#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
El Cholo Mengasah Sisi Defensif Felix
13 July 2019 13:58 WIB
MADRID – Sejak Senin (8/7) Atletico Madrid telah melakukan latihan pra musim di Los Angeles de San Rafael, Segovia, Spanyol. Dalam sesi tersebut tentu yang menjadi sorotan utama adalah Joao Felix. Di kesempatan itu pelatih Atletico, Diego Simeone mencoba memberikan dorongan kepada Felix agar bisa memaksimalkan levelnya. “Kuat, kuat, Joao,” kata Simeone. Sang juru taktik paham dengan kapabilitas Felix ketika mencetak gol, namun dalam permainan Simeone, Felix juga dituntut harus bisa handal ketika bertahan.

Jika bicara kualitas menyerang, pemain 19 tahun itu memang tidak perlu diragukan lagi. Selama tiga hari terakhir dia telah memperlihatkan kemampuannya tersebut.  Dia mencetak gol spektakuler dalam latihan tanding beberapa hari lalu. Namun, untuk bisa bermain di Atletico asuhan El Cholo, pemain Portugal itu juga dituntut andal dalam bertahan.

Keahlian itu yang belum dilihat dalam diri Felix. Itu mengapa El Cholo bersikeras dan terus mengasah kemampuan bertahan mantan pemain SL Benfica tersebut.  Pelatih 49 tahun itu menjadikan Felix pesepak bola yang lengkap. Tipikal pemain modern seperti para bintang lainnya saat ini.


Baca Juga :
- Atletico Impoten, Melepaskan 20 Tembakan ke Gawang Celta tanpa Ada Gol
- ​​​​​​​Oblak di Ambang Rekor Reina

Memang, pemain yang didatangkan dengan angka 127 juta euro itu diplot menggantikan Antoine Griezmann sebagai penyuplai gol terbanyak tim. Namun, dengan usianya yang masih 19 tahun, Simeone yakin bisa menambah kualitas pemainnya itu. Seperti halnya Griezmann yang direkrut pada 2014 dan kini telah menjadi bintang, Simeone pun ingin menjadikan Felix lebih berkilau melebihi Griezmann yang dibeli Barcelona dengan harga 120 juta euro.

Dalam sesi latihan Rabu, Simeone menginstruksikan Felix latihan duel satu lawan satu. Ini bertujuan melatih keseimbangan ketika dijaga atau sedang menjaga pemain. Pertama ia instruksikan melawan Angel Correa. Esok harinya, metode sama diulang dengan lawan berbeda kali ini dengan Vitolo.

Taktik Beda

Selain memberi pelatihan kepada Felix, Simeone juga mencoba variasi taktik. Ia mencoba untuk memaksimalkan 4-4-2 yang selama ini menjadi andalannya. Setelah pada Senin berlatih dengan 4-3-3, pada Selasa, Rabu, dan Kamis, Simeone menerapkan 4-4-2. Di lini tengah ia opsinya adalah Saul Niguez, Hector Herrera, Koke Resurreccion, dan Marcos Llorente.

Di barisan pertahanan, pilihannya adalah Carlos Isaac, Stefan Savic, Felipe Monteiro dan Renan Lodi. Sementara di sisi sayap Felix dan Thomas Lemar. Lalu di depan Alvaro Morata dan Diego Costa. Sesi tersebut dimulai pada pagi hari sekitar pukul 7.45. Dalam hal ini Simeone juga memfokuskan kepada kekuatan dan kapasitas reaksi pada pemain. El Cholo menyelenggarakannya kurang lebih selama satu setengah jam.*CR5
 

 

ANGKA

20

Musim lalu bersama Benfica, Joao Felix mencetak 20 gol dari 43 pertandingan di semua ajang.


Baca Juga :
- Debut Tak Terlupakan Herrera
- Juve ke Madrid, Emre Can Malah Pergi Liburan

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA