#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Sinyal Keras dari Muenchen
16 July 2019 14:35 WIB
MUENCHEN - Kekuatan baru yang sedang dibangun Borussia Dortmund menjadi tantangan tersendiri bagi FC Bayern Muenchen. Seusai prediksi, Muenchen kembali memenangi gelar Bundesliga musim lalu. Inilah Meisterschale ketujuh beruntun sekaligus yang ke-29 bagi Die Bayern. Tapi di luar dugaan, mereka sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Dortmund.

Die Borussen akhirnya memang harus puas finis sebagai runner-up Bundesliga dengan selisih hanya dua poin dari Muenchen. Tapi, Die Schwarzgelben menunjukkan ambisi untuk meraih prestasi lebih baik musim depan. Salah satunya dengan mendatangkan sejumlah pemain baru berkualitas termasuk duet winger Julian Brandt dan Thorgan Hazard serta bek kiri Niko Schulz plus bek tengah Mats Hummels yang dibeli kembali dari Muenchen.

Penyerang Muenchen Thomas Mueller pun sangat bersemangat menyambut kompetisi Bundesliga musim 2019/20. Pemain 29 tahun ini juga memprediksi bakal kembali terjadi persaingan ketat antara Die Bayern dan Borussia Dortmund dalam perebutan gelar paling bergengsi di Jerman itu.


Baca Juga :
- Kado untuk Coutinho
- Inilah Penyegab Coutinho dan Mueller Tidak Bisa Turun Satu Lapangan

“Musim depan akan sangat seru,” kata Mueller. “Dortmund bermain sangat bagus musim lalu. Kini, mereka berusaha menambah kekuatan. Kami harus menunggu dan melihat bagaimana performa para pemain baru mereka. Saya pikir fan Bundesliga boleh antusias menyambut musim baru karena saya juga begitu. Ini akan sangat menarik dan akan sangat menyenangkan jika kami kembali berada di puncak klasemen.”

Dari sisi mentalitas, Die Bayern memang lebih baik daripada Die Borussen. Musim lalu, Mueller dan kawan-kawan bahkan sempat tertinggal hingga sembilan poin dari Die Borussen di Bundesliga. Situasi ini membuat pelatih Niko Kovac berada di ujung tanduk. Apalagi, Muenchen juga tersingkir dari 16 besar Liga Champions.

Tapi, perlahan-lahan mereka bangkit hingga akhirnya memastikan gelar Bundesliga pada pekan terakhir. Die Bayern lalu melengkapi sukses itu dengan Piala Jerman usai menghajar RB Leipzig 3-0 di final.

Berbeda dengan Dortmund, Muenchen tak terlalu banyak berbelanja musim panas ini. Sejauh ini, Die Bayern baru merekrut duet bek tengah Benjamin Pavard dan Lucas Hernandez serta striker 19 tahun Jann-Fiete Arp. Tapi, beberapa nama lain yang sempat diincar seperti Leroy Sane, Timo Werner, dan Callum Hudson-Odoi gagal didapatkan.

Situasi ini sedikit mengkhawatirkan karena Muenchen telah melepas sejumlah pemain kunci akhir musim lalu. Selain Hummels yang kembali ke Dortmund, Die Bayern juga tidak memperpanjang kontrak tiga pemain veteran Rafinha, Arjen Robben, dan Franck Ribery. Sementara itu, James Rodriguez dipulangkan ke Real Madrid karena masa pinjamannya telah habis.

“Ini situasi yang baru buat kami semua dan saya pribadi,” ucap Mueller. “Beberapa teman lama saya telah meninggalkan klub ini dan saya menghabiskan seluruh karier saya bersama mereka. Kini, situasinya sudah berbeda dan kami semua harus bisa beradaptasi. Tapi, kami dalam kondisi bagus dalam urusan berlatih keras.”

Dengan hanya sembilan gol dan 16 assist dalam 45 laga di seluruh kompetisi musim lalu, Mueller mencatatkan statistik terburuk sepanjang karier di Muenchen. Tapi, kehadirannya di lapangan membuat serangan Die Bayern lebih mengalir. Kini, dengan perginya James, Mueller bakal mendapatkan peran lebih besar sebagai second striker.  

Mueller juga akan jadi sosok kunci di ruang ganti setelah kepergian Ribery, Robben, dan Rafinha. Pengalamannya yang seabrek akan sangat membantu para pemain baru menyesuaikan diri dalam skuat Muenchen.

Selain merekrut Pavard, Hernandez, dan Arp, Muenchen juga mendatangkan asisten pelatih baru Hansi Flick. Dia adalah mantan gelandang Die Bayern yang pernah menjadi asisten pelatih tim nasional Jerman, Joachim Loew, saat memenangi Piala Dunia 2014.

Skuat Muenchen telah terbang ke Amerika Serikat, Senin (15/7), untuk menjalani tur pramusim. Selama berada di Negeri Paman Sam, Mueller dan kawan-kawan akan memainkan tiga laga persahabatan. Mereka akan melawan Arsenal FC di Los Angeles pada Rabu (17/7), Real Madrid di Houston pada Sabtu (20/7), dan AC Milan di Kansas pada Selasa (23/7).


Baca Juga :
- Tiga Poin Muenchen atas Red Star Bukan Kemenangan Biasa
- Leverkusen Akan Maksimalkan Peluang Langka

Pelatih Kovac membawa 26 pemain ke AS termasuk beberapa pemain junior. Hanya Hernandez yang ditinggalkan di Muenchen karena tengah menjalani pemulihan usai operasi lutut. Sementara itu, Alphonso Davies masih berlibur usai membela timnas Kanada di Piala Emas. Dia baru akan bergabung dengan skuat Die Bayern, Selasa ini.*** RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Lima Klub Kampiun Bundesliga Terbanyak
Bayern Muenchen 29
Nuernberg 9
Borussia Dortmund 8
Schalke 04 7
Hamburg 6

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA