#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Magnet Besar Maguire dan De Ligt
17 July 2019 04:01 WIB
BAGAIMANA jika sebuah klub menyatukan Harry Maguire, Matthijs De Ligt, dan Virgil Van Dijk. Semua pelatih klub Eropa tentu akan sangat senang jika bisa memiliki ketiganya sekaligus. Ketiganya adalah generasi bek modern saat ini yang dinilai dalam performa terbaik pada karier mereka. Karena itu, beruntunglah Manchester United (MU) yang berhasil mendapatkan Maguire, begitu pula dengan Juventus yang akan selangkah lagi resmi mendapatkan bek Ajax, De Ligt. Dan, tentu, beruntung pula Liverpool yang sejak dua musim lalu sudah merasakan performa Van Dijk.

De Ligt dan Maguire kini telah berhasil mencatatkan nama mereka sebagai bek terbaik dalam sepak bola. Dengan performa mereka sepanjang musim lalu, nilai transfer keduanya pun menjadi perhatian. Maguire ke MU dengan nilai transfer sekitar 80 juta paun atau sekitar Rp1,39 triliun. De Ligt  nilai transfernya berkisar 65 juta paun. Selain kedua pemain ini, ada pula sosok Lucas Hernandez yang bergabung ke Bayern Muenchen. Hernandez meninggalkan Atletico Madrid dengan nilai transfer 75 juta paun.

Mercato musim ini memang lebih mudah bagi para pemain belakang untuk berganti klub. Namun, tidak demikian dengan para penyerang dan gelandang. Kebutuhan pemain belakang tampaknya memang menjadi tren bagi sejumlah klub besar Eropa. MU sudah tertarik terhadap Maguire bahkan sejak awal musim lalu namun baru kini keinginan mereka terealisasi. Dan, Leicester City kembali menjadi pemenang dari mercato dengan mendapatkan keuntungan besar dari melepas Maguire ke Tim Setan Merah.


Baca Juga :
- Menguji Kekuatan The Gunners
- Analisis Dua Pekan Pertama

Musim lalu, Maguire nyaris tidak  pernah melakukan kesalahan , bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan Van Dijk. Maguire masuk radar MU bahkan jauh sebelum dia bergabung ke Leicester, tepatnya sejak kariernya di Sheffield United. Alex Ferguson bahkan pernah menyarankan agar MU membeli Maguire. Harganya saat itu Cuma  4 juta paun. De Ligt bagi Juventus akan menambah kekuatan yang lebih segar di pertahanan. Kehadiran De Ligt akan menutup celah Juventus yang kemungkinan terjadi. Maklum, usia Giorgio Chiellini memang tidak muda lagi.


Baca Juga :
- MU Harus Membuat Pogba Bahagia
- Inter, Peluang Terbaik Sanchez

Karena itu, De Ligt akan membuat pertahanan Juventus makin kokoh karena tidak lagi terdiri dari bek tua. Chiellini sudah 34 tahun sedangkan Leonardo Bonucci 32 tahun. Tentu saja, mendatangkan bek baru seperti De Ligt ketika dua pemain tersebut sudah begitu berumur termasuk telat. Namun, selalu sulit mendapatkan bek tangguh. Itu pula yang menyebabkan mengapa nilai transfer kedua pemain ini menjadi tinggi.

Ketika Liverpool mendatangkan Van Dijk dari Southampton, banyak yang menilai bahwa harga Van Dijk yang sebesar 75 juta paun tterlalu besar. Tapi, yang dikeluarkan Liverpool untuk mendapatkan pemain asal Belanda ini tidaklah sia-sia karena mereka mampu meraih gelar Liga Champions dan menjadi pesaing utama Manchester City di Liga Primer.*Irfan Sudrajat
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA