#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Juara Wimbledon, Djokovic Susul Nadal ke London
16 July 2019 11:40 WIB
LONDON – Novak Djokovic jadi petenis kedua yang memastikan diri tampil dalam turnamen penutup musim ini, Nitto ATP Finals di The O2 Arena, London, 10-17 November. Kepastian ini setelah petenis asal Serbia itu mempertahankan gelar juara Grand Slam Wimbledon, Senin (15/7) dini hari WIB.

Pemain yang biasa disapa Nole itu harus berjuang keras kala bertemu Roger Federer di partai puncak. Bayangkan, laga berdurasi hampir 4 jam 57 menit itu berakhir dengan skor 7-6 (5), 1-6, 7-6 (4), 4-6, dan 13-12 (3), sekaligus menjadi final paling lama dalam sejarah Wimbledon.

Namun, perjuangan Nole terbayar lunas. Tak hanya meraih gelar kelima Wimbledon atau ke-16 secara keseluruhan dalam grand slam, ia juga menyusul Rafael Nadal untuk berlaga dalam Nitto ATP Finals. Ini merupakan kali ke-12 dirinya lolos ke turnamen akhir musim tersebut.


Baca Juga :
- Federer Layak Menang, Unggul di Segala Aspek
- Komentar Federer Usai Taklukkan Djokovic dan Melangkah ke Semifinal ATP Finals 2019

“ATP Finals selalu menjadi salah satu tujuan utama pemain di tiap musim. Saya menantikan untuk kembali ke London, November mendatang. Di sana, saya akan bersaing dengan delapan petenis putra terbaik di dunia,” ujar Nole seperti dilansir situs resmi ATP, Senin (15/7).

Nole yang kini 32 tahun, tercatat pernah tampil dalam 10 edisi ATP Finals secara beruntun. Ini dilakukannya pada 2007-2016, sebelum kemudian absen pada 2017 karena cedera siku kanan. Dalam ajang ini, dirinya sudah mengantongi lima gelar 2008, 2012, 2013, 2014, dan 2015.

Angka ini menempatkannya di posisi kedua daftar petenis dengan raihan gelar terbanyak. Nole sejajar dengan legenda petenis seperti Ivan Lendl dan Pete Sampras. Sementara peringkat pertama sebagai petenis dengan titel ATP Finals terbanyak ditempati Federer, enam gelar. 

Tahun lalu, Nole juga tampil apik dan berhasil mencapai final. Sayang, pada babak penentuan, ia kalah dari petenis Jerman, Alexander Zverev Jr, 4-6, 3-6. Merujuk pada performanya kini, bukan tak mungkin Nole menambah titel dalam event yang diikuti oleh delapan petenis terbaik itu.

Dengan lolosnya Nole dan Nadal, praktis hanya tersisa enam tiket untuk Nitto ATP Finals. Federer jadi yang paling berpotensi menyusul karena saat ini menempati posisi ketiga Road to London dengan 5.060 poin. Kemudian, ada Dominic Thiem dan Stefanos Tsitsipas dengan 3.315 dan 2.995 poin.

Namun, sebelum kembali ke London, Nole masih memiliki serangkaian misi dalam turnamen selanjutnya. Salah satunya menaklukkan grand slam terakhir musim ini, Amerika Serikat (AS) Terbuka, di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, 26 Agustus-8 September mendatang.

Dalam turnamen ini, Nole bakal hadir sebagai juara bertahan. Tahun lalu, petenis kelahiran 22 Mei 1987 itu keluar sebagai kampiun usai mengalahkan Juan Martin del Potro dari Argentina, 6-3, 7-6(4), dan 6-3. Hasil ini menambah koleksi titel Nole di AS menjadi tiga setelah 2011 dan 2015.

Nole pun membidik kembali gelar tersebut demi mengejar raihan dua rival abadi, Federer dan Rafael Nadal. Dengan torehan 16 gelar, saat ini, Nole menempati posisi ketiga. Federer masih ada di posisi teratas dengan 20 gelar grand slam dan Nadal di bawahnya dengan 18 trofi.

“Kami membuat satu sama lain tumbuh dan berkembang. Kedua orang ini (Nadal dan Federer) mungkin jadi salah satu alasan terbesar saya masih bersaing di level ini. Fakta bahwa mereka membuat sejarah, juga memotivasi dan menginspirasi untuk bisa melebihi mereka,” Nole menambahkan.*MUHAMMAD RAMDAN

Petenis Putra dengan Gelar Grand Slam Terbanyak

1. Roger Federer (Swiss)     20

2. Rafael Nadal (Spanyol)    18

3. Novak Djokovic (Serbia)  16


Baca Juga :
- Kalahkan The Djoker, Federer Melangkah ke Semifinal ATP Finals 2019
- Dominic Thiem Kejutkan Djokovic di Laga Kedua Fase Grup ATP Finals

4. Pete Sampras (AS)          14

5. Roy Emerson (Australia) 12

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA