#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
PIALA INDONESIA
Ternyata PSSI Salah Teknis, Ini Hadiah dan Jatah Piala AFC untuk Juara Piala Indonesia
11 July 2019 13:14 WIB

JAKARTA - Isu tak sedap sempat muncul jelang final Piala Indonesia 2018/19 yang mempertemukan Persija versus PSM pada 21 dan 28 Juli 2019 mendatang. Ini terkait ketidakjelasan informasi hadiah untuk pemenang.

Tahun ini sedianya juara Piala Indonesia mendapat RP3 miliar, namun saat drawing final Piala Indonesia, Selasa (9/7) lalu, justru data yang dimunculkan menyebutkan hadiah juara turun menjadi Rp2 miliar.

Namun, hal ini dibantah Direktur Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo.


Baca Juga :
- Hindari Sanksi, Panpel Imbau Suporter PSIS
- Songsong Liga 1, Stadion Brawijaya Ditutup

“Mengenai informasi kemarin hanya kesalahan teknis saja, kesalahan data. mungkin karena turnamen ini sudah bergulir cukup lama,” kata Gatot.

Ia pun menegaskan bahwa hadiah juara Piala Indonesia tetap sama dengan informasi awal sebelum bergulirnya kompetisi. “Ya, jadi hadiah itu tidak berkurang sama dengan semestinya, untuk juara 1 tetap mendapat Rp3 miliar. Runner-up Rp2 miliar serta peringkat tiga dan empat karena tidak dipertandingkan maka dari itu keduanya mendapat Rp500 juta,” ucap Gatot.

Jika ini keputusan final maka hadiah untuk juara Piala Indonesia 2018/19 adalah yang tertinggi dari penyelenggaraan sebelumnya. Hadiah tertinggi sempat menyentuh Rp 2 miliar diraih Sriwijaya FC pada 2008/09. Sedangkan, hadiah juara terendah didapat Persibo Bojonegoro pada edisi terakhir 2012, Rp800 juta.

Final piala Indonesia sudah dipastikan dilaksanakan pada tanggal 21 dan 28 Juli mendatang. Tim yang akan menjadi tuan rumah di awal laga juga sudah dipastikan yaitu tim ibu kota Persija Jakarta yang akan menjamu PSM lebih dulu.

Sejatinya, partai final ini sangat penting bagi kedua tim selain akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp3 miliar, tim yang berhasil memenangkan Piala Indonesia juga akan mendapat tiket lolos langsung ke Piala AFC 2020. “Ya, nanti bonus yang berhasil menjuarai kompetisi ini akan bermain di AFC,” ujar Gatot.


Baca Juga :
- Mimpi ke Piala Dunia, TC Timnas Futsal Masih Belum Jelas
- Bukan Cuma Evan, Seluruh Pemain Timnas U-22 Akan Dicek Kesehatannya di Jakarta

Untuk bermain di Piala AFC nanti juara Piala Indonesia akan berjuang dengan satu tim lain yaitu tim runner up dari Liga 1 2019, hal itu dijelaskan langsung oleh Gatot. “Terakhir jatah untuk kompetisi hanya tiga, jadi juara Liga 1 musim ini mempunyai jatah untuk mengikuti penyisihan atau kualifikasi Liga Champions Asia dan untuk dua slot lainnya  yaitu juara Piala Indonesia dan runner up Liga 1 akan bermain di AFC Cup,” ujar Gatot.

“Tetapi kondisi untuk dua slot tim AFC Cup hanya paten untuk juara Piala Indonesia. Sedangkan, untuk runner up Liga 1 sifatnya masih dapat berubah (cadangan). Hal itu dilihat dari tim yang bermain di Liga Champions Asia. Jika tim yang bermain di kualifikasi Liga Champions Asia tidak berhasil lolos otomatis akan turun dan bermain di ajang AFC Cup. Terkait hal ini runner up Liga 1 tidak dapat slot untuk bermain di AFC Cup,” ujar Gatot.***NIZAR GALANG/ NOVAL LUTHFIANTO

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA