#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Mengulik Kemampuan Rodri
06 July 2019 10:07 WIB
MANCHESTER – Kedatangan Rodrigo Hernandez dengan status pemain termahal Manchester City FC bisa jadi adalah pembelian pemain terpenting klub selama satu dekade terakhir. Juara Liga Primer itu akhirnya menemukan gelandang yang mampu menggantikan sosok Fernandinho. Maklum, sang jangkar sudah menginjak 34 tahun pada Mei lalu.

Dua musim berturut-turut memenangi Liga Primer dengan raihan total poin tertinggi dalam sejarah kompetisi itu, kini muncul pertanyaan lanjutan untuk Man. City. Apa rencana pelatih Josep “Pep” Guardiola selanjutnya? Pada Rabu (3/7) malam, mereka memberi jawaban dengan menyetor 63 juta paun untuk menebus klausul pelepasan Rodri, sapaan Rodrigo, dari Atletico Madrid.

Jadi, apa yang membuat Rodri begitu istimewa, disebut solusi atas problem bertahun-tahun The Citizens, yang bernilai jual tinggi? Jawabannya adalah bahwa pemain yang lahir 23 Juni 1996 di Madrid itu telah mengatasi masalah yang berusaha dipecahkan oleh Man. City selama beberapat tahun terakhir, apa yang harus dilakukan saat Fernandinho tak secepat dulu?


Baca Juga :
- The Blues Cari Suksesor Hazard
- Faktor Ini Membuat Keita Bermain Taktis

Ketahanan fisik dan ketangguhan Fernandinho telah menjadi salah satu kisah sukses pemain asal Brasil itu selama enam tahun terakhir berseragam Man. City. Jarang disorot publik, dia sejak 2013 mampu menjaga lini tengah The Citizens sehingga sangat sulit ditembus tim-tim lawan. Sejak kedatangan Guardiola pada 2016 lalu, perannya lebih penting bagi klub daripada sebelumnya.

Dalam sistem 4-3-3 agresif Guardiola, hanya ada tiga pemain Man. City yang tidak menyerang ke depan dengan membawa bola. Fernandinho, berdiri di depan dua bek tengah, salah satunya. Dia memiliki pekerjaan besar untuk dilakukan: memecah serangan lawan, memotong serangan balik, menjaga set piece, untuk memulai serangan The Citizens.

Itu terbukti saat Fernandinho menghilang. Pasukan Pep terlihat kurang aman tanpa kehadirannya. Seperti terjadi pada akhir-akhir musim lalu, bahkan jika mereka punya cara lain untuk menang. Saat tersingkir di Liga Champions oleh Tottenham Hotspur FC pun, Fernandinho yang setengah fit masuk di babak kedua. Mungkin itu takkan terjadi jika dia cukup fit untuk starter.

Fernandinho tidak setangguh dulu dan Pep perlu pengganti. Untuk itu Man. City memantau Fred, Jorginho, dan bahkan Frenkie De Jong, hanya untuk dikalahkan oleh aksi cepat Manchester United FC (MU), Chelsea FC, dan FC Barcelona. Namun kali ini mereka memenangkan Rodri.

Rodri mungkin bukan pengganti yang sempurna bagi Fernandinho. Pemain Spanyol itu tidak memiliki kecepatan dan kekuatan atletik yang sama. Hanya, yang dimiliki Rodri, seperti juga Fernandinho, adalah otak sepak bola yang hebat lalu kemampuan membaca permainan, untuk kemudian mengantisipasi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Itu sebabnya Rodri dibanding-bandingkan dengan Sergio Busquets, salah satu pemain paling penting Guardiola di Barcelona, tipe gelandang pengendali lini tengah yang terkadang tidak dimiliki oleh Man. City. Saat disinggung soal komparasi itu, Rodri menjawab: “Saya harus menetapkan target tinggi. Busquets selalu menjadi titik referensi saya."

Kemunculannya di Villarreal CF, musim terakhirnya yang brilian di Atletico, adalah bukti kecerdasan sepak bola alami Rodri. Tapi dia butuh banyak hal untuk belajar cara bermain di lini tengah untuk Guardiola yang begitu loyal pada Fernandinho, David Silva, Bernardo Silva, dan Kevin de Bruyne, pemain yang telah menguasai ilmu sang pelatih.

Namun, jika Rodri bisa menjadi cukup pintar untuk mempelajari cara Guardiola, seperti dilakukan Busquets 10 tahun silam, hingga akhirnya mengambil posisi Fernandinho, maka dia akan berubah menjadi salah satu investasi jangka panjang paling penting The Citizens dalam dekade ini. Tingga manajemen Man. City berharap kesabaran itu membuahkan hasil. ***NURUL IKA HIDAYATI

Komparasi Rodrigo vs Fernandinho
(Liga Domestik 2018/19)

Rodrigo (Gelandang, 23 tahun)
Total laga: 34
Menit main: 2.742

Pertahanan
Tekel: 103
Recovery: 280
Intersep: 41
Clearance: 67
Blok: 11

Serangan
Tembakan: 25
Operan: 1.927
Gol: 3
Assist: 1

Fernandinho (Gelandang, 34 tahun)
Total laga: 29
Menit main: 2.381


Baca Juga :
- Lingard di Jalur yang Benar
- Jika City Tanpa Pep...

Pertahanan
Tekel: 57
Recovery: 163
Intersep: 41
Clearance: 69
Blok: 6

Serangan
Tembakan: 30
Operan: 2.050
Gol: 1
Assist: 3

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA