#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Arti Besar Maguire Buat MU
17 July 2019 13:25 WIB
MANCHESTER – Untuk memiliki tim yang solid, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperkuat lini belakang. Itu yang dilakukan pelatih Josep “Pep” Guardiola ketika pertama kali mendarat di Etihad, medio 2016 lalu. Bek-bek mahal seperti John Stones, Ederson Moraes, Kyle Walker, Benjamin Mendy, hingga Aymeric Laporte. Hal serupa dilakukan juru taktik Liverpool FC Juergen Klopp.

Virgil Van Dijk dan Alisson Becker didatangkan demi memperkuat pertahanan. The Reds harus mengeluarkan hampir 150 juta paun (setara Rp2,59 triliun) hanya untuk dua pemain tersebut. Bahkan, mereka menjadikan Van Dijk sebagai bek termahal di dunia ketika memboyongnya dengan banderol 75 juta paun dari Southampotn FC, Januari 2018 lalu. Hasilnya tidak sia-sia.

Liverpool sukses menjadi kampiun Liga Champions 2018/19. Man. City mendominasi kompetisi domestik Inggris. Semua itu tentu saja tidak lepas dari andil besar para pemain belakang. Skenario dua rivalnya tersebut kini coba diikuti Manchester United FC (MU). Pelatih Ole Gunnar Solskjaer fokus melakukan pembenahan total dan semua itu dilakukan dari lini pertahanan.


Baca Juga :
- Tak Ada Pengganti Lukaku, Juragan MU Menolak Belanja Striker
- Besok, Inter dan MU Selesaikan Kebuntuan Soal Gaji Sanchez

Ia telah merekrut bek kanan Aaron Wan-Bissaka, akhir Juni lalu. Kecepatannya diyakini Solskjaer akan vital bagi Setan Merah. Meski untuk memboyong pemain 21 tahun itu dari Crystal Palace FC, MU harus merogoh 50 juta paun. Selanjutnya, Solskjaer ingin mendaratkan Harry Maguire di Old Trafford. Kabar terakhir menyebutkan bek tengah 26 tahun itu akan segera menjalani tes medis untuk merampungkan transfernya.

Leicester City FC akhirnya siap melepas Maguire setelah berusaha menahannya dengan mematok harga tinggi. The Foxes diketahui telah menerima tawaran MU yang mencapai 80 juta paun setelah Man. City mundur dari persaingan merekrut pemain timnas Inggris itu. Dengan banderol tersebut, maka Maguire dipastikan bakal mengambil status Van Dijk sebagai pemain belakang termahal di dunia.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ia akan mampu mereplikasi pengaruh besar Van Dijk untuk Liverpool dan menjadi pemain tepat bagi MU? Tentu publik masih harus menunggu lebih lama untuk jawaban pertanyaan tersebut karena Maguire belum resmi menjadi pemain Setan Merah. Jika pun akhirnya bergabung, semua akan bergantung bagaimana strategi Solskjaer nantinya.

Namun, jika melihat dan membandingkan statistik kedua pemain di Liga Primer musim lalu (lihat data), Maguire berpotensi besar menjadi sosok sentral di lini pertahanan MU seperti halnya Van Dijk di Anfield. Eks pemain Hull City AFC ini tangguh dalam duel udara dan piawai membangun serangan dari belakang. Ia juga punya ketenangan serta mampu membaca permainan dengan baik. Semua atribut itu ada dalam diri Van Dijk.

“Itu alasan MU dan juga Man. City ingin mendapatkannya. Maguire adalah salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini,” ujar mantan rekan dan bek kanan Leicester Danny Simpson. “Dia terus berkembang dan memiliki kemampuan menjadi pemimpin tim. Di mana pun Maguire bermain, dia akan memberikan dampak positif.”       

Solskjaer sendiri tampak siap menyambut Maguire. Ia mengatakan bahwa klub akan melepas satu bek tengah untuk menjaga komposisi. Saat ini MU memiliki enam pemain di posisi tersebut; Victor Lindeloef, Phil Jone, Chris Smalling, Eric Bailly, Marcos Rojo, dan Axel Tuanzebe. “Ya, tentu kami harus membatasi opsi. Siapa pun yang tampil baik sepanjang pramusim akan menjadi bagian dari tim ini pada 2019/20,” kata Solskjaer.*** 

Komparasi Harry Maguire vs Virgil Van Dijk
(Liga Primer 2018/19)

Harry MAGUIRE (Bek, 194 cm, 26 tahun)
Total laga: 31
Starter: 31
Menit bermain: 2.599

Tekel: 31
Tekel sukses: 55%
Intersep: 37
Recovery: 195
Clearance: 152
Menang duel udara: 118

Operan: 1.747
Operan panjang sukses: 191
Assist: 0
Gol: 3


Virgil VAN  DIJK  (Bek, 193 cm, 28 tahun)
Total laga: 38
Starter: 38
Menit bermain: 3.385


Baca Juga :
- Martial Lebih Cepat dalam Menorehkan 50 Gol
- Prediksi Susunan Pemain Liverpool vs Arsenal: Lini Tengah Berubah

Tekel: 38
Tekel sukses: 74%
Intersep: 40
Recovery: 193
Clearance: 199
Menang duel udara: 181

Operan: 3.037
Operan panjang sukses: 203
Assist: 2
Gol: 4
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA