#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Everton Berminat Pulangkan Diego Costa ke Liga Primer
12 July 2019 13:07 WIB
LIVERPOOL – Setelah mudik selama dua tahun, Diego Costa diberitakan bakal kembali merantau ke Inggris. Penyerang asal Spanyol berusia 30 ini siap melakukan negosiasi transfer dengan Everton FC. The Toffees memang tengah mencari striker murni berkualitas untuk menghadapi kompetisi 2019/20.

Costa sempat jadi striker yang paling ditakuti di Liga Primer saat memperkuat Chelsea FC antara 2014 dan 2017. Dia bahkan tancap gas dengan selalu mencetak gol dalam empat laga pertamanya (2014/15) dengan total tujuh gol. Costa pemain kedua yang melakukan itu setelah Micky Quinn (Coventry City FC) pada 1992/93.

Secara keseluruhan, Costa terlibat langsung dalam proses terciptanya 68 gol (52 gol dan 16 assist) dalam 89 laga di Liga Primer bersama Chelsea sepanjang tiga musim pertamanya. Kontribusi ini sangat penting bagi sukses The Blues memenangi gelar Liga Primer 2014/15 dan 2016/17 di bawah asuhan Jose Mourinho dan Antonio Conte.


Baca Juga :
- Morata Penangkal Kutukan Butarque
- Martial Lebih Cepat dalam Menorehkan 50 Gol

Sayang, karier cemerlang Costa di Stamford Bridge berakhir menyedihkan. Dia terlibat perselisihan dengan Conte pada 2017. Pelatih asal Italia itu lalu menyuruh pemain berdarah Brasil itu mencari klub baru karena dia tidak lagi jadi bagian dari proyeknya di Chelsea pada musim 2017/18.  

Saat itu Everton sempat disebut sebagai peminat Costa selain AC Milan dan AS Monaco. Tetapi sang pemain menegaskan dirinya hanya mau pulang ke Atletico Madrid. Sayang, Los Rojiblancos telat menyambut keinginan itu sehingga Costa harus tetap bersama Chelsea sepanjang paruh pertama musim 2017/18 tanpa pernah dimainkan.

Costa baru bisa bergabung dengan Atletico ketika bursa transfer Januari 2018 dibuka. Saat itu Los Rojiblancos menebusnya dengan harga 57 juta paun (setara Rp1 triliun). Nilai ini lebih mahal daripada yang dibayarkan Chelsea saat membeli pemain itu dari Atletico pada 2014 yang hanya 32 juta paun atau Rp 564,8 miliar.

Pengeluaran itu terbukti mubazir karena kemudian Costa tidak menampilkan performa sebagus kiprah pertamanya di Atletico antara 2010 dan 2014. Dia bahkan lebih banyak berkutat dengan cedera sepanjang musim lalu sehingga hanya terlibat dalam 16 laga di La Liga dengan kontribusi dua gol dan dua assist.

Alhasil, Atletico pun siap melepasnya musim panas ini. Tenaga striker tinggi besar (188 cm dan 86 kg) itu tak lagi dibutuhkan pelatih Diego Simeone karena dia sudah punya penyerang baru yaitu Joao Felix yang dibeli dari SL Benfica. Los Rojiblancos juga telah mempermanenkan kontrak striker Alvaro Morata.

Sejauh ini, Everton menjadi klub yang santer dikaitkan dengan Costa. Maklum, The Toffees belum punya striker berkualitas. Cenk Tosun yang dibeli dari Besiktas JK pada Januari 2018 gagal memenuhi ekspektasi. Begitu juga dengan striker asal Senegal Oumar Niasse. Kini, keduanya bahkan masuk dalam daftar pemain yang akan dijual.

Tetapi Everton hanya mau membayar di bawah harga 57 juta paun yang dikeluarkan Atletico saat menebus Costa dari Chelsea. Ini bakal jadi transaksi yang merugikan bagi Los Rojiblancos. Namun mereka mungkin tidak keberatan mengingat Costa masuk dalam daftar surplus.

Meski begitu, isu seputar rencana Everton merekrut Costa menuai sejumlah pertanyaan. Pasalnya, rencana itu bertentangan dengan kebijakan yang tengah diterapkan Direktur Sepak Bola The Toffees Marcel Brands, yang hanya mengincar pemain berusia sekitar 25 tahunan. Sementara Costa akan berulang yang ke-31 pada Oktober nanti.

Gaji Costa yang terbilang tinggi, sekitar 7 juta paun (Rp 123,4 miliar) per tahun, juga bisa menimbulkan masalah. Maklum, pemilik Everton asal Iran, Farhad Moshiri, tengah berupaya memperketat anggaran gaji The Toffees.

“Kemarin saya sudah mendengar langsung di pejabat tertinggi di Everton terkait rumor Diego Costa ke Everton yang tengah beredar. Semua itu disebut sebagai omong kosong belaka,” ujar Jim White, penyiar stasiun radio Inggris, TalkSPORT, yang dikenal dekat dengan Moshiri.***RIJAL ALFURQON

Rapor Diego Costa di Liga Primer
Periode: 2014-2017
Klub: Chelsea
Total laga: 89
Menit bermain: 7.550
Gol: 52
Assist: 18
Menit per gol/assist: 145/419


Opsi Striker Everton Saat Ini*
Dominic Calvert-Lewin
Total laga: 38
Menit bermain: 1.974
Gol: 8
Assist: 3

Cenk Tosun
Total laga: 29
Menit bermain: 1.226
Gol: 4
Assist: 3

Oumar Niasse
Total laga: 20
Menit bermain: 1.115
Gol: 0
Assist: 1

*Statistik pada 2018/19.


Kemungkinan Komposisi Starter Everton 2019/20
4-3-2-1
J. Pickford;
S. Coleman, Y. Mina, D. Dakonam, D. Rose;
G. Sigurdsson, A. Gomes, F. Delph;
N. Pepe, D. Costa, Richarlison

4-4-2
J. Pickford;
S. Coleman, Y. Mina, D. Dakonam, D. Rose;
N. Pepe, A. Gomes, F. Delph, Richarlison;
D. Costa, M. Kean

Keterangan: Dicetak tebal menjadi target Everton.


Baca Juga :
- Lampard Yakin Loftus-Cheek Bisa Jadi Striker
- Man. City Diminta Segera Duetkan Bernardo dan De Bruyne

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA