#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kabar Buruk Datang dari Timnas U-16
18 July 2019 13:58 WIB
BOGOR - Timnas Indonesia U-16 kembali menelan hasil minor dalam laga uji coba pada pemusatan latihan (TC) terakhir menjelang Piala AFF U-15 2019 di Thailand. Pasukan Bima Sakti itu harus takluk 0-3 dari Tira Persikabo U-16 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Padjadjaran, Bogor, Selasa (16/7) kemarin.

Ironisnya hasil buruk ini menjadi kekalahan kedua yang diderita tim Garuda Muda selama melakukan TC di Bogor. Sebelumnya, timnas U-16 juga menelan kekalahan 0-1 dari PPLPD Kabupaten Bogor di Stadion Mini Cibinong, Jumat (12/7) lalu.

Memang jika dilihat dari permainannya tim Garuda Muda masih terbilang canggung dalam bermain. Sebut saja setiap memiliki peluang untuk mencetak gol, tidak jarang pemain lini tengah dan lini serang kerap tidak sinkron dalam menyelesaikan kesempatan.


Baca Juga :
- Vamos Indonesia Kirim 19 Pemain ke Spanyol, SSB Asal Kecipratan Untung
- Si Kribo Tak Canggung Latihan bareng Timnas Senior, Simon Terkesan

Selain itu, organisasi lini pertahanan yang kurang baik dalam laga uji coba kala menjamu  Tira Persikabo U-16 juga menjadi sorotan tajam bagi sang pelatih, Bima Sakti Tukiman. Namun dirinya tetap optimistis bahwa ke depan dapat mengubah timnas U-16 menjadi kekuatan tim yang solid.

“Memang secara hasil uji coba beberapa pertandingan ini, kami kecewa dengan kekalahan. Artinya kami belum bisa tampil baik. Akan tetapi, kami masih memiliki waktu sampai Selasa (23/7) pekan depan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimiliki," kata Bima.

“Evaluasi ada di lini pertahanan. Sebenarnya kami sudah bagus ketika menyerang, namun kerap para pemain kurang fokus saat adanya serangan balik,” ucapnya.

Sementara, asisten pelatih timnas U-16, Indriyanto Nugroho menyatakan tim kepelatihan sudah memberikan beberapa latihan untuk memperbaiki kesalahan tersebut. “Latihan hari ini (kemarin) tidak terlalu berat artinya intensitas latihan kami kurangi, tetapi tetap fokus untuk membenahi kelemahan-kelemahan yang terjadi selama uji coba kemarin,” ucap Indriyanto.

“Materi awal kami membagi empat tim untuk bermain voli kaki, hal ini tentu untuk menumbuhkan kekompakan, kerja sama, skill, fokus serta komunikasi antarsesama tim menjadi terbiasa.”

Setelah itu, Bima memberikan latihan pemahaman taktikal dan juga pembenahan lini pertahanan. “Semua evaluasi sudah dijelaskan dan dipraktikkan dengan baik dari latihan hari ini (kemarin), semoga melawan Kabomania nanti pemain bisa mengaplikasikan apa yang sudah diberikan oleh tim kepelatihan dan mereka memberikan peningkatan dari cara bermain. Termasuk skema mereka dalam menjaga pertahanan dan menyerang,” ujar Indriyanto.


Baca Juga :
- Bagus-Beto Langsung Klop hingga Simon Tak Izinkan Pemain Kembali ke Klub
- ISEF Tampilkan Wajah Milenial PSSI

Timnas U-16 akan menjalani uji coba ketiganya atau terakhir dengan menjajal kekuatan Kabomania, Kamis (18/7). Setelah itu, tim Garuda Muda akan bertolak ke Chonburi, Thailand pada 24 Juli mendatang.*NIZAR GALANG GANDHIMAR

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA