#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS
PSG Bukan Lagi Klub Impian Pemain Bintang
27 July 2019 14:30 WIB
MAKAU – Paris Saint Germain memiliki trio yang musim lalu total menorehkan 83 gol dalam semua ajang. Kylian Mbappe dengan 39 gol, Edinson Cavani dan Neymar masing-masing dengan 23 gol. Jumlah tersebut yang mereka ciptakan sepanjang 2018/19 lalu.

Ketiganya merupakan trio mesin gol yang ganas. Dengan ketiga penyerang ini pula, Paris Saint Germain (PSG) meraih gelar Ligue 1 dan Piala Super Prancis. Pencapaian yang memperlihatkan bahwa ketiganya memiliki potensi untuk meraih hasil yang lebih baik lagi.

Namun, sejauh ini memang masih sebatas potensi. Dengan produktivitas tersebut dan dengan terbentuknya trio ini sejak kedatangan Neymar dan Mbappe, klub asal Prancis ini belum lagi mampu meraih trofi yang mereka inginkan: Liga Champions.


Baca Juga :
- Havertz dan Camavinga Bintang Masa Depan
- Gemilang saat Lawan PSG, Pemuda Stade Rennes Ini Langsung Dipantau 3 Klub Inggris

Padahal, trofi itulah yang sangat diharapkan, khususnya oleh sang pemilik klub, Nasser Al-Khelaifi, seorang bilioner asal Qatar. Kini, kemungkinan menyaksikan trio tersebut di lapangan bermain bersama pada 2019/20 tampaknya tidak akan terjadi setelah situasi yang terjadi terkait masa depan Neymar.

Les Parisiens, tampaknya mulai menyadari bahwa pemain bertalenta belum sepenuhnya menjamin akan membawa tim ini merengkuh trofi ajang bergensi antarklub Eropa tersebut. Karena itulah, mereka setidaknya telah memutuskan, dengan atau tanpa Neymar, pasukan Thomas Tuchel ini akan kembali mencoba menuntaskan target tersebut.

Ya, PSG dapat belajar dari timnas Brasil yang sukses meraih gelar Piala Amerika 2019 lalu. Tim Samba justru mampu meraih gelar tersebut tanpa kehadiran Neymar, bintang dan kapten mereka tersebut. Kondisi ini pula yang membuat pergerakan transfer PSG terkesan biasa saja, tidak seperti sebelumnya.

Tapi, benarkah PSG memang tidak memiliki rencana untuk mendatangkan pemain bintang? Atau justru sejumlah pemain bintang kini akan berpikir ulang untuk bergabung? Hingga kini, yang terlihat adalah bahwa PSG justru kehilangan kesempatan mendatangkan sejumlah target mereka dalam bursa musim panas ini.

Setelah delapan tahun berada di tangan El Khelaifi, PSG tercatat sebagai tim yang gemar mendatangkan sejumlah bintang dunia. Selain Neymar, sebelumnya ada sosok Zlatan Ibrahimovic, sejumlah pemain lainnya seperti Thiago Silva, atau David Luiz, menandai kedatangan silih berganti deretan bintang dengan nama besar. Namun, musim panas ini, tidak ada nama besar yang datang ke Paris.

PSG memang sempat terganjal dengan peraturan Financial Fair Play (FFP) setelah total mengeluarkan sekitar 400 juta euro hanya untuk pemain depan. Kini, mereka bisa berburu pemain kembali. Meski demikian, pemain yang mereka inginkan justru sulit untuk diraih.

Mereka kalah bersaing dengan pemain lama seperti Barcelona atau Juventus. Barca contohnya berhasil mendatangkan Frenkie De Jong, padahal, pemain asal Belanda ini juga diminati PSG dalam bursa transfer musim panas ini.

Lalu, mereka juga kalah bersaing dengan Juventus dalam berburu bek terbaik saat ini dari Ajax Amsterdam, Matthijs De Ligt. Meski demikian, mereka masih bisa mendatangkan sejumlah pemain seperti Pablo Sarrabia, Ander Herrera, dan Abdou Diallo.

PSG juga membuat kejutan dengan mendatangkan pemain belia berusia 16 tahun dari didikan La Masia, Xavi Simons, asal Belanda. Tapi, semua deretan pemain tersebut bukanlah pemain krusial yang dibutuhkan Tuchel.

Banyak yang menilai bahwa PSG tidak lagi memiliki magnet kuat bagi deretan bintang karena tim ini kerap gagal dalam ajang Liga Champions. Pada 2017, mereka justru takluk secara dramatis dari Barcelona.

Sedangkan pada musim lalu terdepak karena Manchester United. Faktor lainnya, sikap manajemen yang begitu terlihat memberikan perlakuan spesial kepada pemain tertentu.

Sementara bagi pemain lain seperti Adrien Rabiot, PSG justru seperti tidak memberikan porsi yang lebih baik dalam penanganannya. Seperti diketahui, Rabiot kemudian malah pergi dengan status bebas transfer ke Juventus. Kepergian gelandang ini pun sempat disesalkan oleh Tuchel. “Klub sudah memutuskan. Saya tidak menyukai keputusan tersebut tapi saya harus menghormatinya,” kata Tuchel.*

Belanja Musim Panas PSG Lima Musim Terakhir

2019/20: 51,5 juta euro

Pablo Sarabia, 20 juta

Abdou Diallo, 32 juta

Ander Herrera, gratis

Marcin Bulka, gratis

Mitchel Bakker, gratis

 

2018/19: 187 juta euro

Kylian Mbappe, 145 juta

Thilo Kehrer, 37 juta

Juan Bernat, 5 juta

Gianluigi Buffon, gratis

Choupo Moting, gratis

 

2017/18: 238 juta euro

Yuri Berchiche, 16 juta

Neymar, 222 juta

Dani Alves, gratis

Kylian Mbappe, pinjam

 

2016/17: 72  juta euro

Grzegorz Krychowiak, 25 juta

Jese Rodriguez, 25 juta

Thumas Muenier, 7 juta

Giovani Lo Celso, 15 juta

Hatem Ben Arfa, gratis

 

2015/16: 105 juta

Kevin Trapp, 9 juta

Benjamin Stambouli, 8 juta

Angel Di Maria, 63 juta

Layvin Kurzawa, 25 juta

Gustavo Hebling, gratis

 

 

 


Baca Juga :
- Juventus dan PSG Negosiasi, Pertukaran Dybala dengan Neymar Dimatangkan
- Bukan Lyon atau Monaco melainkan Rennes Rival Baru PSG

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA