#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Etos Kerja Bikin Posisi Bernardo Silva Tak Tergantikan
27 July 2019 14:42 WIB
YOKOHAMA – Pada Maret lalu, Josep “Pep” Guardiola mengatakan Bernardo Silva akan otomatis mendapatkan tempat dalam susunan starter Manchester City FC. Pelatih The Citizens itu mengaku tak punya pilihan selain mempertahankan sang pemain sebagai pilihan utama bersama Raheem Sterling di posisi sayap. Tentu performa brilian yang secara konsisten diperlihatkan Bernardo menjadi alasan Pep.

Bahkan, ia rela mencadangkan penyerang sayap berkualitas seperti Leroy Sane dan Riyad Mahrez demi Bernardo. Ini membuktikan bahwa kehadiran gelandang serang asal Portugal itu sangat vital bagi Guardiola. Selain kualitas, etos kerja Bernardo yang membuat sang pelatih kesulitan menyingkirkannya dari daftar line-up Man. City. Ia tidak akan pernah lelah berlari mengejar bola.

Sebagai bukti, dibanding penyerang sayap The Citizens, jarak tempuh Bernardo di Liga Primer 2018/19 yang terbaik, yakni 12,04 kilometer per laga. Mahrez berada di belakangnya dengan catatan 11,39 km/laga. Lalu diikuti Sterling (10,69) dan Sane (10,22). Dengan ketangguhan dan daya tahan fisiknya, tak jarang Bernardo turun jauh membantu pertahanan.


Baca Juga :
- Cetak Gol Ke-50, Winger Man. City Ini Dinilai Belum Bisa Gantikan Sane
- The Citizens Mulai Realistis

“Apa yang dilakukan Bernardo sepanjang musim lalu luar biasa. Dia bekerja sangat keras untuk membantu tim dan dengan caranya bermain, saya tidak dapat melakukan hal lain kecuali terus menurunkannya,” kata Guardiola. “Tentu saya bisa bilang bahwa dia sangat penting bagi kami.”

Sebelumnya, pada musim pertamanya usai direkrut dari AS Monaco pada Mei 2017, Bernardo lebih sering turun sebagai pelapis. Namun perlahan ia mampu menjadi sosok kunci bagi Pep. Selain ketangguhan fisik dan skill di atas rata-rata, fleksibilitas merupakan kelebihan Bernardo. Posisi naturalnya adalah penyerang sayap, namun pemain jebolan akademi sepak bola SL Benfica ini bisa diplot di sejumlah posisi.

Sepanjang 2018/19 lalu, Guardiola pernah menurunkannya sebagai gelandang serang atau mendorongnya lebih dalam menjadi gelandang sentral. Hebatnya, semua peran tersebut mampu dilakoninya dengan sangat baik. Wajar bila ini membuat Pep kesulitan untuk mencoret nama Bernardo dari daftar starter. Ia dipastikan bakal tetap menjadi tumpuan pelatih asal Spanyol itu pada 2019/20 nanti.

Bernardo sendiri bertekad untuk terus memberikan performa maksimal bagi The Citizens. Ia berambisi membantu timnya meraih lebih banyak gelar musim ini, termasuk trofi Liga Champions, satu-satunya titel yang belum mampu diraih Man. City sejak dilatih Guardiola. “Saya dan tim ini masih lapar. Kami ingin melakukan yang lebih baik demi lebih banyak gelar,” kata Bernardo.

Kini Bernardo dan kawan-kawan akan fokus melawan Yokohama F Marinos di Stadion Nissan, Sabtu (27/7). Ini menjadi laga uji coba terakhir dalam tur pramusim Man. City di Asia. Setelah itu, mereka akan kembali ke Manchester dan bersiap menghadapi Liverpool FC di ajang Community Shield, 4 Agustus nanti. Bagi Guardiola pertemuan versus Yokohama menjadi tes sempurna sebelum berduel dengan The Reds.

“Kami telah melihat beberapa rekaman video pertandingan Yokohama. Cara dan filosofi mereka bermain mirip dengan kami, yakni memainkan sepak bola menyerang yang agresif,” kata Pep. “Saya pikir ini laga ideal sebelum kami tampil di Community Shield melawan Liverpool.”***  

Posisi Bermain Bernardo Silva pada 2018/19
Gelandang serang 
Total laga: 19
Gol/Assist: 5/9

Sayap kanan 
Total laga: 19
Gol/Assist: 5/2

Gelandang sentral 
Total laga: 10
Gol/Assist: 3/3

Gelandang kanan 
Total laga: 2
Gol/Assist: 0/0

Sayap kiri 
Total laga: 1
Gol/Assist: 0/0


Statistik Bernardo Silva vs Penyerang Sayap Man. City*
Bernardo Silva
Total laga: 51
Starter: 43
Menit bermain: 4.025
Gol: 13
Assist: 14

Raheem Sterling
Total laga: 51
Starter: 45
Menit bermain: 4.097
Gol: 25
Assist: 18

Leroy Sane
Total laga: 47
Starter: 30
Menit bermain: 2.694
Gol: 16
Assist: 18


Baca Juga :
- Pep Guardiola Kembali Menjadi Single Fighter di Liga Primer
- Solskjaer Sadar Tertekan, Kalah dari Tottenham dan City Dia Akan Dipecat

Riyad Mahrez
Total laga: 44
Starter: 28
Menit bermain: 2.551
Gol: 12
Assist: 12

*Statistik sepanjang 2018/19.

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA