#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Si Ilmuwan di “Otot” Madrid
08 July 2019 14:26 WIB
MADRID – Sepekan terakhir, Real Madrid memang disibukkan dengan operasi pelepasan pemain. Di saat bersamaan klub ibu kota ternyata juga mendatangkan rekruran baru, tapi bukan pesepak bola. Dia adalah Gregory Dupont, staf baru di kepelatihan yang akan mengisi pos pelatih fisik. Pria 46 tahun ini akan menjadi salah satu orang kepercayaan Zinedine Zidane. Dupont juga dianggap sebagai satu bagian terpenting dalam proyek besar pelatih Prancis itu musim ini: membentuk otot kuat skuat.

Menjadi pelatih fisik Los Blancos –julukan Madrid– akan menjadi tantangan lain dalam karier pria Prancis kelahiran Valenciennes tersebut. Posisi itu dulunya milik Antonio Pintus sejak 2016 yang sukses dalam membantu Madrid menguasai Eropa dengan merebut tiga gelar Liga Champions beruntun. Pria Italia berkepala plontos itu telah mendapat banyak pujian karena sistem latihannya berhasil mengurangi kelelahan dan membuat para pemain tampil prima di periode final di tiap musim.  

Namun, Pintus kehilangan posisinya saat Julen Lopetegui datang menggantikan Zidane. Dia kembali mendapatkan jabatannya ketika Santiago Solari datang. Kendati begitu, di periode keduanya bersama Madrid, Zidane sepertinya sudah tidak sepenuhnya mempercayai pembantunya itu.


Baca Juga :
- Kesempatan James untuk Semakin Meyakinkan Zidane
- ​​​​​​​Pertahanan Madrid Darurat

Pintus pun memutuskan pergi mencari tantangan baru. Dan kebetulan pelatih FC Internazionale, Antonio Conte, yang pernah bekerja sama dengannya di Juventus sedang membutuhkan jasa pelatih fisik. Inter pun berhasil mencurinya dari Madrid. Sementara itu, berbeda dengan Pintus, Dupont merupakan pelatih yang menyukai data dan selalu menggunakan sains sebagai panduan. Itu mengapa dia dijuluki si Ilmuwan untuk cara kerjanya yang sangat teliti.

“Saya memang peneliti. Saya mempercayai bukti ilmiah dan lebih suka menggabungkan penelitian dengan praktek. 15 tahun lalu, dua bidang ini mungkin tidak bisa disatukan tapi sekarang berbeda,” kata Dupont yang berhasil membuat skuat Prancis tidak mengalami satu cedera pun di Piala Dunia 2018.  


Baca Juga :
- Dua Wajah Madrid jelang lawan PSG
- Madrid Memanaskan Militao

Dupont sendiri merupakan mantan pesepak bola profesional pada tahun 1990-an, menghabiskan hampir seluruh kariernya di Belgia dan terkenal begitu menjadi pelatih fisik. Dia pernah bekerja dengan posisi itu di Lille OSC pada 1998 hingga 2007 sebelum bergabung dengan Prancis. Dia juga pernah berada di Glasgow Celtic selama dua musim (2007-2009).

Di luar cerita suksesnya bersama Prancis juga di klub Lille OSC, Dupont juga berkolaborasi dengan UEFA, membentuk komite yang menginvestigasi bagaimana caranya mengurangi kasus cedera.     Dia juga kadang menjadi dosen tamu di Universitas Liverpool, menyebarkan ilmunya terkait antisipasi cedera terhadap atlet, khususnya pesepakbola.* DINI WULANDARI DARI BERBAGAI SUMBER

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA