#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Saya Pernah Jadi Penyerang dan Gelandang
24 July 2019 13:11 WIB
WAWANCARA

Jasper Cillessen

VALENCIA – Jasper Cillessen menjadi salah satu rekrutan termahal dalam sejarah Valencia CF setelah tim itu menebusnya dengan harga 35 juta euro (sekitar Rp547 miliar). Alasan utama kiper Belanda itu hijrah ke Mestalla adalah mendapatkan menit main secara reguler. Dia tidak merasakan itu selama tiga musim memperkuat FC Barcelona. Cillessen ingin mengamankan posisinya di tim nasional dalam ajang Piala Eropa 2020. Baru-baru ini Marca berkesempatan untuk mewawancarainya, berikut kutipannya:


Baca Juga :
- Messi Terima Sepatu Emas Keenam
- Rakitic Siap Angkat Koper

 

Ketika Anda mendengar minat Valencia, kabarnya Anda tak mau mendengar tawaran lain. Mengapa?

Karena saya mau bermain dan Valencia adalah klub dengan sejarah hebat. Mereka memiliki skuat bagus dan bagi saya itu merupakan opsi menarik. Itu mengapa sekarang saya di sini.

Bersama Marc-Andre Ter Stegen di Barcelona, apakah Anda melihatnya sebagai suatu kemustahilan (jadi kiper utama)?

Ketika saya datang ke Barcelona, level Ter Stegen tidak seperti sekarang. Setelah tiga tahun, dia menjadi salah satu kiper terbaik di dunia. Saya pikir kami mengalami peningkatan dengan berlatih bersama, tetapi sudah waktunya saya pergi.

Apakah tim nasional menyatakan jika Anda tidak main maka Anda akan kehilangan tempat?

Tidak, mereka tidak pernah mengatakan itu kepada saya.

Di Valencia, ada Jaume Domenech sebagai kompetitor, bagaimana perasaan Anda?

Jaume bermain sangat baik di Piala Raja musim lalu, tetapi saya meninggalkan Barcelona untuk mendapatkan menit bermain, itu alasan mengapa saya di sini. Meskipun pelatih yang akan memutuskan hal itu, bukan saya.

Bukan hal yang biasa bagi  pemain Barcelona bergabung dengan Valencia....

Saya tidak pernah memiliki masalah dengan Barcelona. Bagi saya, hal terpenting adalah bermain, itu satu-satunya alasan saya di sini. Bagi saya membela Valencia bukan suatu kemunduran. Lebih baik bermain untuk valencia daripada berada di cadangan Barcelona. Mudah untuk membuat keputusan ini.

Pemain Barca terakhir yang bergabung dengan Valencia adalah Andoni Zubizarreta, apakah Anda berharap bisa mengikuti jejaknya?

Dia tidak buruk bukan? Dia bukan contoh buruk untuk ditiru.

Anda datang ke Mestalla setelah menghabiskan waktu dengan (AFC) Ajax dan Barca, apakah menurut Anda Valencia klub top?

Ya, bagi saya Valencia adalah klub top. Tahun ini mereka memenangkan Piala Raja dan akan bermain di Liga Champions. Mereka memiliki sejarah hebat dan skuat bagus. Bagi saya ini adalah tim level top.

Valencia tidak memenangkan gelar selama 11 tahun sebelum 2019, apakah Anda sadar bila Anda ingin juara maka Anda harus memecahkan rekor?

Saya ingin mengubah itu, ya.

Apakah benar pada usia 9 tahun Anda menulis dalam buku harian tentang keinginan menjadi kiper terbaik dunia?

Ya, tetapi saya percaya jika tiap anak-anak menginginkan hal tersebut.

Tetapi tak semua anak-anak menulisnya, benarkan?

Itu benar, tetapi saya melakukannya. Ketika saya kecil, saya sering menulis dan ini adalah salah satu pesan yang saya tulis di kertas. Karena secara pribadi, saya ingin memenangkan semuanya, saya selalu ingin berkembang dan itulah mengapa saya ingin menjadi yang terbaik di dunia, tetapi itu tidak mudah.

Apakah Anda sejak dulu selalu menjadi kiper?

Tiga atau empat tahun pertama dalam karier saya, saya bermain sebagai pemain umum, lalu saya menjadi kiper. Pertama saya menjadi penyerang, lalu gelandang karena kami memiliki banyak penyerang, dan pada akhirnya penjaga gawang.

Bagaimana Anda kembali dari cedera parah setelah bergabung dengan NEC Nijmegen pada usia 11 tahun?

Pada tahun kedua saya di sana, lengan saya patah dua kali dan butuh waktu enam bulan untuk penyembuhan. Yang pertama karena saya tertimpa rekan setim dan yang kedua saya terkena benturan saat latihan, mungkin karena itu belum sepenuhnya sembuh.

Saya kira Anda mengatahui jika Valencia meminati Rafinha (Alcantara), sudahkan Anda berbicara dengannya tentang kemungkinan datang?

Dia merupakan pemain bagus, tetapi mengalami nasib sial karena cedera. Akan sangat cocok baginya untuk bergabung dengan sistem yang dibuat Valencia dan pelatih, dia adalah teman saya dan saya ingin dia berada di sini.

Sabtu (27/7) ada acara perkenalan pemain baru Valencia, benarkah Anda diharuskan bernyanyi?


Baca Juga :
- Zidane Pusing Dipusingkan Virus FIFA
- Fabian Krusial di Spanyol

Ya, lagunya sedikit teduh dan sulit bagi orang-orang untuk mendengarnya, tetapi saya saya pikir mungkin akan lebih baik bagi semuanya jika saya tidak bernyanyi lagi.*CR5

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA