#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Neymar Idaman Barca
11 July 2019 12:02 WIB
PARIS – Transfer Neymar masih menjadi kontroversi. Paris Saint Germain (PSG), Barcelona, dan pihak sang pemain. Selasa (9/7), ayah sang pemain menyatakan bahwa anaknya memang ingin meninggalkan klub asal Paris tersebut. “Neymar ingin kembali ke Barcelona,” kata Neymar senior yang sekaligus sebagai agen dari bintang 27 tahun tersebut. Di Barcelona, Presiden Maria Bartomeu tidak menghadapi situasi yang mendesak. “Tidak ada yang berubah dari kami. Lagi pula, PSG tidak mau melepas Neymar,” kata Bartomeu.

Sementara itu, latihan Les Peresiens telah dimulai di bawah kepelatihan Thomas Tuchel. Namun, tidak ada Neymar dalam sesi latihan tersebut, kondisi yang kemudian mencuatkan kemarahan PSG terhadap bintang asal Brasil itu. Bahkan, juara Ligue 1 musim lalu ini kemungkinan besar harus menunggu lebih lama lagi kehadiran sang bintang. Atau boleh jadi, Neymar tidak akan pernah lagi kembali ke Parc Des Princes.

Neymar sendiri sudah memiliki sejumlah agenda seperti menyaksikan kejuaraan poker dunia di Metz, pada 15 Juli. Lalu sepekan kemudian atau 27 Juli, dia akan hadir dalam pernikahan adiknya dan Neymar akan berada bersama keluarga besarnya hingga 2 Agustus. Untuk aktivitasnya sebagai pemain baru akan dilakukan dari 10 hingga 9 Oktober di mana mantan pemain Santos ini bakal berkonsentrasi penuh dalam latihan  sendiri di Copacabana.  Jadi, kemungkinan besar, Neymar baru bisa kembali ke PSG pada 13 Oktober, itu pun jika memang dia masih sebagai pemain Les Parisiens.


Baca Juga :
- Reaksi Memilukan Frenkie de Jong setelah Ajax Tersingkir
- Ansu Fati Pencetak Gol Termuda Liga Champions, Barcelona Bentengi Klausul Rp 2,6 Triliun

Karena itu, di antara waktu tersebut, akan ada aktivitas transfer terkait masa depan Neymar. Apakah dia masih akan di PSG atau justru kembali ke Barcelona, klub yang ditinggalkannya pada 2017 lalu? Bukan Los Azulgrana yang menghadapi situasi pelik melainkan PSG. Dalam transfer Neymar, Barcelona saat ini ada dalam posisi yang menguntungkan. Konsentrasi terdekat mereka saat ini adalah mewujudkan pembelian bintang Atletico, Antoine Griezmann. Sedangkan terkait Neymar, tim asal Katalunya ini akan mengikuti situasi yang berkembang terkait situasi Neymar dengan klubnya itu.

Hingga kini, ide Neymar kembali ke Barca masih deadlock. Pertama, karena PSG hanya akan melepas pemainnya ini dengan nilai yang sama ketika mereka membeli Neymar dari Barcelona pada 2017 lalu: 222 juta euro. Bahkan, PSG sempat matok harga 300 juta euro untuk klub yang menginginkan Neymar. Tentu saja, jumlah tersebut tidak akan dipenuhi Barcelona. Mereka menilai bahwa nilai sang pemain tidak lagi tinggi seperti ketika mereka menjual ke PSG. Nilai Neymar tidak lebih dari 170 juta euro.

Bahkan, untuk mengeluarkan nilai tersebut Barcelona harus mengambil sumber dana dari penjualan pemain. Ya, untuk membeli Neymar, mereka harus menjual  beberapa bintang. Setidaknya, ada tiga kandidat yang dapat dilepas untuk mendukung operas transfer ini: Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, dan Malcom. Barcelona juga harus lebih dulu berkompromi dengan Neymar.

Pertama, pemain timnas Brasil ini harus mau mengurangi gajinya, lalu bernegosiasi lagi terkait bonus. Dalam hal ini, ada perjanjian bahwa Neymar akan mendapatkan 40 juta euro setiap kali bersedia memperpanjang kontrak. Intinya, operasi teransfer Neymar tetap berjalan tapi bukan yang utama. Bartomeu tetap dengan keinginan mereka untuk melakukan pembelian plus dengan tambahan pemain dari mereka. Di sisi lain, bagi Barcelona, situasi antara Neymar dan PSG praktis memberikan keuntungan bagi mereka.


Baca Juga :
- Komentar Ernesto Valverde Usai Barcelona Singkirkan Inter
- Reaksi Antonio Conte Usai Inter Dikalahkan Barcelona dan Tersingkir dari Liga Champions

Kemungkinannya, Barcelona akan berada dalam posisi saat ini yaitu menunggu. Meski demikian, Los Azulgrana juga harus tahu situasinya. Dalam hal ini, PSG tidak akan menanti selamanya dan dalam waktu tertentu, mereka bebas mengambil kebijakan menutup pintu kemunginan kepergian Neymar. PSG bisa sampai dalam fase bahwa mereka telah memutuskan tidak akan menjual Neymar.

Barcelona dan PSG harus segera mencari solusi sebelum bursa transfer musim panas di Spanyol dan Prancis ditutup pada 2 September. Karena itulah, Barcelona akan menantikan tanda dari PSG bahwa mereka memang akan melepas sang pemain. Setelah itu, Los Azulgrana akan menentukan siapa yang akan mereka lepas untuk menambah dana dalam proses transfer ini. Manajemen Barcelona sudah memegang satu hal setidaknya dari pernyataan Direktur Olahraga PSG, Leonardo, yang menyatakan bahwa bukan tidak mungkin Neymar akan berada dalam skuat PSG.* Irfan Sudrajat
 
 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA