Sanchez ke Inter Milan Besok

Proyek ini sudah dimulai jauh sebelum tampil dalam Piala Amerika 2019 ini. Menurut Rueda, apa yang telah diraih Sanchez merupakan buah dari proses tersebut yang dilakukan di komplek latihan timnas di Cile tepatnya di Juan Pinto Duran. Di sanalah, pemain dengan gaji terbesar dalam sejarah Liga Primer ini melakukan proses mengembalikan kondisi terbaik fisiknya.

Ada sejumlah target yang telah dibereskan tim Rueda terhadap kondisi Sanchez, di antaranya terkait sakit yang diderita pemain ini di pergelangan kaki kananya. Untuk membuat kondisinya kembali normal, dilakukan latihan ringan yang rutin. Lalu, tentu, menjauhkan Sanchez dari sejumlah agenda timnas seperti laga uji coba. Salah satu contohnya ketika Rueda tidak memasukkan Sanchez dalam laga uji coba lawan Haiti.

Ketika rekan setimnya tampil dalam laga tersebut, Sanchez harus tetap berada di Santiago, bekerja dengan dokter tim dan ahli dalam kondisi pemain: Pedro Onaete. Bersama Onaete inilah Sanchez banyak mendapatkan latihan khusus dalam aspek fisik. Ketika Sanchez merasa sudah siap, Rueda justru tetap dengan keputusannya yaitu tetap menahan Sanchez menjauh dari aktivitas tim.

Bagi Rueda, yang dimaksud dengan kembali ke bentuk terbaik adalah termasuk dari aspek psikologis. Inilah yang juga sangat penting dan menjadi salah satu faktor dari “proyek” penyembuhan Sanchez. Maklum, mental untuk kasus Sanchez sangat krusial karena sepanjang musim lalu Sanchez kerap mendapatkan kritik khususnya terkait situasi yang dialaminya di Manchester United.

Rueda kerap berbicara dengan Sanchez sebagai salah satu bagian dari cara memulihkan Sanchez. Namun, Rueda tidak sendirian. Ada sosok Orlando Caicedo, seorang motivator yang memang sudah sangat dikenal. Sosok asal Kolombia yang sudah empat tahun bekerja untuk timnas Cile. Biasanya, Caicedo bertugas dalam hal-hal menangani krisis, seperti persoalan di kamar ganti tim misalnya.

Bagi kebanyakan pers Amerika Selatan, Caicedo sudah sangat dikenal. Bahkan, dia juga dijuluki The Secret Weapons untuk pelatih utama dalam tugasnya. Sosok lainnya adalah Carlos Velasco, pelatih fisik yang harus memperhatikan dengan baik kondisi pergelangan kaki Sanchez.


Baca Juga :
- Alexis Sanchez Rela Berkorban Demi Inter
- Nyaris Baku Hantam dengan Rekan Setim, Sanchez Terlempar ke Tim Cadangan

Kembalinya semangat dalam diri Sanchez juga tidak terlepas dari peran sejumlah pemain yang dekat dengan Sanchez seperti Mauricio Isla. Bersama pemain inilah Sanchez berbagi ruangan setiap bermain untuk timnas. “Idenya sederhana, membuat dia (Sanchez) merasa nyaman, tenang, dan tentu dibutuhkan. Pada akhirnya, semua akan mengarah kepada kepercayaan dirinya,” kata Rueda lagi.

Sebagai pelatih timnas, Rueda tahu apa yang telah dialami Sanchez di MU. “Jadi, pekerjaan kami soal Sanchez sudah selesai. Tim telah membuat dirinya kembali seperti Sanchez yang kami kenal,” kata Rueda lagi. Ya, Sanchez yang sebelumnya sempat terpuruk, sosok yang dinilai jauh dari performa terbaik, kini justru tampil seperti sosok pemain baru. Lalu, MU pun kabarnya terkejut dengan performa sang pemain di Piala Amerika 2019.***

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA