#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
PIALA AFF U-15 2019
Hadapi Filipina, Bima Harus Lakukan Rotasi Secara Bijak
02 August 2019 10:44 WIB
CHONBURI - Bermain dua hari sekali tentunya cukup menguras tenaga dan emosi para pemain. Terlihat pada partai ketiga melawan Timor Leste U-15, Rabu (31/7) lalu, stamina pasukan Garuda Muda mulai tidak stabil. Tidak seperti pada laga pertama dan kedua, di mana Kadek Arel dan kawan-kawan mampu tampil garang sepanjang pertandingan.

Pelatih timnas U-15 Bima Sakti Tukiman pun membuktikan perkataannya terkait rotasi yang dilakukan pada setiap pertandingan. Namun, dalam dua laga sebelumnya, hanya satu atau dua pemain saja yang dirotasi. Selebihnya tetap tampil penuh atau diganti di tengah pertandingan karena tak optimal.

Siasat jitu rotasi inilah yang akan kembali dilakukan Bima saat melawan Filipina di partai keempat Piala AFF U-15 2019 di Chonburi, Thailand, Jumat (2/8) sore. Ini bahkan kesempatan terbaik untuk mengistirahatkan beberapa pemain utama supaya tak kehabisan bensin di tengah kejuaraan. Sebab jika targetnya juara, masih ada tiga pertandingan yang harus dihadapi ke depan.


Baca Juga :
- TC Timnas Futsal Indonesia Dipisah
- Beto Terancam Batal ke SEA Games

Namun rotasi dilakukan tetap dengan pilihan bijak Bima mengingat Indonesia juga wajib memenangkan pertandingan, kalau bisa dengan jumlah gol signifikan. Pasalnya jika beberapa tim memiliki poin sama, selisih gol terbaik akan menentukan kelolosan ke semifinal.

“Maka setelah pertandingan recovery itu penting sekali. Pemain selalu saya minta untuk benar-benar memaksimalkan waktu istirahat,” kata Bima. “Yang bermain latihan ringan, sementara yang tidak bermain mendapat materi khusus, supaya level kondisi mereka tidak tertinggal dari jauh dari pemain yang tampil. Karena mereka juga harus siap sewaktu waktu dibutuhkan untuk bermain.”

Secara kualitas permainan maupun individu, Filipina U-15, memang di bawah Indonesia. Tim asuhan Roxy Dorkas tersebut sudah menelan tiga kekalahan. Laga pertama mereka kalah telak 1-7 dari Timor Leste. Kemudian beruntun, dari Vietnam (1-3), dan terakhir Myanmar (0-1).

Namun sepak bola bukanlah matematika yang bisa dihitung dari statistik di atas kertas. Bisa saja dengan tampil lepas tanpa bebas, justru Filipina mengejutkan Indonesia. Ini yang tetap bakal di antasipasi Bima demi target lolos ke semifinal.

Apalagi dari hitung-hitungan poin, masih ada empat tim yang berpeluang ke empat besar. Vietnam menguntit dengan poin disusul Myanmar (4). Sementara Indonesia saat ini mengoleksi poin sama dengan Timor Leste (7).


Baca Juga :
- Pemain Cadangan Tampil Meyakinkan, Timnas Putri Tekuk Sri Lanka 3-0
- Kalahkan PKNS U-21, Serangan Timnas Indonesia Masih Kurang Tajam

“Ya kami tim pelatih sudah melihat pertandingan mereka (Filipina). Mereka tim bagus juga punya kualitas. Jadi saya tekankan juga kepada pemain untuk selalu waspada dan respek terhadap tim manapun,” ucap Bima.***FURQON AL FAUZI

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA