#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Performa Terus Menurun, Bautista Frustrasi
16 July 2019 11:20 WIB
KALIFORNIA – Pembalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista terus mengalami penurunan performa dalam beberapa lomba terakhir. Situasi ini membuatnya dalam situasi buruk karena gagal raih poin dalam tiga lomba di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat (AS), 13-14 Juli lalu. Hal itu membuat jaraknya dengan Jonathan Rea saat ini menjadi 81 angka, dan membuatnya semakin sulit meraih gelar.

Putaran kesembilan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2019, digelar di Sirkuit Laguna Seca, yang belum pernah dijajal oleh Bautista di kompetisi kompetitif. Padahal, rekan setimnya, Chaz Davies dapat melaju cepat dan meraih satu kemenangan di sana. Itu berarti, Panigale V4R, tidak memiliki masalah besar di trek tersebut.

“Saya benar-benar merasa frustrasi dengan apa yang terjadi. Saya menyesal, karena kami bekerja dengan baik sepanjang akhir pekan dan selalu menemukan cara untuk tampil cepat. Di sisi lain, kami memang sedang berada di momen yang sangat sulit saat ini. Tapi saya yakin kami akan bangkit dengan lebih kuat,” kata Bautista seperti dilansir Crash.net.


Baca Juga :
- Mantan Pembalap MotoGP Ini Sarankan Valentino Rossi ke WSBK
- Bautista Tak Pede di Sirkuit Laguna Seca

Pada lomba Superpole, jatuhnya Bautista bukan disebabkan oleh kesalahannya sendiri tapi karena ia tidak dapat menghindari Toprak Razgatlioglu yang terjatuh tepat di depannya. Pria asal Spanyol itu dapat meneruskan perlombaannya, namun ia tidak mampu memperbaiki posisi dan harus finis di urutan ke-17.

“Saya tidak dapat melakukan apa pun karena Razgatlioglu menutup jalur balap. Ban belakangnya menghantam ban depan saya. Dia membuat saya kehilangan dua perlimbaan karena bahu kiri saya mengalami cedera saat insiden itu. Meski hasil pemindaian tidak menunjukkan hal serius, tapi saya merasakan sakit yang luar biasa,” kata Bautista.

Putaran ke-10 WSBK tahun ini bakal digelar di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal, awal September mendatang. Itu jadi waktu terbaik bagi Bautista untuk memulihkan kondisi agar kembali meraih kemenangan. Tapi, itu juga jadi trek yang sulit bagi Ducati, mengingat awal tahun ini, mereka tidak bisa tampil cepat.

“Saya harus menenangkan pikiran dan memulihkan kondisi fisik. Lalu, kami akan coba sesuatu yang baru, harus menjaga perasaan terhadap motor tetap bagus. Perasaannya masih sama, hanya saat itu saya menang. Secara matematis, kami belum kalah di kejuaraan tapi keadaannya lebih sulit,” kata Bautista.

WSBK 2019 hanya menyisakan empat putaran, yang mana Rea biasanya tampil baik di setiap treknya. Keunggulan poin di klasemen juga membuatnya semakin nyaman dalam menghadapi setiap perlombaan. Pasalnya, ia hanya perlu finis di podium untuk bisa mengamankan gelar kelima beruntun.

“Berbeda dengan paruh pertama musim ini, sekarnag kami yang memimpin kejuaraan. Tiga putaran terakhir telah membuktikan bahwa apa pun dapat terjadi, jadi kami harus tetap fokus. Anda harus berkonsentrasi dalam setiap pertarungan dan memaksimalkan peluang di setiap perlombaan,” kata Rea.

Pria asal Inggris itu menegaskan bahwa dirinya tetap berjuang meraih kemenangan pada empat putaran terakhir. Menurutnya, itu menjadi cara terbaik untuk mempertahankan gelar. Pasalnya, ia yakin Bautista memiliki kemampuan untuk bangkit dan kembali tampil kuat demi meraih poin penuh di setiap perlombaan.

“Saya tidak akan mengendurkan serangan. Tidak ada strategi, karena Ducati sangat cepat. Saya harus selalu berada di depan saat memulai lomba. Saya ingin mengulang perasaan ini kembali. Tim telah memberikan motor yang bagus, benar-benar stabil dan saya memiliki akselerasi yang bagus saat start,” kata Rea.*MUHAMAD FADLI RAMADAN 


Baca Juga :
- Rea Ungkap Masalah Ban di WSBK Misano
- Rea Incar Kemenangan di WSBK San Marino

Klasemen 5 Besar
Pembalap                            
Jonathan Rea                                     433
Alvaro Bautista                      352
Alex Lowes                            220
Michael van der Mark           215
Leon Haslam                          202

Konstruktor
Ducati             436
Kawasaki        435
Yamaha          308
BMW               187
Honda             56

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA