#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Menakar Area Operasi Griezmann, Ini Posisi Terbaiknya tapi Luis Suarez Tersingkir
16 July 2019 10:36 WIB
KEHADIRAN Antoine Griezmann membuat pelatih FC Barcelona Ernesto Valverde punya keleluasaan untuk membuat berbagai formasi dan strategi. Valverde akan dimanjakan dengan posisi bermain Griezmann yang sangat fleksibel. Tak heran berbagai alternatif skema permainan sudah muncul dimana-mana.

Namun, di area mana Griezmann beroperasi dengan situasi terbaik butuh pendalaman pengamatan. Inilah yang mulai dilakukan Valverde. Jika merujuk dengan gaya dia bermain dan kebiasaan para penggawa lini depan beraksi, tak terlalu sulit menakar di posisi mana Griezmann bisa optimal.

Pemain 28 tahun ini biasa bermain di posisi penyerang tengah tapi tetap sama bagusnya jika ditugaskan ke sayap kiri dan gelandang serang di belakang striker. Meski begitu, untuk posisi gelandang serang, Griezmann rasanya tak mau di tempat tersebut. Tak lain ada Lionel Messi yang menahun ada di sana.


Baca Juga :
- Ini Strategi Bali United Saat Hentikan Rekor Tira Persikabo
- Rapuh! MU Bergantung Tim Utama karena Pemain Pelapis Tak Meyakinkan, Ini Formasinya

Dengan begitu, Griezmann bisa ditempatkan melebar ke sayap tapi wajib menjelajah ke tengah hingga depan gawang lawan. Ini bisa dia lakukan saat bek lawan lagi sibuk mengurusi Messi. Griezmann bisa mengambil celah untuk masuk. Ini yang kerap diperlihatkan saat berduet dengan Diego Costa di Atletico Madrid dan Olivier Giroud di timnas Prancis.

Mencopot Philippe Coutinho lalu memasang Griezmann jadi yang paling langsung tercetus dalam benak fan Barca. Masalahnya, itu malah akan mencipatakan ketidak seimbangan karena Luis Suarez dan Messi tidak bisa terlalu banyak menjaga permainan bisa tetap mereka kontrol.

Untuk mengeliminasi situasi tersebut, Valverde bisa menempatkan Ousmane Dembele di kanan. Messi di tengah dan Griezmann di kiri. Praktiknya, Dembele tetap jadi winger tapi Messi akan turun sedikit untuk memberikan ruang kepada Griezmann. Dengan begitu, saat Jordi Alba naik, dia tak akan bertemu Griezmann di lintasannya.


Baca Juga :
- Lelang Neymar! PSG Tunggu Tawaran Terbaik antara Barca dan Madrid
- Pamer Prestasi Liga Champions, Ronaldo Merasa Lebih Baik daripada Messi

Soalnya, Griezmann sudah agak di tengah atau di tengah sekalian. Atau, saat Messi maju, Griezmann akan berada di belakang Messi dan akan dibantu oleh Frenkie De Jong. Konsekuensi tetap ada yaitu tak bermainnya Suarez dengan skema di atas. Ini yang sulit. Messi dan Suarez seperti tak terpisahkan.

Apalagi, jika Messi minta Valverde memainkan Suarez, maka skema permainan pun abam berubah lagi. Namun, Griezmann harus selalu dimainkan.*

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA