#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Conmebol Kecam Messi
08 July 2019 07:50 WIB
SAO PAULO - Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) akhirnya tidak tinggal diam terkait tudingan miring yang dilontarkan Lionel Messi. Kapten dan bintang tim nasional Argentina tersebut menyebut Conmebol korup setelah menerima kartu merah pada laga play-off perebutan tempat ketiga Piala Amerika, Sabtu (6/7).

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, tersebut, La Albiceleste menang 2-1 atas Cile, juara bertahan turnamen ini. Messi menerima kartu merah langsung bersama kapten Cile Gary Medel setelah keduanya terlibat insiden di kotak penalti La Roja. Wasit asal Paraguay, Mario Diaz De Vivar, pun langsung mencabut kartu merah untuk kedua pemain pada menit ke-37, saat Argentina sudah unggul 2-0.

“Tidak diragukan lagi. Semuanya sudah dirancang sedemikian rupa untuk memenangkan Brasil,” ucap penyerang klub FC Barcelona tersebut. “Saya tidak mau menjadi bagian dari korupsi ini. Argentina tidak akan menjadi bagian dari penyelenggaraan Piala Amerika yang kotor ini. Kami seharusnya bisa melaju ke final. Tapi, korupsi dan wasit yang tidak kompeten telah menjegal kami dan membuat penonton kehilangan sepak bola indah.”


Baca Juga :
- Pernyataan Lionel Messi Usai Meraih Ballon d'Or 2019
- Lionel Messi Raih Ballon d'Or, Pemain Terbaik Dunia 2019

Sebagai bentuk protes, Messi tidak mau menerima medali perunggu di podium saat acara seremonial. Minggu (7/7) kemarin, Conmebol pun langsung bersikap. Mereka menyebut apa yang dikatakan Messi sebagai sesuatu yang tidak bisa diterima.

Dalam keterangan resminya, Conmebol menyebut, menang dan kalah biasa dalam sepak bola. Pemain sebesar dan sekelas Messi seharusnya bisa menerima apa pun hasil pertandingan dengan tetap menghormati nilai-nilai fundamental dari fair play. Termasuk terkait keputusan wasit. Bagaimanapun, wasit tetap manusia dan tidak mungkin sempurna.

“Pernyataan Messi tidak bisa kami terima karena insiden-insiden selama kompetisi itu masih kami nilai wajar. Satu yang harus dicermati, 12 negara turun di Piala Amerika dan kami menyamakan posisi mereka. Tudingan Messi terkait kami tidak adil serta penilaiannya tentang interitas Piala Amerika, sungguh tidak mendasar,” demikian salah satu isi pernyataan Conmebol.

Conmebol juga menyanyangkan sikap Messi serta sejumlah pemain lain yang tidak menghormati lembaga tertinggi sepak bola Amerika Selatan itu. Conmebol menyebut, sejak 2016, mereka sudah berupaya keras untuk lebih transparan dan profesional untuk mengembangkan sepak bola di wilayah Amerika Selatan.

 

Dukung Messi

Insiden kartu merah langsung untuk Messi saat melawan Cile juga dipertanyakan Arturo Vidal. Gelandang Cile, pencetak La Roja di laga itu, pun mempertanyakan esensi penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Piala Amerika. Vidal, rekan seklub Messi di Barca, juga mengkritik keras Conmebol dari sisi pengelolaan organisasi.

“Kekesalan Argentina bukan dipicu oleh hasil laga kami tetapi saat mereka dikalahkan Brasil (0-2) di semifinal. Perlakuan mereka (panitia) tidak adil. Sama seperti saat mengirim kami ke hotel yang berjarak dua jam dari stadion, menjelang lawan Kolombia,” ucap Vidal.

Mantan gelandang FC Bayern Muenchen dan Juventus FC itu juga mempertanyakan kartu merah langsung untuk Messi dan kapten timnya, Medel. “Mereka hanya meradu dada. Tidak ada yang saling menyentuh wajah lawannya. Saya lihat itu bukan pelanggaran serius,” ucap Vidal.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

ARGENTINA 2-1 CILE
Stadion: Arena Corinthians
Penonton: 44.269

ARGENTINA 4-3-3
Pelatih:
Lionel Scaloni

1 Armani

2 Foyth
6 Pezzella
17 Otamendi
3 Tagliafico

16 De Paul
5 Paredes
20 Lo Celso/13 Funes Mori (90)

10 Messi
21 Dybala/11 Di Maria (67)
9 Aguero/19 M. Suarez (81)

CILE 3-5-2
Pelatih:
Reinaldo Rueda

1 Arias

5 Diaz
17 Medel
18 Jara/3 Maripan (50)

4 Isla
20 Aranguiz/9 Castillo (83)
13 Pulgar
8 Vidal
15 Beausejour

11 Vargas
7 Sanchez/19 Fernandes (17)

Gol: 1-0 (Sergio Aguero, 12), 2-0 (Paulo Dybala, 22), 2-1 (Arturo Vidal 59 pen)
Wasit: Mario Diaz De Vivar

Kartu kuning: Beausejour, Vidal, Pulgar, Pezzella, Foyth, Tagliafico
Kartu merah: Medel, Messi
Tembakan ke gawang: 6-3
Tembakan melebar: 5-1
Tendangan pojok: 4-1
Offside: 1-2
Pelanggaran: 21-18
Penguasaan bola: 48-52

 


Baca Juga :
- Pergantian Pemain Barca Paling Efektif
- Lionel Messi: Ballon d'Or Adalah Pengakuan yang Indah

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA