#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Alisson Kiper Super
09 July 2019 07:51 WIB
RIO DE JANEIRO - Sulit menggambarkan kehebatan Alisson Becker sepanjang 2018/19. Melihat statistik dari performa serta raihan trofi dan penghargaan, Alisson pantas disebut kiper super tahun ini.

Hanya dalam dua bulan, kiper tim nasional Brasil tersebut mampu mengangkat dua trofi bergengsi level klub maupun negara. Setelah pada 1 Juni lalu membantu Liverpool FC mengangkat trofi Liga Champions, Minggu (7/7) kemarin kiper 26 tahun tersebut mengantar Brasil menjuarai Piala Amerika 2019.

Torehan Alisson kian lengkap karena ia terpilih sebagai Kiper Terbaik Piala Amerika. Mantan kiper AS Roma itu berhak atas trofi Golden Gloves setelah hanya kemasukan satu gol selama enam kali dimainkan di Piala Amerika.


Baca Juga :
- Wasit Persipura Jadi Ofisial Keempat Final Piala Dunia U-17 2019 Meksiko Vs Brasil
- Messi Minta Pelatih Brasil Tutup Mulut, Thiago Silva Serang Balik

Hebatnya, gol tersebut dibuat bukan dari situasi open play. Adalah penyerang Peru, Jose Paulo Guerrero, satu-satunya pemain yang mampu membobol gawang Alisson dari titik penalti pada laga final di Stadion Maracana, Rio De Janeiro.

Catatan fantastis Alisson lainnya adalah Golden Gloves Piala Amerika menjadi Sarung Tangan Emas ketiga yang mampu direbutnya sepanjang 2018/19. Dua sebelumnya ia rebut di Liga Primer ketiga berperan membawa Liverpool finis di peringkat kedua – di bawah Manchester City – serta di Liga Champions. Alisson pun menjadi kiper pertama yang berhasil merebut tiga Golden Gloves dalam satu musim.

Sepanjang 2018/19, Alisson mampu mencetak total 36 clean sheet dari pertandingan klub dan timnas Brasil. Di Liga Primer, Alisson 21 kali tidak kemasukan dalam 38 laga dimainkan. Di Liga Champions, ia mencatat enam clean sheet dari 13 pertandingan yang diikuti.

Sedangkan untuk Selecao, Alisson hanya dua kali kemasukan dalam 11 kali pertandingan (sembilan clean sheet) sejak September 2018. Sebelum di final Piala Amerika, satu kebobolan dialami Alisson saat laga uji coba melawan Republik Ceko pada 26 Maret lalu yang dimenangi Brasil dengan skor 3-1.     

Melihat performanya, tidak salah jika kiper seharga 66,8 juta paun (sekira Rp1,17 triliun dengan kurs saat ini) saat dibeli Liverpool (Juli 2018) itu menjadi kandidat penerima Ballon d’Or. Salah satu pesaing berat Alisson ternyata rekannya di lini belakang Liverpool, bek tengah Virgil Van Dijk, yang membawa Belanda menjadi runner-up Liga Negara-negara Eropa (LNE).*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER


Baca Juga :
- Jadwal Final Piala Dunia U-17 2019, Meksiko Vs Brasil
- Video: Penalti Pelan Messi Ditepis Alisson Becker, tapi Tetap Masuk

Alisson Becker untuk Klub dan Negara sepanjang 2018/19
62 Laga
36 Clean sheet
36 Kemasukan
2 Trofi (Liga Champions, Piala Amerika)
3 Golden Gloves (Liga Primer, Liga Champions, Piala Amerika)

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA