#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Sempat Minta Garansi ke Presiden Jokowi, Osvaldo Haay Tetap Yakin Jadi PNS lewat Jalur Tes
17 July 2019 13:10 WIB
SURABAYA - Jika kebanyakan pemain muda timnas direkrut jadi anggota TNI dan Polri, tidak demikian dengan penyerang Persebaya Osvaldo Haay. Valdo sapaan akrabnya memiliki cita-cita yang sederhana saja. Yaitu, bisa mengenakan seragam PNS setelah tidak lagi aktif di sepak bola nanti.

Dan keinginan untuk jadi PNS tersebut sudah dilakukan oleh Valdo. Awal bulan Juli ini dia sempat absen pada saat Persebaya menghadapi Persib Bandung. Saat itu dia memilih pulang ke Jayapura untuk mengikuti tes CPNS.

Sebenarnya itu bukanlah usaha pertama Valdo. Dia bahkan pernah sempat meminta garansi ke Presiden Joko Widodo secara langsung usai membawa timnas U-22 juara Piala AFF U-22 2018 lalu.


Baca Juga :
- PSS Siap Adu Garang dengan PSM di Maguwoharjo
- Djadjang Nurdjaman Pelatih Baru Barito Putera

Ketika itu Osvaldo bersama dengan pemain timnas lainnya kebetulan diundang ke Istana Negara. “Jadi mungkin mau minta kita rekomendasi pak, rekomendasi karena sudah tinggalkan kuliah lama. Dan mungkin kalau bisa Pak, PNS,” kata Osvaldo seperti dilansir website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Kepada TopSkor kemudian Valdo bercerita bahwa cita-cita jadi PNS ini sudah sejak lama berbarengan dengan aktivitasnya bermain bola. “Untuk masa depan saja. Karena tidak bisa juga bermain bola selamanya,” jelas pemain bernomor punggung 20 ini.

Valdo mengatakan keinginannya jadi PNS ini juga tidak terlepas dari sosok ayahnya Eddy Haay. Sebab, ayahnya adalah seorang PNS di Papua yang bertugas di Dinas Pekerjaan Umum.

Karenanya Valdo kemudian kuliah juga di Universitas Cendrawasih sambil bermain bola. “Ambil jurusan manajemen. Sudah masuk semester akhir juga ini,” katanya lantas tertawa.

Sebenarnya juga Valdo mengaku ada tawaran seperti pemain muda timnas lain, yaitu untuk berseragam menjadi tentara atau polisi. "Tapi saya tidak terlalu suka yang berbau militer," kata Valdo.

Jika memang nanti resmi jadi PNS, Valdo mengatakan tidak akan lantas langsung meninggalkan dunia sepak bola. Sebab, dia akan meminta izin ke kantornya nanti. Dan itu dianggap sudah banyak contohnya.


Baca Juga :
- Ryota Kajikawa Disebut Akan Gantikan Pavel Smolyachenko di Arema
- Persija Akan Rekrut Kakak Kandung Pemain Atletico Madrid Saul Niguez?

Valdo optimistis bisa diterima sebagai abdi negara tersebut. Karena nilainya saat mengikuti tes lumayan bagus. "Tapi belum tahu juga pengumumannya bagaimana," kata Valdo.

Sebelum mengikuti ujian itu kata Osvaldo dirinya betul belajar secara serius. Banyak buku soal tes CPNS dia beli dan kemudian dipelajari. “Tidak terlalu sulit. Jadi saya tidak terlalu lama menjawab,” ucap Valdo.*M.B.MARZUKI

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA