#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Prediksi PSM Vs Persebaya
17 July 2019 13:00 WIB
SURABAYA - Dua kali sudah Persebaya tampil tidak maksimal. Tim berjulukan Bajul Ijo ini kehilangan karakter permainannya yang dikenal Ngeyel, Ngosek, dan Menang (GGM). Tim baru saja ditahan 2-2 Barito Putera di kandang dan kalah melawan tim promosi PSS Sleman, Sabtu (13/7) lalu.

Di tengah tidak apiknya performa tim ini Persebaya harus menghadapi ujian berat. Yaitu, ketika bertanding melawan tim tuan rumah PSM Makassar di Stadion Mattoangin, Rabu (17/7) malam ini. Duel Persebaya dan PSM ini bukanlah pertandingan biasa. Karena kedua tim ini sudah bentrok sejak lama atau era perserikatan dulu.

Pada duel klasik musim 2018 lalu, Persebaya dan PSM saling mengalahkan. Di pertemuan pertama PSM menang di kandang 1-0. Sementara di pertemuan kedua giliran Persebaya membalas dengan kemenangan besar 3-0.


Baca Juga :
- Jangan Bicara Klenik dan Takhayul dengan Alfred Riedl
- Duel Klasik Klub Perserikatan dengan Irama Kebangkitan

Namun, pada pertemuan kali ini Persebaya diprediksi tidak bakal bisa mencuri poin dengan mudah. Karena tiga rekor kandang PSM di awal musim ini menunjukkan hasil yang luar biasa. Yaitu menang atas Semen Padang 1-0, dilanjut membantai Perseru Badak Lampung 4-0 dan terakhir kembali menang atas Bhayangkara FC 2-1.

Sebaliknya rekor tandang Persebaya cukup mengkhawatirkan. Tiga kali bermain di luar Stadion Gelora Bung Tomo, Bajul Ijo mengalami dua kekalahan dan hanya pernah menang satu kali saja ketika melawan Borneo FC dengan skor 2-1.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman menilai persiapan timnya melawan PSM Makassar sangat mepet. “Bahkan kami tidak sempat pulang ke Surabaya dulu setelah bermain di Sleman. Kami langsung berangkat ke sini,” ujar Djanur, sapaannya.

Menurut dia perjalanan udara dari Jawa Tengah ke Sulawesi Selatan juga cukup melelahkan. Dan tim baru tiba di Makassar, Selasa (16/7) malam. “Jadi sempit waktu recovery tapi kami tidak boleh menyerah,” ucap Djanur.

Sementara itu kata Djanur calon lawan yang akan dihadapi cukup superior. Karena tidak pernah kalah di kandang. “Artinya secara materi luar biasa,” kata Djanur.

Djanur kemudian menyebut beberapa nama pemain PSM yang patut diwaspadai. Seperti Wiljan Pluim, Marc Klok, dan Ferdinand Sinaga. “Banyak pemain yang saya kenal kualitasnya di atas rata-rata,” kata pelatih asal Majalengka ini.

Meski demikian Djanur menegaskan timnya akan tetap bermain secara fight di Stadion Mattoangin nanti. “Walaupun sekali lagi PSM sedang on fire, tapi kami coba untuk meraih poin di sini. Bahkan kami coba untuk raih tiga poin,” kata Djanur.

Pada pertandingan nanti Persebaya dipastikan tidak akan diperkuat kapten tim Ruben Sanadi dan bek timnas Hansamu Yama. Meski demikian Persebaya masih memiliki tenaga fresh lain yang baru kembali ke tim. Mereka adalah Amido Balde, Elisa Basna dan Rachmat Irianto.

Rachmat Irianto yang bakal diplot untuk menggantikan Hansamu Yama sendiri menegaskan sudah siap bermain untuk tim. “Kami sudah melupakan kekalahan di Sleman dan fokus untuk pertandingan besok (hari ini),” ujar Rachmat.

Terpisah, pelatih PSM Darije Kalezic menyatakan timnya akan menghadapi calon lawan yang tangguh setelah sebelumnya melawan Bhayangkara FC. “Sejauh ini Persebaya sudah menunjukkan performa yang bagus. Kami tahu kualitas Persebaya. Kami memberikan respek atas hal tersebut,” ujar Darije.

Meski mengakui kekuatan calon lawan, Derije juga percaya dengan kualitas permainan timnya. “Kami berharap membuat perbedaan dalam hal positif, semua fit dan semuanya siap untuk bermain,” kata Darije.

Sayangnya pada pertandingan nanti, PSM tanpa diperkuat kiper utama Rivky Mokodompit. “Rivky masih ada sedikit masalah yang mengganggu. Ada masalah dan kami tidak mau mengambi risiko dengan yang dihadapi,” ucap pelatih asal Negara Balkan ini.

Bek PSM Aaron Evans menambahkan timnya sangat menantikan pertandingan melawan Persebaya. Ditanya tentang striker lawan Amido Balde, Evans menjawab akan menjadi tantangan bagi dia dalam pertandingan nanti. “Saya memberikan selamat untuk hattrick dia. Tapi dia cetak hattrick bukan lawan PSM,” kata Evans.


Baca Juga :
- Djadjang Nurdjaman Pelatih Baru Barito Putera
- Alasan Robert Alberts Kenapa Persib Kalah dari PSM

Evans juga mengatakan timnya sudah melakukan analisis terhadap permainan Persebaya. “Kami sudah lakukan analisis dari tim kami dan mereka. Kami pastikan lawan tidak bisa mendominasi seperti laga sebelumnya,” ucap Evans.***MUHAMMAD BAHRUL MARZUKI

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA