#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Cantiknya Jembatan Rumpiang, Menpora Gagasi Tour de Barito
22 July 2019 19:50 WIB
MARABAHAN – Kota Marabahan, Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, tampak sunyi. Tapi, dibalik ketenangannya, kota tersebut memiliki destinasi yang cantik. 

Kecantikan itu dapat dilihat dengan berdirinya Jembatan Rumpiang. Jembatan ini menghubungkan Kota Marabahan dengan kota Banjarmasin. Jembatan sepanjang 753 meter itu membentang di atas Sungai Barito.

Kini jembatan yang dibangun pada 2003 itu menjadi salah satu landmark atau ikon kota Marabahan dan kebanggan warga Kalimantan selatan. Jembatan Rumpiang juga menjadi salah satu jembatan terpanjang di Kalimantan dan di Indonesia. 


Baca Juga :
- Vijaya Fitriyasa Ingin Bawa Persis Solo Jadi Super Klub
- Kemenpora dan PB FORKI Diminta Tidak Berpihak Soal Sengketa Lemkari

Kencantikan jembatan tersebut membuat Menteri Pemuda dan Olaharaga Imam Nahrawi kepincut. Dia pun menantang Bupati Kabupaten Barito Kuala untuk membuat Tour de Barito. 

Ia menyebut Batola cukup menjanjikan,  karena berada di tepi alur sungai Barito. Dirinya berharap, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala lebih giat lagi mengajak masyarakat berolahraga dengan bersepeda.

“Harus ada terobosan. Ini bisa jadi destinasi olahraga. Suatu waktu harus ada event sekelas ‘Sport Tourism’, misalkan namanya Tour de  Barito,” kata Imam Nahrawi saat melepas Gowes Nusantara etafe Batola, Sabtu (20/7).

Didampingi Sekdaprov Kalsel, H Abdul Haris dan Bupati Batola Noormiliyani, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengungkapkan rasa bangga atas animo masyarakat yang cukup tinggi mengikuti kegiatan tersebut.

Gowes dengan tema dengan tema 'Kita Semua bersaudara', kata Imam Nahrawi jadi awalan untuk langkah besar. Siapa tahu kedepan orang pergi ke kantor dengan bersepeda. Bukan hanya mengurangi polusi dan kemacetan, tapi juga membuat masyarakat menjadi hidup sehat.

“Dengan cara-cara seperti itu sebuah daerah akan tumbuh dan mengundang daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing," ujarnya.

"Tempat dan fasilitas di sini cukup memadai. Mari kita dorong Batola menjadi salah satu destinasi wisata olahraga. Kecantikan Jembatan Rumpiang bisa dijual,” ujar Imam Nahrawi.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Sekda H Abdul Haris mengapresiasi gelar Gowes Nusantara yang dinisiasi Kemenpora bekerja sama dengan pihak terkait.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, sebut Haris juga sangat terkesan dengan tema Kita Semua bersaudara. Tema tersebut, sebutnya, selaras dengan kearifan rakyat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai- nilai persaudaraan.


Baca Juga :
- Polemik Berakhir! KPAI Cabut Surat, Audisi Bulutangkis Jalan Terus
- Audisi Djarum Jangan Berhenti

Sementara itu, Bupati Barito Kuala  Noormiliyani menyebut warga Batola sangat suka bersepesa. Ia bersyukur ketika Batola dipercaya menjadi tuan rumah Gowes Nusantara.

“Kami sering bikin event sepeda santai. Tapi, Gowes Nusantara ini yang pertama. Saya tertarik dengan masukan Pak Menteri (Imam Nahrawi) yang mengusulkan agar kami bisa menyelenggarakan event Tour the Barito. Kami punya banyak destinasi dan trek atau jalan yang bagus untuk event tersebut,” kata Noormiliyani.*

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA