#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Lepas Paul, Rockets Siap Tanggung Risiko
13 July 2019 13:40 WIB
HOUSTON – Houston Rockets mengambil langkah mengejutkan dalam bursa perpindahan pemain, kali ini. Sempat mantap mempertahankan poros James Harden-Chris Paul untuk NBA 2019/20, tim milik pengusaha Tilman Fertita itu melakukan perubahan besar lantaran kerap gagal mendapat pemain incaran. 

Berdasarkan sumber situs berita olahraga Amerika Serikat (AS), USA Today, Rockets melakukan megatrade dengan Oklahoma City (OKC) Thunder. Mereka mengirim Paul demi memboyong Russell Westbrook. Kolaborasi antara Harden dan Westbrook seolah mengulang memori NBA 2011/12.

Kala itu, keduanya membawa Thunder menembus final. Masalahnya, upaya untuk mendatangkan Westbrook ke Toyota Center merupakan pilihan berisiko. Pasalnya, mereka berstatus scorer hebat NBA. Kekhawatiran tak bisa padu pun muncul karena ambisi jadi pemain nomor satu di tim.


Baca Juga :
- Arsenal Rilis Jersey Away Terbaru, James Harden Jadi Modelnya
- Dua Bintang Tak Akur, Rockets Menampik Isu Perpecahan

“Mereka adalah guard yang dominan dan perpaduan keduanya belum tentu menghasilkan kerja sama yang baik. Lagipula, kedatangan Westbrook tak lantas bisa menyelesaikan problem fundamental Rockets, penurunan performa saat memasuki play-off,” ujar pengamat NBA, Dan Wolken.

Misalnya, fakta field goal Harden yang selalu berkurang di postseason. Tak hanya itu, Rockets juga kehilangan leadership Paul yang selama dua musim terakhir menjadi sosok anutan. Kepemimpinannya terbukti sanggup membawa Rockets jadi penantang utama Golden State Warriors di Wilayah Barat.

Walau di sisi lain, Paul memang rentan cedera. Jika melihat peta persaingan di Wilayah Barat, kondisi ini akan berbahaya karena Los Angeles (LA) Lakers menjelma sebagai klub bertabur bintang. Ini karena kesuksesan mereka untuk mendatangkan Anthony Davis dan DeMarcus Cousins.

Sedangkan untuk LA Clippers akan mengandalkan duet maut, Kawhi Leonard-Paul George. Tak hanya itu, Warriors juga masih kuat meski ditinggal Kevin Durant dan Andre Iguoadala. Pada fase reguler, mereka mungkin terseok karena Klay Thompson absen dalam mayoritas babak ini.

Tapi, ketika dirinya sudah sembuh, Warriors sangat mungkin kembali menjelma sebagai klub yang berbahaya di play-off. Yang membuat pencinta Rockets percaya kepada Westbrook adalah perubahan yang berhasil ditunjukkan oleh pengusung nomor punggung nol tersebut musim lalu.

Ya, Westbrook bukan lagi seorang pemain yang egois dan rela menyerahkan peran sebagai scorer utama kepada George. Ia pun lebih fokus melakukan rebound dan assist. Jika demi George dirinya mengalah, apalagi dengan Harden yang notabene memiliki hubungan sangat baik dengannya.

Westbrook dan Harden sering terlihat berbalas komentar di Instagram (IG). Bahkan, saat Westbrook berhasil membawa Thunder mengalahkan Lakers, musim lalu, pemain bernomor punggung 13 tersebut memberi apresiasi secara langsung melalui media sosial berlogo kamera tersebut.

Banjir Tanggapan

Kabar bergabungnya Westbrook ke klub yang identik dengan jersey merah itu pun banjir tanggapan dari para pemain NBA. Salah satu yang berkomentar adalah center Rockets, Clint Capela. “Apa yang bisa saya lakukan saudara? @Russwest44,” katanya melalui akun Twitter.


Baca Juga :
- Starting Line Up NBA All-Stars 2019
- Pebasket dengan Jenggot Magis Ini Kembali Guncang NBA

Salah satu legenda Miami Heat, Dwyane Wade, juga tak mau ketinggalan dengan berita yang tengah merebak. “Saya ingin berbicara banyak soal pertukaran CP3 (julukan Chris Paul) dan Russ (sapaan Russell). Tapi, saya akan menyimpan banyak statement sebelum bertemu mereka,” kata Wade.

Peraih tiga kali gelar Sixthman of the Year, Jamal Crowford, menyebut pertukaran Paul dengan Westbrook cukup mengejutkan. Di sisi lain, hal tersebut membuat musim panas  kali ini layak disebut sebagai off season tergila sepanjang sejarah NBA.*KRISNA C. DHANESWARA

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA