#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
KLB PSSI 2019
Komite Pemilihan Harus Ganjil, Gusti Randa Beberkan Kriteria Anggota KP dan KBP
24 July 2019 13:10 WIB
JAKARTA - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan digelar di Hotel Mercure, Ancol, Sabtu (27/7) mendatang. Ada tiga agenda utama yang dibahas, yakni pengesahahan revisi statuta PSSI, pengesahan revisi kode pemilihan PSSI, dan memilih anggota baru untuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Total 85 pemiliki suara (voters) diundang untuk menghadiri KLB ini.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Gusti Randa mengatakan persiapan KLB sudah sangat baik. “Dari AFC dan FIFA diundang juga oleh Kesekjenan. Masalah mereka bisa datang atau tidak mungkin kabarnya menyusul,” kata Gusti kepada TopSkor, kemarin. Terkait agenda pembentukan KP dan KBP, Gusti mengatakan belum mengetahui persis siapa saja nama-nama yang masuk dalam nominasi tersebut.  “Untuk KP itu nanti kami tanyakan kepada voters karena jumlahnya harus ganjil mau lima, tujuh, atau sembilan begitu. KBP juga sama harus ganjil,” ucap Gusti.


Baca Juga :
- Akbar Zakaria Lepas Masa Lajang
- Persela Andalkan Rafinha, Arema Lupakan Mimpi Buruk di Lamongan

“Kedua kami punya kriteria yakni tokoh sepak bola, senior, dan mempunyai integritas. Cakap dengan regulasi, dan independen. Nanti silahkan dari bawah atau voters perwakilan Asprov, Liga 1, Liga 2 nanti kami tetapkan. Begitu saja detail pemilihannya,” Gusti menambahkan.

KP dan KBP nantinya bertugas mengawal proses pemilihan pengurus baru PSSI yang akan diadakan saat Kongres Biasa Pemilihan pada Januari 2020. 

Di samping itu, terkait adanya pengesahan perubahan statuta PSSI, Gusti mengungkapkan hal itu dilakukan lebih kepada pertimbangan zaman yang mengharuskan up to date. Meski begitu, belum ada pemberitahuan detail terkait apa saja yang akan diperbaharui dalam statuta.

Namun, dalam rilis yang dikeluarkan PSSI pada 2 Mei 2019 lalu, Ketua Umum PSSI Iwan Budianto mengatakan draf revisi statuta akan dilampirkan dalam notifikasi undangan KLB yang kini sudah disebarkan kepada voters. Bahkan, draf revisi statuta PSSI itu sudah direview oleh FIFA.

Lalu FIFA akan memberikan catatan apa saja statuta yang perlu direvisi dan finalisasi bersama sudah dilakukan pada 6 Juni 2019. “Iya hanya pengesahan saja,” kata Gatot Widakdo, Direktur Media dan Promosi PSSI, kemarin.*SUMARGO PANGESTU

 

 

 

 

 

 

 


Baca Juga :
- Timnas Futsal Bertolak ke Jepang, 2 Oktober
- Cula Badak Akhirnya Makan Korban di Lampung

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA