#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
ITHB Kawinkan Gelar LIMA Basketball 2019
16 July 2019 08:47 WIB
BANDUNG - Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) kawinkan gelar Kejuaraan Basket Liga Mahasiswa (LIMA) tahun ini.

Diawali oleh tim putri yang mengalahkan Universitas Telkom, 83-33 di partai final yang berlangsung di GOR Pajajaran,  Senin (15/7). Di partai final  tim putra ITHB tim yang sama,  Universitas Telkom dengan skor, 76-43.

Dengan demikian,  ITHB mendominasi percaturan boka basket di Kota Bandung. Sekaligus sebagai perguruan tinggi yang tengah melesat di olahraga tangkap bola shooting ke jaring ini.


Baca Juga :
- Bukti Nasionalisme, Messi Nyanyikan Lagu Kebangsaan Argentina, Biasanya Diam Saja
- Tak Punya Kuasa Beli Pemain, Pochettino Iri kepada Klopp dan Guardiola

Pelatih ITHB,  Johanes Cristian merass bangga dengan pencapaian prestasi tim asuhannya. Terutama di sektor putri.  Menurutnya,  gelar tersebut merupakan yang pertama dari tujuh kali keiutsertaannya di ajang Liga Mahasiswa.

"Prestasi ini jelas patut kita syukuri karena pembinaan di tim kami terbilang berhasil.  Tim putri kita padukan antara yang baru dan yang lama,  ternyata mereka bisa dan meraih gelar juara, " kata Johanes.

Baik tim putri maupun putra,  katanya,  akan dipersiapkan untuk mengikuti di kejuaraan tingkat nasional. "Ini anggap sebagai pemanasan menuju event lainnya karena tim kami juga ada yang berstatus juara bertahan," katanya.

Dengan keberhasilan ini masing-masing juara  berhak atas hadiah uang pembinaan senilai Rp 5 juta plus tropi. Sementara peringkat kedua mendapatkan Rp 4 juta dan juga tropi. LIMA sejak digulirkan pertama kalinya pada 15 Mei 2012, memiliki event yang digelar setiap tahunnya bagi kalangan mahasiswa.

Satu diantaranya yaitu basket disamping empat cabang olahraga lainnya yakni,  bulutangkis,  futsal,  renang,  golf dan sepakbola dan digelar di beberapa wilayah dan subwilayah dengan nama conference dan subconference dan sekarang telah memiliki tujuh conference,  Greater Jakarta Conference,  Wast Java,  Centrak Java & D.I Yogyakarta,  East Java,  Sulawesi,  Sumatera dan Kalimantan. Sebentar Subconference akan hadir jika LIMA menggelar lebih dari satu eveny kompetisi di satu conference.

Sementara,  basket memiliki jumlah event terbanyak yaitu,  LIMA Basketball Greater Jakarta Conference, West Java,  East Java & Central Java Specjal Region  of Yogyakarta Conference yang dibagi menjadj dua sub yakni di Yogya dan Semarang serta digelar per season setiap tahunnnya sebanyak jumlah tujuh season dengan cabang olahraga yang berbeda - beda dan juga di lokasi yang berbeda - beda.


Baca Juga :
- MU Kian Dekat dengan Pembelian Ketiga, Ini untuk Gantikan Herrera
- Wan-Bissaka Masih Pakai Nomor Lama padahal Pemilik Sebelumnya Sial di MU

Pada tahun ini,  LIMA Basketball digelar di empat regional,  Jateng,  Jabar,  Jatim dan DKI Jakarta.  Selama enam musim telah diikuti 415 Universitas,  14.003 peserta dsb 10.666 student - athlete 1.153 pertandingan.

"LIMA sudah menjadi organisasi untuk menyalurkan bakat-bakat mahasiswa di bidang olahraga,.  LIMA juga memberikan pelatihan yang tujuannya untuk membangun soft skill mahasiswa.  Hal itu sangat baik dan perlu dikembangkan. Saya berharap,  LIMA terus maju dan bisa menambah cabang olahraga lainnya yanh dapat dikompetisikan bagi kalangan mahasiswa, "kata Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Universitas Padjdajaran,  Wawan Hermawan.  *

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA