#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Banyak Tikungan Kiri, Quartararo Senang Sirkuit Sachsenring
04 July 2019 14:01 WIB
SACHSENRING – Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo yakin rasa sakit bekas operasi lengan pompa kanan tak akan berdampak serius pada lomba berikutnya di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (7/7). Ia pun berharap tampil kuat di trek yang tak bersahabat dengannya di masa lalu.

Hebatnya, Quartararo mampu menunjukkan performa impresif pada beberapa lomba terakhir. Pada delapan putaran awal, ia meraih dua pole position dan finis di zona podium. Meski masih merasakan sakit pada lengan, ia yakin tak lagi merasakannya di Sirkuit Sachsenring karena karakteristik trek.

“Setelah berlomba di Katalunya, saya bilang bahwa kami akan tampil dengan kondisi fit di Assen. Saya bisa mengatakan itu karena tak merasakan apa pun di Katalunya. Faktanya, saya belum pulih 100 persen. Untungnya saya bisa mengistirahatkan lengan kanan,” kata Quartararo seperti dilansir Crash.net.


Baca Juga :
- Quartararo: Saya Tak Akan Berubah Hanya karena Uang
- Rider Rookie Yamaha Petronas Ini Ingin Segera Fit Jelang Balapan MotoGP Malaysia

Sirkuit Sachsenring memang didominasi tikungan kiri, di mana dari total 14 tikungan, hanya tiga mengarah ke kanan. Hal tersebut membuat Quartararo sedikit lebih tenang, karena tak perlu memaksa lengan kanannya. Tidak adanya perubahan arah yang cepat juga semakin meringankan pekerjaannya.

“Sachsenring hanya soal tikungan kiri, jadi saya pikir itu akan sangat bagus dalam hal kekuatan lengan kanan. Saya benar-benar menantikan lomba ini sambil memaksimalkan waktu istirahat,” ujar Quartararo yang terlihat mengompres tangannya dengan es usai balapan di Sirkuit Assen, Belanda, 30 Juni lalu.

Karakter trek yang memiliki banyak tikungan kiri memang berguna bagi lengan kanan Quartararo. Masalahnya, pembalap asal Prancis itu selalu kesulitan di Sirkuit Sachsenring sejak masih di Moto3. Selama empat tahun terakhir tampil di sana, ia tak pernah finis lima besar meski catatan lombanya makin baik.

“Sachsenring salah satu trek yang benar-benar ideal bagi saya. Itu memang bukan sirkuit yang saya favoritkan tapi dalam kondisi fisik seperti sekarang, benar-benar membantu kami meraih hasil terbaik. Yang terpenting, ini merupakan trek yang cukup bagus untuk Yamaha YZR-M1,” Quartararo menuturkan.

Rekan setimnya, Franco Morbidelli, mengaku tak punya target tinggi untuk balapan di Sirkuit Sachsenring. Tapi, pria yang memulai dari grid terdepan pada Grand Prix (GP) Belanda itu menegaskan bakal berusaha finis di posisi tertinggi. Terlebih, ia pernah menang di sini saat masih Moto2, 2017.


Baca Juga :
- Quartararo Disebut-sebut Mengendarai Motor Yamaha Layaknya Lorenzo
- Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Thailand: Quartararo Raih Pole Keempatnya

“Saya tak tahu apa yang diharapkan dari lomba di Sachsenring tapi ini trek yang saya suka. Saya selalu tampil cepat di sana dengan motor Moto2. Tapi, saya tidak tahu dengan motor MotoGP karena tahun lalu tak berlomba di sana karena cedera. Kita lihat apa yang bisa kami lakukan di sana,” kata Morbidelli.

Morbidelli sempat kesulitan di GP Belanda hingga kehilangan banyak posisi. Tapi, ia bangkit pada lap-lap terakhir dan finis kelima. Hal itu membuatnya yakin bahwa YZR-M1 melaju cepat di Sirkuit Sachsenring. “Trek di Sachsenring tak terlalu lebar dan memiliki tikungan panjang yang sesuai dengan karakter motor. Saya merasa percaya diri,” katanya.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA