#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Mulai Jarang Dimainkan di Klubnya, Bek Timnas Indonesia Ini Tetap Sabar
23 July 2019 15:44 WIB
PAMEKASAN – Agak mengherankan kondisi yang dialami Fachrudin Wahyudi Aryanto, bek tengah Madura United FC.  Terhitung masih aktif sebagai pemain timnas Indonesia, Fachrudin justru memiliki kesempatan bermain sangat minim pada Liga 1 2019.

Pelatih Dejan Antonic baru memberinya kesempatan tiga kali tampil, dua di antaranya sebagai starter dalam 186 menit. Selebihnya lima kali pemain cadangan tak bermain dan tiga kali absen alias diparkir. Apa sebenarnya yang terjadi? Berikut wawancara TopSkor dengan pemain 30 tahun itu, Senin (22/7):

Tiga musim bersama Madura United dari 2017, 2018, dan 1 2019. Musim ini catatan menit main Anda tidak setinggi dua musim sebelumnya….


Baca Juga :
- Buka Lembaran Baru, Bhayangkara FC Siap Hentikan Paceklik Kemenangan saat Menjamu Perseru Badak Lampung
- Di Makassar, Robert Rene Alberts Tidak Akan Bernostalgia dan Fokus Memenangkan Persib

Ah, biasa saja. Kan kompetisi Liga 1 2019 baru delapan pertandingan, masih ada sisa 26 pertandingan. Saya tidak pernah melihat itu, semua pemain di tim ini sama-sama bagus dan memiliki peluang yang sama  untuk bermain, termasuk saya.

Berlabel pemain timnas, apakah kondisi ini tidak mendukung untuk karier Anda di klub?

Tidak sama sekali. Ini kan klub bukan timnas. Madura United punya target juara msuim ini. Jadi saya lebih mengedepankan kepentingan klub ketimbang individu satu atau dua pemain.

Bagaimana pelatih Dejan Antonic menentukan pemain yang tampil terutama di posisi Anda sebagai bek tengah?

Coach Dejan pelatih bagus dan smart dalam menyusun komposisi tim yang akan tampil. Terbukti tim kami sementara ada di posisi kedua klasemen. Pelatih lebih tahu cara menentukan komposisi tim. Tugas pemain adalah berlatih dan menjaga performa sebaik mungkin. Jadi tidak ada masalah, saya tetap optimistis ada saatnya nanti akan bermain. Kami ini tim dan harus saling kerja sama dan berjuang untuk tim.

Tiga musim bersama Madura United, apa kesan Anda?

Saya merasa sangat nyaman. Jadi saya tidak berpikir pindah ke klub lain. Apalagi keluarga, yakni istri dan anak saya tinggal di Jawa Timur (Ponorogo).

 Apakah faktor usia yang membuat Anda jarang dimainkan?

Saya masih 30 tahun dan usia bukan kendala. Banyak pemain berusia di atas saya masih kuat dan aktif bermain baik timnas maupun klub, begitu juga saya. Saya lebih berpikir positif saja dan semua untuk kepentingan klub. Persaingan antarpemain di Madura United untuk masuk starter sangat ketat, jadi sebagai pemain kami harus profesional. Yang paling siap dalam banyak hal, dia yang akan masuk tim.

Masih ada 26 pertandingan. Apa ambisi pribadi Anda sebagai pemain?

Tentu dalam persaingan siap dan tetap optimistis menembus skuat inti. Semua tetap saya serahkan kepada pelatih. Fokus latihan dan perlihatkan yang terbaik. Pelatih nantinya yang menilai. Bagi saya pribadi siapa pun pemain yang tampil tetap harus didukung.

Apa target Anda bersama Madura United musim ini?

Optimistis juara Liga 1 2019, dan musim 2020 akan jadi sejarah bagi Madura United tampil dalam ajang antarklub level Asia. Semua sisi internal tim sangat mendukung, dari manajemen hingga dukungan masyarakat Madura.

Bagaimana kans timnas pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar dan kualifikasi Piala Asia 2023?

Saya optimistis timnas kita lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di Cina. Begitu juga peluang pada kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas akan lolos ke babak berikutnya. Kualitas tim, pemain, dan pelatih timnas saya lihat sangat bagus dan solid.


Baca Juga :
- Preview Semen Padang vs PSIS, Dua Tim yang Rindu Kemenangan
- Harapan Putaran Kedua, Tiga Pemain Asing Baru Persib Masih dalam Era Golden Age

Siapa sosok paling berperan terhadap karier sepak bola Anda?

Tentu istri (Veronita Anjar Rianto) dan anak saya (Daffaro Adams Athafariz). Mereka segala-galanya bagi saya. Saat karier naik turun, mereka selalu ada untuk menyemangati saya.*Noval Luthfianto

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA