#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Sirkuit Silverstone Sulitkan Pembalap MotoGP
16 July 2019 13:50 WIB
SILVERSTONE – Akhir pekan lalu, Sirkuit Silverstone jadi lokasi lomba putaran ke-10 F1 2019. Pembalap Renault Daniel Ricciardo pun memperingatkan rider MotoGP untuk lebih mempersiapkan diri jelang Grand Prix (GP) Inggris, 25 Agustus mendatang.

Sekadar informasi, Sirkuit Silverstone jadi salah satu trek yang menggelar dua ajang balap besar, yakni Formula 1 (F1) dan MotoGP. Terkadang, hal ini mendapat respon kurang baik dari pembalap MotoGP karena permukaan aspal menjadi bergelombang karena efek downforce yang besar dari jet darat.

Sirkuit Silverstone pun terus berbenah demi memperbaiki kualitas aspal agar bisa dinikmati pembalap F1 dan MotoGP. Sejak tahun lalu, mereka sudah dua kali mengganti permukaan aspal. “Tapi, masih ada beberapa titik yang bergelombang. Pembalap MotoGP akan menyukai Tikungan 6,” katanya.


Baca Juga :
- Rossi Bertekad Rebut Podium di GP Inggris
- MotoGP Gelar Uji Coba di Sirkuit KymiRing, Sirkuit MotoGP Finlandia 2020

Lomba F1 di Sirkuit Silverstone berlangsung Minggu (14/7) dan terlihat di beberapa area trek, bagian bawah mobil mengeluarkan percikan api. Itu menandakan bahwa permukaan aspal masih bergelombang. Meski begitu, Ricciardo mengatakan bahwa aspal baru meningkatkan daya cengkeram ban.

“Permukaan aspal baru ini benar-benar bagus, memberi sensasi daya cengkeram yang lebih baik di beberapa area. Awalnya cukup licin dan berminyak karena trek belum lama selesai dikerjakan. Tapi, semakin sering digunakan, trek membuat kinerja mobil lebih baik sepanjang akhir pekan,” kata Ricciardo.

Tahun lalu, Sirkuit Silverstone juga melakukan pembenahan dengan mengganti seluruh permukaan trek. Namun, aspal baru tak dapat menyerap air dengan baik saat hujan turun hingga memunculkan genangan air cukup tinggi di beberapa area. Akhirnya, panitia memutuskan untuk membatalkan lomba.


Baca Juga :
- Juara MotoGP Austria 2019, Prospek Besar Andrea Dovizioso
- Hasil MotoGP Austria 2019, Dovizio Heroik, Marquez Podium Kedua, Rossi Keempat

Pembalap Mercedes AMG Petronas Valtteri Bottas juga memiliki pandangan sama soal aspal di Sirkuit Silverstone. “Tahun ini trek tidak terlalu bergelombang dan itu bagus. Permukaan aspal baru memiliki daya cengkeram lebih baik, tapi Anda juga bisa kehilangan daya cengkeram,” katanya.

Salah satu pembalap yang mengeluhkan kondisi aspal Sirkuit Silverstone adalah Valentino Rossi. Andalan Monster Energy Yamaha MotoGP itu mengatakan, berlomba di sana cukup berbahaya bagi ajang balap roda dua karena gelombang yang cukup besar bisa membuat pengendara hilang keseimbangan.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA