#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Neymar Gunakan Pendekatan Psikologis
15 July 2019 13:20 WIB
PARIS - Neymar Junior belum menyerah demi mewujudkan ambisinya kembali ke FC Barcelona. Seperti diketahui, peluang penyerang Paris Saint Germain (PSG) tersebut untuk kembali ke Camp Nou, musim panas ini, semakin mengecil. Los Azulgrana sudah mendapatkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.

Kendati begitu, winger asal Brasil tersebut tidak berhenti begitu saja. Ia menggunakan pendekatan psikologis untuk menarik simpati Barcelona.

Salah satunya dengan menyebut La Remontada bersama FC Barcelona sebagai kenangan terindah sepanjang kariernya di pentas sepak bola profesional. Hal itu diungkapkan saat menghadiri turnamen Red Bull Neymar Jr’s Five World Final di Praia Grande, Sao Paulo, Sabtu (13/7).


Baca Juga :
- Alderweireld Bikin Tottenham Pusing
- Semifinalis Liga Champions Nyaris Tersingkir

“Kenangan terindah di ruang ganti? Ah, saya tak tahu,” ujar Neymar saat diwawancarai media sepak bola Prancis Oh My Goal. “Well, saat kami menang lawan PSG bersama Barcelona, kami semua menggila! Saya percaya itu perasaan terbaik buat kami semua. Apa yang rasakan saat kami mencetak gol keenam, tidak pernah saya rasakan sebelumnya. Itu luar biasa.”

Momen yang disebutkan Neymar terjadi pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2016/17 di Camp Nou pada 8 Maret 2017. Barcelona yang kalah 0-4 dari PSG pada leg pertama di Parc Des Princes tiga pekan sebelumnya butuh keajaiban untuk lolos ke perempat final dan itulah yang terjadi.

Neymar berperan besar dalam sukses itu dengan mencetak dua gol set piece pada pengujung laga, dari tendangan bebas di menit ke-88 dan dari titik penalti di menit ke-91. Barcelona pun unggul 5-1, tapi mereka masih butuh satu gol lagi buat membalikkan keadaan. Gol itu tiba di menit ke-95 lewat aksi Sergi Roberto dan Neymar ikut terlibat sebagai pemberi assist.

Ironisnya, usai aksi comeback paling spektakuler dalam sejarah Liga Champions yang kemudian dikenal sebagai La Remontada itu, Barcelona tersingkir di perempat final pada April 2017. Empat bulan kemudian, Neymar pun hijrah ke PSG demi memenuhi ambisi menjadi pemain terbaik di dunia dengan rekor transfer termahal sepanjang sejarah 222 juta euro.

Tapi, ambisi itu tidak pernah terwujud. Sepanjang dua tahun kiprahnya bersama Les Parisiens, sinar Neymar malah meredup. Ini tidak terlepas dari kegagalan klub itu bersaing di Liga Champions. Perjalanan karier pemain 27 tahun itu di Prancis bahkan lebih diwarnai cedera dan kasus kontroversial.

Neymar kena sanksi larangan bermain dalam tiga laga pertama di Ligue 1 2019/20. Sanksi itu dijatuhkan lantaran dia memukul seorang fan usai kekalahan PSG dari Stade Rennes di final Piala Prancis April lalu. Mantan pemain Santos FC itu juga tak akan bisa tampil dalam tiga laga pertama di Liga Champions. Itu hukuman atas ulahnya memaki wasit di media sosial usai kekalahan Les Parisiens dari Manchester United di babak 16 besar Maret lalu.

Wajar jika kemudian Neymar merasa sudah saatnya menyudahi karier di Prancis dan dia sudah menyampaikan niatnya ini kepada Direktur Olahraga PSG Leonardo. Ayah satu anak ini berharap bisa kembali ke Barcelona dan dia terus melontarkan sinyal “come-and-get-me” kepada klub Katalunya itu.

Selain celotehannya soal La Remontada, Neymar juga merayu Barcelona lewat video yang dia unggah di akun Instagram pribadinya. Video itu menampilkan lukisan dirinya bersama sang ayah. Unggahan ini jadi heboh karena pada lukisan itu Neymar terlihat memakai kostum Barcelona.

Pada lukisan itu juga tertera kutipan ayat dari Alkitab, Yesaya 54:17, dalam bahasa Portugal yang berbunyi: “Tidak ada senjata yang ditempa untuk melawanmu akan berhasil, dan setiap lidah yang melontarkan tuduhan terhadapmu di pengadilan akan kamu buktikan salah.”

Tidak jelas apa maksud Neymar mengutip ayat tersebut. Tapi, kemungkinan besar hal itu ditujukan kepada semua pihak yang selama ini selalu mengkritiknya.

Terlepas dari pernyataan dan unggahannya yang menuai polemik, Neymar dijadwalkan bergabung kembali dengan PSG, Senin ini. Dia terbang menggunakan pesawat jet pribadi dari Brasil pada Minggu malam dan pada keesokan harinya, sang pemain akan bergabung dengan rekan-rekan setimnya untuk menjalani program pramusim.


Baca Juga :
- Dortmund Lebih Menghargai Gelar dibanding Klub-klub Lain
- Coutinho Bersedia Jadi Pemulus Neymar

Neymar juga akan bertemu dengan Leonardo untuk membahas masa depannya di PSG. Sebelumnya, sang direktur olahraga sudah memastikan pemain itu bakal dilepas jika ada tawaran yang cocok. Dia juga menyesalkan keterlambatan Neymar bergabung dan siap mengambil tindakan tegas.

Tapi, ayah sekaligus agen Neymar berkilah bahwa keterlambatan tersebut sudah disepakati oleh pihak PSG. Dan, kini sang pemain mengaku sudah siap untuk kembali menjalani latihan. "Saya sudah pulih hampir 100 persen. Saya hanya belum berlatih,” ujar Neymar.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA