#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Seperti Apa Sih Sosok Ketua Umum PSSI yang Ideal?
18 July 2019 11:30 WIB
JAKARTA – Kursi ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) saat ini tengah kosong. Rangkaian proses mencari ketua umum akan dimulai pada Kongres Luar Biasa (KLB) pada 27 Juli mendatang. Lantas, seperti apa sih sosok ketua umum yang ideal bagi PSSI?

“Jika melihat ke belakang, dalam 10 tahun terakhir, PSSI kita ini selalu konflik dan masalah saja. Begini-gini terus tanpa ada perkembangan,” ujar Amal Ganesha, direktur eksekutif Ganesport Institute. Amal yang resah dengan kondisi persepakbolaan di Indonesia lantas melakukan riset bersama timnya.

Ganesport Institute sendiri merupakan wadah pemikir (think-tank) manajemen dan kebijakan olahraga pertama di Indonesia. Riset yang dilakukan Ganesport pun merangkum sosok ideal yang dapat memajukan sepak bola Indonesia, berdasar dari sebuah studi yang melibatkan para ahli tata kelola olahraga di seluruh dunia.


Baca Juga :
- Indra Sjafri dan Ketengilannya Saat Konferensi Pers Jelang Semifinal SEA Games 2019
- Yoo Jae Hoon Klarifikasi Kabar Shin Taeyong yang Didekati Klub Cina

Ganesport mengirim survei kepada para ahli dan praktisi tata kelola olahraga di seluruh dunia dan mendapat respon sebanyak 23 responden yang tersebar di Eropa, Amerika, Asia, Oseania dan termasuk Indonesia.

Dan, berdasarkan survei, Ganesport pun menyimpulkan, calon pemimpin PSSI hendaknya memiliki 7 atribut. “Dari hasil riset, kami dapatkan kriteria calon ketua umum PSSI hendaknya berintegritas, jauh dari politik, sukses (kemampuan kepemimpinan dan manajerialnya teruji), sangat senior, paham sepak bola, independen, dan jago diplomasi,” ucap Amal.

Satu atribut ditolak oleh para responden yang merespon survei Ganesport. Atribut tersebut adalah, calon ketua PSSI harus kaya raya, mengingat para ketua PSSI sejatinya tidak mendapatkan gaji karena bertindak layaknya voluntir.


Baca Juga :
- Motivasi PSSI Hubungi Ruud Gullit
- Belum Selesai dengan Shin Taeyong dan Luis Milla, PSSI Malah Dekati Ruud Gullit

“Kami memiliki dugaan bahwa seorang ketua PSSI itu harus kaya raya. Tapi ternyata dugaan tersebut ditolak oleh banyak ahli. Jadi, untuk menjadi ketua PSSI ternyata tidak harus kaya raya,” papar Amal.

Jadi, berdasarkan paparan riset yang dilakukan oleh Ganesport Institute, ketua umum PSSI yang ideal harus memiliki 7 atribut. Ketujuh atribut tersebut adalah: berintegritas, jauh dari politik, sukses (kemampuan kepemimpinan dan manajerialnya terujii), sangat senior, paham sepak bola, independen, dan jago diplomasi. ***

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA