#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Dilarang ke Barca, PSG Akan Belokkan Neymar
31 July 2019 15:34 WIB
PARIS – Pada awal bursa transfer musim panas ini, Paris Saint Germain (PSG) sudah menentukan sikap mereka terhadap Neymar. Bintang asal Prancis tersebut bisa dijual tapi dengan harga 300 juta euro. Itu harga mutlak atau tidak ada negosiasi sama sekali. Jumlah tersebut, kemudian beredar di pers Eropa.

Kisarannya bahkan tidak lagi 300 melainkan 222 juta euro, atau harga ketika Les Parisiens membelinya dari Barcelona. Terkait soal harga, PSG memang tidak secara langsung mengatakannya atau tidak ada pernyataan resmi. Bahkan, terkait masa depan sang pemain, klub milik Nasser Al-Khelaifi ini seperti membiarkan publik menilainya sendiri.

Hanya sebuah tanda yang menegaskan bahwa PSG tidak akan lagi mempertahankan Neymar yaitu terkait pernyataan dari Al-Khelaifi: “Kami tidak ingin lagi memiliki pemain yang tidak memiliki komitmen dan disiplin, yang tidak menghargai klub,” kata Khelaifi, pertengahan Juni lalu.


Baca Juga :
- Messi dan Barcelona Bicara Kontrak Baru
- Ini Jadwal Terbaru El Clasico: Barcelona vs Real Madrid

Ya, itulah disituasi pada awal bursa musim panas ini. Kini, hampir satu bulan telah berlalu. Tidak ada perkembangan terkait Neymar, kecuali bahwa pemain ini sudah terlibat dalam latihan tim asuhan Thomas Thuchel namun tidak dilibatkan dalam laga pramusim. Neymar diasingkan karena semua alasan tersebut.

Kini, PSG tampaknya mulai realistis. Kemarin, mereka menurunkan harga Neymar. Dari 300 juta euro menjadi 180 juta euro. Dengan demikian, mereka mengurangi 120 juta euro.

Namun, apakah jumlah tersebut bisa membuat klub peminat untuk mengajukan tawaran yang serius? Barcelona? Ternyata, dalam rencana PSG tidak ada Los Azulgrana. PSG siap bernegosiasi dengan klub mana pun yang tertarik dengan Neymar, kecuali dengan Barcelona. Setidaknya, demikiankan kabar yang dicuatkan harian olahraga Spanyol, MARCA, kemarin.

Meski PSG telah menurunkan harga si pemain, tapi Barcelona masih sulit untuk membuka komunikasi dengan manajemen Les Parisiens, termasuk dengan Direktur Olahraga Leonardo. Pers Spanyol menyatakan bahwa transfer Neymar ke Barcelona dalam posisi “sangat sulit” terwujud.

Pertama, jelas bahwa PSG tidak menutup pintu terkait keinginan Neymar untuk pergi, tapi dengan syarat sesuai dengan nilai yang ditetapkan oleh mereka. Neymar sendiri sudah memperlihatkan keinginannya untuk meninggalkan PSG. Al Khelaifi pun kabarnya memberikan tanda bahwa mempertahankan Neymar malah akan membuat atmosfer atau kamar ganti klubnya menjadi lebih buruk.

Intinya, tetap mempertahankan Neymar adalah ide yang buruk. Kedua, mereka akan melepaskan Neymar ke klub lain selain Barcelona. Tidak dijelaskan apa alasan dari manajemen PSG mencegah Barcelona. Yang pasti, kubu PSG tidak memiliki ketertarikan melepas pemainnya ini ke tim asuhan Ernesto Valverde tersebut.

Sikap tersebut, hingga saat ini, tidak berubah. Memang, ada kontak di antara dua klub, tapi hubungan yang belakangan tidak bagus antara PSG dan Barcelona membuat transfer ini sangat sulit terwujud. Posisi PSG sendiri saat ini dalam situasi yang lebih kuat dibandingkan dengan Barcelona.

Tanda-tanda bahwa PSG tidak tertarik memberikan Neymar kepada Barca terlihat bahwa mereka justru membuka negosiasi dengan klub lain. Dan, semua aktivitas manajemen PSG terkait rencana penjualan Neymar tidak ada yang berhubungan dengan Los Azulgrana.

Karena itu, meski PSG telah menurunkan harga Neymar, Barcelona tidak dapat melakukan langkah yang lebih jauh karena manajemen PSG tidak menerima dengan baik tawaran yang telah diajukan Barcelona. Neymar yang ingin bermain kembali dengan Lionel Messi dan kawan-kawan di Barcelona tampaknya masih sulit untuk mewujudkan keinginan tersebut, khususnya selama Khelaifi tetap dengan keputusannya yang ingin menghindari Barcelona.

Barca sendiri sudah siap menerima Neymar tapi mereka terbentur dengan proses yang sangat sulit sehingga mereka menjadi pesimistis bisa mendatangkan pemain ini lagi ke Camp Nou.

Kembalinya Neymar ke Camp Nou memang kini menjadi bagian dari rencana Barcelona. Menempatkan Neymar dalam serangan Barcelona bukan hal yang sulit. Neymar dan Griezmann bisa menjadi penyerang sayap yang mendukung duet Messi dan Luis Suarez. Di sisi lain, mendatangkan Neymar sekaligus sebagai pemecahan dari persoalan Barcelona selama  ini.


Baca Juga :
- Madrid Siapkan Rp 6,3 Triliun Cuma untuk Mbappe
- Neymar Terbang ke Barcelona Bersama Pacar Barunya yang Doyan Selfie Bikini

Sejak melepas Neymar ke PSG pada 2017 lalu, Barcelona sudah tiga kali mencoba mencari pengganti sang pemain, termasuk dengan pembelian penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Namun, Los Azulgrana tidak dapat menemukan pemain yang tepat. Pencarian pengganti Neymar diawali dengan membeli Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund.

Tapi, Dembele tidak mampu memenuhi harapan. Begitupun dengan pembelian kedua yaitu bintang Liverpool, Philippe Coutinho. Bintang yang juga asal Brasil ini memiliki karakter permainan yang berbeda dibandingkan dengan Neymar. Coutinho tampil dalam 76 laga bersama Barcelona menorehkan 21 gol dan 11 assist. Namun, performanya tidak memuaskan suporter dan kerap mendapatkan kritik di Camp Nou.* Irfan Sudrajat

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA