#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Pemain Persib Absen Bergiliran, Kali Ini Jupe dan Malisic, Pelatih Alberts Harus Putar Otak
18 July 2019 14:12 WIB
BANDUNG – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mulai pusing dengan fenomena yang terjadi pada timnya saat ini. Sebab, setiap kali menghadapi pertandingan Liga 1 2019, skuatnya tidak pernah utuh. Satu sampai dua pemain selalu menepi silih berganti akibat hukuman akumulasi kartu atau cedera.

Seperti yang terjadi saat ini. Setelah tanpa striker Ezechiel N'Douassel dan gelandang Rene Mihelic saat menjamu Kalteng Putra, pekan berikutnya saat tandang lawan PSIS Semarang,  Minggu (21/7), Maung Bandung kembali harus tampil minus dua pemain. 

Tidak tanggung-tanggung,  pemain yang akan absen adalah dua pilar utama lini belakang, Bojan Malisic dan Achmad Juprianto. Ini belum termasuk kiper Muhammad Natshir Fadil yang harus istirahat panjang akibat cedera tulang kering. Robert menilai timnya memang tidak dalam posisi beruntung. Namun, seperti biasa ia tetap tenang menyikapinya.


Baca Juga :
- Cerita Beckham Putra Nugraha saat Membela Merah Putih Kali Pertama, Ada Tangisan
- Krisis Pemain, Persib Hanya Andalkan Esteban Vizcarra di Depan saat Tandang ke Lampung

“Jufriyanto dan Malisic terkena akumulasi kartu kuning. Jadi, setelah pekan lalu mencari pengganti N’Douassel dan Mihelic, kini kami juga harus menyeleksi pemain yang tepat untuk menggantikan Jufriyanto dan Malisic lawan PSIS,” kata Robert, Rabu (17/7).

“Jujur, saya tidak menyukai kondisi ini karena kami seharusnya bisa tampil full team. Kini saya harus merotasi pemain setiap laga. Apalagi kartu merah Malisic saat lawan Kalteng Putra terjadi karena wasit tidak terlalu tampil bagus malam itu," ia menambahkan.

Kendati begitu, pelatih asal Belanda tersebut tetap fokus melatih tim agar bisa mencuri poin di kandang PSIS. Robert ingin anak asuhnya nanti kembali bermain gemilang meski pincang. "Saya senang melihat penampilan pemain lawan Kalteng Putra. Tanpa pilar utama macam N’Douassel, Mihelic, dan Natshir, kami tetap unggul,” ujar Robert.

Pelatih 64 tahun itu juga mengaku suka melihat performa Febri Hariyadi yang mempersembahkan dua gol kemenangan Maung Bandung. “Itu gol yang sangat penting buat kami. Jadi pertandingan sebelumnya maupun akan datang, terpenting adalah cetak gol dan tiga poin, tidak masalah soal cara kami bermain," Robert menambahkan.

Menurut mantan pelatih PSM Makassar itu, saat ini situasi sangat mendesak. "Untuk itu saya berharap di kandang PSIS pemain bisa tampil seperti saat menaklukkan Kalteng Putra," Robert menegaskan lagi.

Dengan absennya Jufriyanto dan Malisic, artinya tinggal tiga pemain belakang yang tersisa dan siap bangkit dari bangku cadangan. Mereka adalah Henhen Herdiana, Indra Mustafa, serta Saepuloh Maulana. 

Tetapi,  keputusan ada di tangan Robert. Ia bisa memberi kesempatan kepada ketiganya atau merotasi posisi pemain inti seperti menggeser Supardi,  Hariono, dan Ardi Idrus untuk menopang lini belakang. Robert belum memutuskan dan memastikan strategi yang  diterapkannya nanti.

Hanya, ia tetap berharap, kemenangan atas Kalteng Putra jadi modal besar menghadapi PSIS. "Kami harus akui usai kehilangan pemain utama, tim pasti kurang seimbang. Untuk menyiasatinya dan yang sangat penting adalah kami terus bekerja mengatasi hal itu. Yang jelas kami butuh pemain yang bisa mencetak gol, " kata Robert.

Ia juga bersyukur karena ketika timnya kehilangan pemain, selalu ada andalan lain yang sebelumnya absen kembali bisa tampil. "Seperti Esteban Vizcarra, saya senang dia sudah mulai padu,” Robert menuturkan.


Baca Juga :
- Kesan Pemain Asing Baru Persib
- Gelandang Persib Hariono Dihukum Satu Pertandingan

Ketika melawan Persija, Vizcarra bermain sebentar. Melawan Kalteng Putera ia main penuh. “Kami bisa membuat perubahan di lini tengah dan memang butuh pemain yang bisa berada dalam posisi yang pas untuk mencetak gol, " ucapnya.

Persib dijadwalkan bertolak ke Magelang Kamis (18/7) ini. Pemain yang akan diboyong Robert meladeni Mahesa Jenar, berdasarkan informasi yang diperoleh TopSkor,  tidak akan jauh berbeda dengan yang pernah diboyong ke Surabaya dan Jakarta.*Arief Nugraha K

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA