#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Atletico Minta Kontan, Barca Putar Otak Menebus Klausul Griezmann
12 July 2019 13:10 WIB
MADRID – Harapan FC Barcelona meresmikan kedatangan Antoine Griezmann pekan ini belum juga terealisasi. Mereka kesulitan mengumpulkan uang kontan sebesar 120 juta (sekitar Rp1,9 miliar) yang harus dibayarkan pada Rabu kemarin ke markas La Liga.

Barcelona paham betul mereka tinggal selangkah lagi mendapatkan penyerang 28 tahun itu. Namun kurangnya dana yang bisa dicairkan dari bank-bank yang bekerja sama dengan klub dapat menghambat proses kepindahan tersebut. Di Spanyol, bahkan ada kabar yang mengatakan bahwa pembayaran belum bisa dilakukan hingga akhir pekan ini.

Itulah mengapa Barcelona mencoba berbicara dengan Atletico perihal penundaan pembayaran. Namun Atletico di satu sisi kesal dengan bagaimana cara Los Blaugrana –julukan Barca – melakukan negosiasi. Itu mengapa mereka menolak permohonan tersebut. Atletico hanya ingin menerima pembayaran klausul secara tunai, dan tampaknya Barcelona sulit mewujudkannya dalam waktu dekat.


Baca Juga :
- Atletico Madrid Jual Tanah Rp 1,6 Triliun Untuk Gaet James Rodriguez
- Rekonstruksi Benteng Atletico Habiskan Rp1,3 Triliun

Semua faktor tersebut yang menjadi alasan mengapa pembayaran klausul pelepasan Griezmann tertunda. Barca sedang mencari metode yang paling tepat agar pembayaran nantinya tanpa mengalami kerugian secara fiskal. Cara lain yang mungkin akan ditempuh Barcelona adalah dengan melibatkan Griezmann. Barcelona bisa meminta sang penyerang untuk mendepositokan uangnya ke La Liga. Tujuannya adalah agar tak terkena pajak.

Cara ini dilindungi Peraturan Kerajaan Spanyol 10006/1985, pasal 16 yang menyatakan jika pemain menebus klausul secara sepihak maka tidak akan dikenakan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Dengan kata lain, itu bukan lah operasi komersial. Selain itu, Los Azulgranas juga sedang mempelajari tata cara agar bisa mematuhi semua persyaratan fiskal (terutama mengenai pembayaran PPN ), sehingga keduanya tak terkena sanksi atas pelanggaran negosiasi.

 

Kembali dari Liburan

Proses transfer Griezmann memang komplek karena biaya yang dikeluarkan cukup tinggi dan harus dipantau ketat oleh kantor pajak. Maka tak heran bila Barcelona mempelajari tiap langkah dengan baik. Di sisi lain, ada dua kepentingan yang sudah dijadwalkan.

Yang pertama adalah pemanggilan. Ernesto Valverde selaku pelatih Barcelona sudah meminta para pemainnya untuk datang pada 14 Juli pekan depan. Ini adalah tahapan awal yang penting sebelum melakukan tur ke Jepang dan Amerika Serikat.

Lalu yang kedua adalah soal Griezmann. Pada 12 Juli masa liburan mantan pemain Real Sociedad itu akan berakhir, setelah sebelumnya mendapatkan jatah 30 hari. Saat ini Griezmann sedang berada di Ibiza, Spanyol. Atletico memanggilnya kembali pada Minggu (14/7), namun sang pemain enggan untuk bergabung sebab dirinya masih memiliki empat hari lagi karena pada bulan lalu ia dipanggil ke tim nasional Prancis.*** DINI WULANDARI/CR5 DARI BERBAGAI SUMBER


Baca Juga :
- Tengah Barca Sumpek, Rakitic-Coutinho Terpaksa Jadi Korban
- Alaba, Cinta Lama Barca Bersemi Lagi

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA