#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Peringkat Ballon d'Or 2019, Messi Melorot, Alisson Muncul
08 July 2019 21:01 WIB
Brasil juara Copa America 2019. Peta Ballon d'Or boleh jadi sedikit bergeser. Kiper Brasil Alisson yang tampil gemilang masuk sebagai salah satu kandidat. Dia bersaing dengan rekan setimnya di Liverpool Virgil van Dijk, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Siapa lebih berpeluang? 

Pemenang penghargaan individu paling bergengsi itu tidak lagi mendasar pada distribusi gol. Tapi tergantung pada kinerja dan pengaruhinya terhadap tim.

Berikut lima nominen yang disortir dari foxsportsasia.


Baca Juga :
- Setelah Messi, Kini Giliran Suarez Cedera, Masalah Barcelona Bertambah
- Messi Dibalut Cedera, Begini Line-up Barcelona Kontra Athletic Bilbao

# 5 Kylian Mbappe
Sensasi Prancis ini mengambil alih dari Neymar sebagai ujung tombak serangan PSG di musim 2018/19. Angka-angka keterlibatan golnya di musim ini terproduktif kedua setelah Lionel Messi di rumput Eropa.

Mbappe donasikan 39 gol dan 17 assist dalam 43 pertandingan. Dia bisa saja berperingkat lebih tinggi, jika PSG tidak tersungkur melawan Manchester United di 16 besar Liga Champions dan kekalahan dari Rennes di final Piala Prancis.

# 4 Alisson
Alisson tidak hanya memenangkan Copa America 2019 dengan Brasil. Dia juga menyambar penghargaan Golden Glove karena kebobolan paling sedikit di turnamen.

Alisson memenangkan penghargaan yang sama di Liga Champions dan Liga Premier. Penampilannya di final Liga Champions melawan Tottenham untuk menjaga clean sheet Liverpool bukanlah yang tertinggi.

Banyak kredit yang harus diberikan kepada Virgil van Dijk karena memperketat pertahanan Liverpool, tapi Alisson sangat fenomenal.

# 3 Cristiano Ronaldo
Tidak ada daftar Ballon d'Or tanpa Cristiano Ronaldo. Ya, bintang Juventus itu tidak memenuhi standar tinggi golnya sendiri dibanding musim-musim sebelumnya. Tetapi ia masih merupakan bagian integral dari tim-tim yang memenangkan trofi.

Ronaldo memenangkan Piala Super Italia dan Serie A dalam debutnya di Juventus dan mencium trofi Liga Bangsa-Bangsa UEFA bersama Portugal. Dalam prosesnya, ia juga mengumpulkan sejumlah catatan pribadi.

Akan tetapi, perempat final di Liga Champions masih merupakan titik yang sulit dan menjadi alasan mengapa ia tidak berada di urutan teratas dalam daftar.

# 2 Lionel Messi
Beberapa bulan yang lalu, Ballon d'Or keenam tampak ditakdirkan untuk Lionel Messi. Namun kekalahan mengejutkan 4-0 dari Liverpool di Anfield - dan tersingkirnya Barcelona di Liga Champions - membuat semuanya berantakan bagi pemain Argentina itu.

Bencana itu diikuti oleh kekalahan final Copa del Rey dari Valencia.
Awan kegagalan Messi juga mengikutinya ke tugas internasional. Argentina hanya bisa menembus peringkat ketiga Copa America. 

Terlepas dari semua ini, masih ada peluang bagus. Dia merangkum 51 gol dan 22 assist dalam 50 pertandingan. 

# 1 Virgil van Dijk
Satu-satunya pemain lain musim ini yang dapat memiliki klaim realistis terhadap Ballon d'Or selain Lionel Messi adalah bek Liverpool Virgil van Dijk.

Biasanya penghargaan bergengsi diputuskan berdasarkan angka keterlibatan gol - atau setidaknya, sudah dalam 10 dari 11 tahun terakhir. Tapi kemenangan Luka Modric musim lalu mengisyaratkan perubahan paradigma yang berfokus pada pentingnya pemain terhadap kinerja tim.

Jika itu kriteria penilaian, Virgil van Dijk, bisa dibilang, adalah pemain paling penting bagi tim yang bisa Anda temukan di liga-liga top Eropa.


Baca Juga :
- Kiper Barcelona Tumbang, Susul Messi Tak Bisa Tampil Pada Laga Pembuka La Liga
- Hazard Dapat Kaus Nomor 7, Fan Madrid Bereaksi, Mustahil Jejaki Ronaldo

Liverpool tidak hanya memenangkan Liga Champions dengan kepemimpinannya lini belakang. The Reds juga hanya defisit satu poin dari juara Liga Inggris Manchester City. 

Ya, berdasarkan angka, Ballon d'Or tahun ini akan memihak ke Lionel Messi. Tetapi sepak bola tidak dimainkan di atas kertas, bukan?*

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA