#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Barca Bertaruh pada Umtiti dan Todibo
18 July 2019 13:31 WIB
BARCELONA – Ketika 2018/19 berakhir, rencana FC Barcelona sudah sangat jelas. Mereka menginginkan satu penyerang, satu gelandang, satu bek tengah, dan satu bek kiri. Nama target pun sudah mereka kantongi. Antoine Griezmann, Frenkie De Jong, Matthijs de Ligt dan Junior Firpo. Dua nama terdepan berhasil mereka dapatkan tapi dua lainnya lepas.

De Ligt yang nyaris mereka gaet memilih Juventus FC dan resmi diumumkan Selasa (16/7). Padahal Barca melakukan penjajakan hampir sebulan lamanya dengan kapten AFC Ajax tersebut dan sudah mendapat kesepakatan verbal, yang pada akhirnya  batal. Barca berniat memplot De Ligt sebagai pesaing di jantung pertahanan yang dihuni Gerard Pique dan Clement Lenglet.

Setelah gagal membujuk De Light, klub Katalunya itu lalu beralih ke bek Manchester United, Victor Lindeloef. Namun, ditolak mentah-mentah kub berjulukan Setan Merah itu. Sekarang, Barcelona pun mulai pasrah mengingat pramusim sudah dimulai sejak 14 Juli. Sementara pelatih Ernesto Valverde berniat mematangkan proyeknya dengan komposisi pemain yang jelas. 


Baca Juga :
- Soal Neymar, Peluang Barca Menipis
- Akibat Tur Komersial Barca di Pramusim

 Memaksimalkan stok bek yang ada tampaknya menjadi hal yang paling realistis saat ini. Apalagi keuangan klub pun belum “sehat” lantaran harus mengeluarkan dana 120 juta euro dalam bentuk kontan untuk pembelian Antoine Griezmann. Sementara penjualan pemain baru menghasilkan 106 juta euro lebih. Total musim panas ini mereka telah merogoh kocek hingga 237 juta euro lebih.

Di stok bek sendiri, Barcelona masih memiliki Samuel Umtiti dan Jean Clair Todibo. Kualitas Umtiti sebenarnya tak perlu dipertanyakan karena saat tiba di Barca pada 2016 lalu berhasil mendapat kepercayaan pelatih sebagai starter. Namun, cedera lutut parah telah membuat performanya menurun sehingga digeser Lenglet. Musim ini, Barca berharap kondisi bek 25 tahun itu bisa lebih baik.

Sementara Todibo,  bek 19 tahun asal Prancis belum benar-benar teruji kemampuannya karena didatangkan pada Januari 2019. Namun banyak yang percaya potensi yang dimiliki mantan FC Tolouse itu bisa mengejutkan. “Dia memiliki banyak potensi dan beradaptasi dengan baik pada ide-ide permainan, jadi mungkin ini tahunnya dia jika menanggapi tuntutan menit darinya,” ujar salah satu orang di bagian departemen olahraga Barcelona.

Untuk bek kiri, setelah belum menemukan kata sepakat dengan Real Betis terkait Firpo, Barca akhirnya membeli kembali Marc Cucurella dari SD Eibar dengan harga 4 juta euro. Sejatinya, Barca masih membutuhkan satu bek kiri lagi sebagai pilihan ketiga. Itu karena Jordi Alba musim lalu nyaris tanpa istirahat lantaran tidak adanya pelapis

Musim lalu karena tidak adanya stok, Nelson Semedo yang berposisi sebagai bek kanan terpaksa diplot menjadi alternatif Alba. Skenario sama mungkin akan kembali diterapkan mengingat pemain Portugal tidak akan dilepas Barca meski banyak peminatnya.

Sementara Cucurella sebenarnya tak ingin kembali ke Barca karena menikmati perannya bersama Eibar. Pemain 20 tahun itu dipermanenkan Eibar musim panas ini sebesar 2 juta euro setelah tampil vital dan jadi andalan tim. Pelatih Eibar, José Luis Mendilibar, mampu mengeluarkan potensi terbaiknya. Bahkan AC Milan dan Borussia Dortmund sempat mengincarnya.*** DINI WULANDARI/CR5 DARI BERBAGAI SUMBER

 


Baca Juga :
- Pembaruan Awal Barca Kacau
- Kesempatan Emas Griezmann, Bilbao Korban Favorit sang Penyerang Anyar Barca

 
 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA