#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Variasi Formasi TopSkor Indonesia
09 July 2019 09:27 WIB
BOGOR - Tim TopSkor Indonesia (TSI) terus mempersiapkan diri jelang tampil pada turnamen Gothia Cup Cina 2019. Sebagai bentuk pematangan, tim yang dilatih Yunus Muchtar ini telah menggelar dua uji coba.

Dua laga uji coba itu berakhir dengan hasil yang cukup memuaskan. Melawan Kabomania, TSI unggul 4-0. Sedangkan, melawan TMP, TSI menang 5-2. Di samping itu, uji coba ini juga untuk melihat seberapa jauh mentalitas bertanding pemain.

Hasilnya pelatih TSI Yunus Muchtar kini sudah menemukan komposisi pemain yang pas, meski masih perlu sedikit sentuhan. “Sudah, sudah ketemu (komposisi tim utama). Siapa yang akan menjadi starter sudah ketemu kerangka timnya. Tapi saya juga masih harus terus meningkatkan kerjasama tim. Karena kekompakan modal yang paling penting. Semoga saja mereka bisa saling mengetahui apa yang diinginkan di lapangan ketika bertanding," ucap Yunus.


Baca Juga :
- Final Gothia Cup di Momen Kemerdekaan, TopSkor Indonesia Siap Kalahkan Australia
- Detik-detik Menuju Semifinal, Skuat TSI Dikumpulkan dalam Satu Ruangan, tadi malam

Soal komposisi sudah beres, tapi ada hal lain yang membuat dirinya bingung, yakni soal menentukan skema atau formasi. Yunus mengungkapkan masih akan terus menjajal beberapa formasi dalam laga uji coba agar mendapatkan skema yang cocok.

“Jadi kami tinggal menentukan formasi saja. Apakah main dengan formasi 4-3-3 atau main dengan formasi 4-4-2. Saat game ketiga dalam uji coba terakhir saya sengaja main dengan formasi 4-4-2 karena ada dua striker yang mungkin bisa kami manfaatkan. Selain itu saya mungkin akan mencoba skema 3-5-2 agar kami memiliki variasi formasi,” ucap Yunus.

Di sisi lain, kondisi fisik skuat TSI juga perlu ditingkatkan. Menurut Yunus kebugaran anak asuhnya masih belum stabil. Hal itu terlihat ketika pemainnya telat kembali ke posisi saat melakukan transisi permainan dari menyerang ke bertahan.


Baca Juga :
- Saatnya TopSkor Indonesia Menembus Tradisi
- Opening Ceremony Gothia Cup Cina Berlangsung Meriah, Indonesia Sukses Mencuri Perhatian

“Iya tentu masih perlu ada peningkatan terkait kondisi fisik. Jadi pelan-pelan kami tetap menjaga. Jadi setiap latihan saya memberikan materi peningkatan fisik itu selalu ada. Dari pertama kali berkumpul setelah lebaran parah sekali fisik pemain, tapi alhamdulillah dengan beberapa kali pertemuan sudah naik," ujar Yunus.

TSI akan kembali menggelar latihan di lapangan Universitas Trisakti, Ciangsana, Bogor, Rabu (10/7) dan Jumat (12/7) mendatang. Lalu, Rizaldi Putra dan kawan-kawan akan berlatih di medan yang berbeda, yakni di lapangan Garam, Gunung Sindur, Bogor, Sabtu (13/7) dan Minggu (14/7). “Kemungkinan akan ada uji coba di hari Minggu,” kata Yunus.*SUMARGO PANGESTU

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA