#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Rodri Pemain Termahal Man. City pada Era Guardiola
05 July 2019 11:12 WIB
MANCHESTER - Rodri Hernandez dipastikan akan bermain bersama Manchester City FC mulai 2019/20 setelah kepindahannya rampung, Kamis (4/7). The Citizens menebus klausul pelepasannya senilai 63 juta paun (sekitar Rp 1,1 triliun) dari Atletico Madrid. Dengan begitu, sejak Josep “Pep” Guardiola tiba di Etihad, klub total menghabiskan 615,28 juta paun (sekitar Rp10,9 triliun) untuk transfer pemain!

Perwakilan Rodri dan Man. City telah datang ke markas La Liga pada Rabu (3/7) sore untuk menyetor uang pelepasannya. Sesuai aturan, dana itu harus dibayarkan oleh pemain atau seseorang yang datang atas namanya. Pada akhirnya Rodri pun menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah The Citizens, setelah Kevin De Bruyne (68,4 juata paun) pada 2015.

Inilah bukti peran penting Guardiola. Pelatih 48 tahun itu datang pada 2016 lalu dengan tujuan untuk mengubah The Citizens menjadi tim paling kuat di Eropa. Untuk inilah, pemilik klub tidak ragu untuk menginvestasikan dana besar demi dapat memenuhi ambisi sang pelatih yang kelahiran Sampedor, Catalan, Spanyol tersebut.


Baca Juga :
- Rencana Man. City Gunakan Facial Recognition untuk Distribusi Tiket Dipertanyakan
- Gara-gara VAR, Manchester City Gagal Menang Lawan Tottenham

Musim panas pertama Guardiola di Etihad, Man. City menghabiskan lebih dari 179 juta paun untuk membeli sejumlah pemain demi gagasan yang ingin dikembangkan Pep. Mulai dari bek John Stones, Leroy Sane, Gabriel Jesus, Claudio Bravo, hingga Oleksandr Zinchenko diboyong ke Etihad.

Musim debut Guardiola di Manchester berakhir mengecewakan. The Citizens hanya finis ketiga dan tak meraih trofi, meskipun ia berhasil menerapkan gaya sepak bolanya. Sadar bahwa materi tim itu masih jauh dari level yang diinginkan, Sheikh Mansour kembali menghabiskan 284 juta paun pada tahun berikutnya.

Manchester Biru pun memboyong Bernardo Silva  dan Benjamin Mendy  dari AS Monaco. The Citizens juga sukses membujuk bek kanan Kyle Walker bergabung dan meninggalkan Tottenham Hotspur FC. Lalu memastikan Ederson Moraes menjadi kiper kedua termahal dalam sejarah dengan transfer mencapai 37 juta paun dari klub elite Portugal SL Benfica.

Man City juga membayarkan 27 juta paun ke Real Madrid CF guna mendapatkan Danilo Luiz dan pada musim dingin 2018. Mereka jug mengakuisisi bek Aymeric Laporte seharga 58,5 juta paun. Musim 2017/18 itu, Guardiola memastikan The Citizens juara Liga Primer dan Piala Liga. Namun tersingkir dari Piala FA dan terjegal Liverpool FC di Liga Champions.

Investasi yang dilakukan manajemen Man. City pada musim panas 2018 jauh lebih bijaksana. Transfermarkt memperkirakan 68 juta paun dihabiskan  sepanjang 2018/19. Termasuk menjadikan Riyad Mahrez sebagai pemain termahal pembelian Pep untuk The Citizens. Klub mengeluarkan 61 juta pun demi memboyongnya dari Leicester City FC.

Musim lalu Man. City mengukuhkan statusnya sebagai penguasa sepak bola Inggris setelah menyabet semua gelar domestik, meski mereka gagal lagi di Liga Champions, juga di perempat final, kali ini melawan rival lokal lainnya: Spurs. Tapi, total poin mereka dua musim terakhir belum tersaingi, masih tertinggi: 100 (2017/18) dan 98 (2018/19).

Kedatangan Rodri seakan melanjutkan tren investasi kuat City demi mengejar trofi Liga Champions yang belum kembali ke tangan Guardiola sejak meninggalkan Barcelona pada 2013. Kali ini tujuannya sangat jelas: untuk mencapai, setidaknya, semifinal Liga Champions. Dan, Rodri mungkin tidak akan jadi satu-satunya senjata baru Guardiola.

Desas-desus yang berkembang di Inggris adalah rencana The Citizens untuk menjadikan Harry Maguire, dari Leicester, sebagai bek paling mahal dalam sejarah dengan 80 juta paun yang mereka persiapkan untuk pemain internasional Inggris itu. Setidaknya, City masih punya waktu seminggu sebelum bursa transfer Inggris tutup 9 Agustus depan.***NURUL IKA HIDAYATI

Pembelian Mahal Man. City sejak Dilatih Pep Guardiola*
(Minimal harga 50 juta paun)

Rodri Hernandez (Spanyol)
Harga: 63 juta paun
Klub asal: Atletico Madrid
Posisi: Gelandang
Usia saat direkrut: 23 tahun (2019)

Riyad Mahrez (Aljazair)
Harga: 61 juta paun
Klub asal: Leicester City
Posisi: Winger
Usia saat direkrut: 27 tahun (2018)

Aymeric Laporte (Prancis)
Harga: 58,5 juta paun
Klub asal: Athletic Bilbao
Posisi: Bek tengah
Usia saat direkrut: 23 tahun (2018)

Benjamin Mendy (Prancis)
Harga: 51,7 juta paun
Klub asal: AS Monaco
Posisi: Bek kiri
Usia saat direkrut: 23 tahun (2017)

Kyle Walker (Inggris)
Harga: 50 juta paun
Klub asal: Tottenham
Posisi: Bek kanan
Usia saat direkrut: 27 tahun (2017)


Baca Juga :
- Lolos dari Sanksi, Man-City Terjerat Denda Rp 5,4 Miliar
- Pemain Ini Krusial bagi Guardiola meski Berstatus Cadangan

John Stones (Inggris)
Harga: 50 juta paun
Klub asal: Everton
Posisi: Bek tengah
Usia saat direkrut: 22 tahun (2016)

*Sejak Juni 2016.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA