#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Takut Dicuri Klub Lain, Valencia Pasang Klausul 2,3 Triliun untuk Penyerang Barunya
16 July 2019 13:45 WIB
VALENCIA – Pelatih Valencia CF, Marcelino Garcia Toral akhirnya bisa tersenyum puas. Klub mewujudkan keinginannya untuk memboyong bomber Celta Vigo, Maxi Gomez. Untuk mengamankan penyerang Uruguay itu, Valencia pun membubuhkan klausul selangit, menjadi yang terbesar ketiga sepanjang sejarah klub.

Sepanjang bursa transfer musim panas ini, Valencia memang gencar mengejar jasa Maxi. Walaupun di waktu yang bersamaan mereka juga bergerak untuk operasi perekrutan atau pelepasan yang lain. Dan saat kesuksesan dicapai, kontrak yang diberi jadi sorotan utama sebab tak hanya diikat lima musim, tapi juga dipagari sangat kuat.

Striker tim nasional Uruguay itu dikekang dengan klausul pelepasan mencapai 140 juta euro (sekitar Rp2,3 triliun). Jumlah tersebut melampaui 120 juta milik Rodrigo Moreno, penyerang yang paling berharga sebelumnya. Jika dilihat di sepanjang sejarah, angka penebusan Maxi sekarang ini hanya kalah dari Goncalo Guedes dan David Villa.


Baca Juga :
- Sepak Bola Jalanan Antar Fekir Bersaing di Panggung Elite
- Maxi Incar Gol Perdana

Guedes menjadi pemain dengan klausul pelepasan terbesar sepanjang sejarah Los Che, julukan Valencia. Pasca dipermanenkan usai dipinjam dari Paris Saint Germain (PSG), tahun lalu, winger tim nasional Portugal itu dipagari dengan angka tebus 300 juta euro (kontrak hingga 30 Juni 2023). Sementara di masa lalu Villa punya 150 juta euro.

Apa yang dilakukan tim yang bermarkas di Mestalla itu cukup berasalan. Maxi masih muda, 22 tahun, dan penampilannya sangat menjanjikan. Ia adalah salah satu kejutan di Spanyol, sejak direkrut Celta dari Defensor SC, 1 Juli 2017. Pada 2017/18, ada 18 gol (lima assist) dicetak dari 39 laga, dan musim lalu punya 13 (lima) di 36 duel.

Valencia sejatinya tak sendirian dalam mengejar jasa striker setinggi 186 cm itu. Ia juga sempat dikaitkan dengan West Ham United yang getol mengejar jasanya. Klub asal London itu bahkan kabarnya siap membayar 32,5 juta euro untuk membawanya ke Inggris (sementara Valencia menurut transfermarkt membelinya hanya 14,5 juta euro).

West Ham ditolaknya bukan lantaran ingin bertahan di La Liga. Melainkan Liga Champions lah yang menjadi alasan Maxi memilih Los Che. “Saya sangat senang bisa bergabung dan bahagia dapat segera bermain di Liga Champions. Saya belum pernah dan selalu memimpikan bermain di kompetisi itu sejak kecil,” katanya mengakui.

Lebih lanjut ia menjelaskan sulit meninggalkan para rekan sebelumnya di Celta, apalagi usai sempat bergabung di awal pramusim. Namun begitu, ia siap habis-habisan di tim barunya nanti. “Saya akan memberikan segalanya seperti yang saya lakukan di semua tim yang saya bela. Saya tak sabar mulai berjuang bersama Valencia,” ucapnya.*TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER


Baca Juga :
- Kapal Selam Kuning Mulai Tenggelam
- Teror Maxi Gomez

 

SOROT
Dalam transfer Maxi Gomez, Valencia CF harus merelakan melepas Santi Mina kembali ke Celta Vigo dengan gratis (dulu direkrut lewat penebusan klausul pelepasan; 10 juta euro pada 4 Juli 2015).

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA