#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Bidik PSSI-1, Mantan Kapolda Metro Jaya Ini Siap Bawa Indonesia ke Piala Dunia
03 July 2019 12:09 WIB
BANDUNG – Mochammad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, mulai turun ke lapangan. Menyapa praktisi sepak bola dan pemilik suara di PSSI untuk memuluskan jalannya menuju kursi orang nomor satu di federasi sepak bola Indonesia. Pulau Jawa sudah disambanginya untuk meraih dukungan sebagai ketua umum PSSI.

"Saya beberapa kali didatangi oleh teman-teman, baik dari klub maupun Aspov. Ketemu pas saya sedang ada kunjungan ke Yogyakarta atau Surabaya misalnya. Kami diskusi panjang tentang sepak bola Tanah Air. Apa masalah dan kendalanya menuju pentas dunia," kata Iwan Bule.

Iwan mengaku tidak melakukan road show. Dia hanya menyempatkan waktu bertemu dengan orang-orang sepak bola yang seide dengannya untuk membangkitkan sepak bola nasional. Untuk sepak bola nasional, Iwan mengaku gairahnya selalu bergelora.


Baca Juga :
- Hindari Sanksi, Panpel Imbau Suporter PSIS
- Songsong Liga 1, Stadion Brawijaya Ditutup

"Sepak bola sangat dekat dengan kehidupan kita. Laki-laki, umumnya tidak jauh dari sepak bola karena memang sangat menyukai sepak bola," ujar Iwan saat berbicara dengan Robby Darwis dan Encas Tonif di sebuah resto kala berdiskusi sepak bola bersama legenda Persib dan klub pemilik suara dari Jawa Barat.

"Seperti saat ini, kita ngobrol dan diskusi bareng, masalah sepak bola Indonesia. Agar maju di level internasional, secara bertahap tentu dimulai dari level Asia Tenggara, Asia, terus nanti bisa naik ke Piala Dunia. Itu jadi target tinggi, karena  pada 1938 kita bisa berkiprah di Piala Dunia,” kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.

“Tapi sampai sekarang belum ada lagi jalan menuju ke Piala Dunia. Nah, saya, praktisi sepak bola, dan masyarakat secara umum, ingin mengulanginya," Iwan menegaskan.

Untuk merintis dan membuka mimpinya agar Indonesia kembali ke pentas dunia, Iwan melihat posisi ketua umum PSSI harus digapai terlebih dahulu. Mantan Plt Gubernur Jawa Barat itu sangat serius membidik posisi orang nomor satu di federasi sepak bola Indonesia.

"Saya punya keinginan sepak bola Indonesia maju dan meriah ptestasinya. Dengan segenap tenaga dan pikiran yang saya punya, harapannya bisa mewujudkan itu. Tapi, tentu, saya tidak bisa bekerja sendiri. Akan banyak teman-teman yang membantu. Kita bersama mengangkat prestasi sepak bola nasional," ucap Iwan.

Penataan SDM, pembinaan berjenjang, anggaran, dan digitalisasi data PSSI plus pengadaan sarana dan prasarana adalah terobosan yang bakal dihamparkannya jika terpilih jadi orang nomor satu PSSI. Obsesi lainnya membangun lapangan berlatih untuk timnas beserta sarana penunjangnya.


Baca Juga :
- Mimpi ke Piala Dunia, TC Timnas Futsal Masih Belum Jelas
- Bukan Cuma Evan, Seluruh Pemain Timnas U-22 Akan Dicek Kesehatannya di Jakarta

"Skala priorotas pasti dana harus ada dulu karena kita tidak bisa jalan kalau tidak ada dana. Kemudian sarana prasarana. Pemerintah punya kok dana yang bisa digunakan PSSI. Jika kita bekerja sama dengan baik, pemerintah pasti memberikan. Termasuk lahan untuk membangun sentra latihan timnas," ujar pria kelahiran 31 Maret 1962 itu.

"Selain itu pemberantasan mafia bola harus berlanjut. Itu never ending. Dan, saya yakin kepolisian juga tidak berhenti untuk memberantas mafia. Sebab kalau itu masih terjadi, saya yakin sepak bola Indonesia tidak akan pernah maju," ucapnya.*Dani Wihara

loading...

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA