#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Persib dan Kalteng Putra, Dua Tim yang Mencoba Bangkit
16 July 2019 13:52 WIB
BANDUNG – Kalteng Putra memang berstatus tim promosi Liga 1 2019. Namun, mereka bukanlah tim yang mudah begitu saja menyerah, sekalipun yang akan dihadapi sekelas Persib Bandung. Apalagi, kondisi tim asuhan Gomes Oliviera itu nyaris sama dengan tuan rumah yaitu sedang mencoba bangkit.

Kalteng Putra tidak pernah menang dalam empat laga terakhir, tiga di antaranya kalah beruntun. Sedangkan Maung Bandung masih mengalami paceklik kemenangan dalam enam pertandingan terakhir.

Itu sebabnya dalam laga pekan kesembilan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat,  Soreang, Selasa (16/7), kubu Maung Bandung harus tetap mewaspadai performa Laskar Isen Mulang. "Kedua tim juga sama-sama sedang merindukan kemenangan,” kata pelatih Persib,  Robert Rene Alberts, dalam jumpa pers Senin (15/7).


Baca Juga :
- Rapor Buruk Persib Berlanjut
- 3 Pemain Asing Baru Persib Tiba di Bandung

“Maka itu, laga lawan Kalteng Putra nanti sangat penting. Jangan lagi kehilangan poin, apalagi kami akan bermain di kandang," ia menambahkan. Kendati demikian, Robert mengaku timnya agak pincang tanpa striker Ezechiel N’Douassel dan gelandang Rene Mihelic akibat akumulasi kartu. Belum lagi kiper Muhammad Natshir Fadhil yang cedera.

Namun, menurutnya itu tidak akan menjadikan semangat timnya menurun.  "Kami memang kehilangan sedikitnya tiga andalan, tapi kami sudah mengantisipasinya dan akan mencoba memaksimalkan para pemain pengganti. Kami yakin bisa mengatasi Kalteng Putra lewat rencana matang," Robert menambahkan.

Pelatih asal Belanda itu menilai Kalteng Putra memiliki semangat tinggi. Ia pun mewanti-wanti kepada Supardi Nasir dan kawan-kawan untuk tidak lagi membuat kesalahan selama 2x45 menit. "Saya tahu lawan punya motivasi untuk menang, tapi kami juga punya 11 pemain yang sangat siap. Jangan mau kalah," Robert menegaskan.

Mantan pelatih PSM Makassar itu menuturkan, timnya sudah dirancang tampil garang dan lebih agresif dibanding penampilan sebelumnya. "Kami tidak menjamin tapi kami janji akan tampil sebaik-baiknya, saya pun sudah tidak sabar melihat hasil akhir nanti," ucap Robert.

Pertemuan Persib dengan Kalteng Putra merupakan kali pertama di kasta tertinggi sepak bola Tanah Air. Kalteng Putra baru promosi ke Liga 1 2019. Tim yang diperkuat mantan striker Persib musim lalu, Patrich Wanggai, ini langsung melejit pada Piala Presiden 2019.

Namun, belakangan Kalteng Putra merosot. Kondisi itu membuka peluang Persib untuk menjadikan laga nanti sebagai momen kebangkitan. Bangkit dari keterpurukan dan membangkitkan kembali atmosfer kemenangan kandang.

"Sebetulnya, kami tidak begitu mengetahui kekuatan Kalteng Putra, tapi kami sudah mempelajari kelebihan dan kelemahannya. Mereka kuat di pertahaan, kami juga harus mewaspadai serangan balik mereka yang cepat,” kata sayap Persib, Esteban Vizcarra.

Persib sendiri dipastikan tampil dengan komposisi berbeda. Ada kemungkinan pemain muda macam Gian Zola dan kiper M Aqil Savik bakal mengisi skuat Maung Bandung kali ini, menyusul absennya ketiga pilar itu. 

Di sisi lain, pelatih Kalteng Putera, Gomes Oliviera, menyebut absennya tiga pemain kunci tuan rumah menjadi keuntungan tersendiri bagi tim asuhannya. "Karena itu, ini kesempatan bagus buat kami, dan kami akan manfaatkan keuntungan itu sebaik-baiknya. Sekecil apa pun kesempatan, harus jadi gol," ucap mantan pelatih Madura United itu.


Baca Juga :
- Daftar Pemain Persib untuk Menantang PSM
- Harapan Putaran Kedua, Tiga Pemain Asing Baru Persib Masih dalam Era Golden Age

Gomes mengakui laga nanti akan sulit bagi anak asuhnya. Sebab, Persib banyak dihuni pemain berpengalaman dari. semua posisi. "Tapi, di mana dan dengan siapa pun kami bermain kami tetap mencari hasil baik. Kami juga punya pemain pengalaman dan siap menghadapi Persib nanti," ujarnya.

Sedangkan Patrich mengaku senang kembali lagi ke Bandung, meski kali ini berstatus sebagai lawan. “Semoga saya bisa cetak gol ke gawang Persib. Soal selebrasi atau tidak, kita lihat saja besok (nanti),” ujar penyerang asal Papua itu.*Arief Nugraha K

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA