#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Jalan Terjal Dua Tunggal Putra Andalan
17 July 2019 13:15 WIB
JAKARTA – Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie langsung dihadapkan pada jalan terjal dalam upaya mereka melangkah jauh di Blibli Indonesia Terbuka 2019. Usai mengawali laga pertama dengan baik, Selasa (16/7), kedua tunggal putra Indonesia itu akan tampil lagi di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (18/7).

Anthony yang hadir sebagai unggulan ketujuh akan menghadapi wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen. Secara peringkat dan rekor pertemuan, pebulu tangkis asal Jawa Barat (Jabar) ini lebih unggul. Saat ini, Anthony menempati peringkat kedelapan dunia, sedangkan lawan di urutan ke-18.

Berdasarkan catatan petemuan, Anthony juga mendominasi dengan mengantongi tiga kemenangan dari lima laga sebelumnya. Namun, yang perlu menjadi catatan, pada pertemuan terakhir di Prancis Terbuka, 2018, Anthony harus mengakui kehebatan Wangcharoen dengan 20-22, 12-21.


Baca Juga :
- Selalu Ada yang Baru di Indonesia Open
- Hasil Lengkap Final Indonesia Open 2019

Anthony pun memprediksi, lawan bakal lebih percaya diri. “Saya memetik banyak pelajaran dari pertandingan terakhir dengannya. Saya harus siap bermain capek sebab Wangcharoen merupakan pemain yang ulet dan pekerja keras,” ujar pebulu tangkis 23 tahun itu kepada wartawan, kemarin.

Tampil di Istora, Anthony sejatinya punya modal lebih jelang pertemuan dengan Wangcharoen. Ini karena ia pernah mengalahkan Wangcharoen di Indonesia Masters 2018, dengan dua gim langsung 21-11, 21-14. Kemenangan tersebut turut mempermudah jalan Anthony mengangkat trofi di lokasi ini.

Namun, pada babak pertama, Anthony memenangi pertandingan dengan susah payah. Pebulu tangkis kelahiran 11 Mei 1996 itu lebih dulu tertinggal sebelum mengalahkan wakil Cina, Lu Guangzu, 20-22, 23-21, dan 21-18. Di sisi lain, Wangcharoen menunjukkan Kanta Tsuneyama, 21-19, 19-21, dan 21-17.

Pada pertandingan lain, Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, melaju usai mengalahkan pemain Denmark, Rasmus Gemke, 21-17, 24-22.  Selanjutnya, unggulan keenam tersebut akan meladeni Hand Kristian Vittinghus, yang kemarin mengandaskan wakil Taiwan, Wang Tzu Wei dengan skor 21-16, 21-18.

Meski lebih diunggulkan, Jojo tak ingin meremehkan karena lawan lebih berpengalaman. Apalagi, laga Kamis (18/7) nanti akan jadi pertemuan pertama. “Vittinghus tidak mudah dimatikan, juga memiliki pertahanan bagus. Dengan status unggulan, saya memang dapat keuntungan tapi jangan terlena,” ujarnya.

Untuk sektor tunggal putra, Indonesia masih memiliki Tommy Sugiarto dan Yehezkiel Fritz Mainaky. Namun, keduanya baru memulai perjalanan di Indonesia Terbuka, hari ini. Pada babak pertama, Tommy akan bertemu unggulan kelima, Cheng Long. Yehezkiel akan menghadapi wakil Hong Kong, Kee Cheuk Yiu.


Baca Juga :
- Taklukkan Senior Sendiri, Marcus/Kevin Pertahankan Gelar Indonesia Open
- Hasil Lengkap Hari Kelima Indonesia Open 2019

Tommy harus waspada karena dirinya selalu kesulitan saat menghadapi Chen Long. Bayangkan, dari 12 pertemuan, pebulu tangkis 31 tahun itu tercatat hanya satu kali meraih kemenangan. Itu pun terjadi pada Indonesia Terbuka, 2013, di mana putra Icuk Sugiarto tersebut menang dengan 21-11, 21-18.

Setelah pertemuan itu, Tommy tak pernah menang atas mantan pemain nomor satu tersebut. Kali terakhir, pebulu tangkis yang kini menempati peringkat ke-20 dunia itu kalah dari Chen Long di Jepang Terbuka, 2018, dengan skor 21-12, 17-21, dan 14-21. Tommy berharap memperbaiki rekor pertemuan.*MUHAMMAD RAMDAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA