#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Leeds United Tunggu Pembuktian Kualitas Helder Costa
03 August 2019 15:29 WIB
BRISTOL – Laga perdana Divisi Dua (Championship) 2019/20 sudah di depan mata. Berdasarkan jadwal, Bristol City FC melawan Leeds United FC bisa dibilang kontes terbesar pada akhir pekan ini. Masing-masing finis ketiga dan kedelapan musim lalu. Dan dari aksi di lantai bursa, masuk akal keduanya akan menantang gelar musim ini.

Usaha terbaik Leeds adalah mendatangkan Helder Costa dari klub Liga Primer, Wolverhampton Wanderers FC  dengan kontrak pinjaman satu tahun. Setidaknya, kualitas sang penyerang diyakini mampu berkontribusi signifikan terhadap target klubnya untuk bisa promosi secara otomatis ke Liga Primer musim depan.

Costa yang asal Portugal, hampir pasti turun starter di Ashton Gate pada Minggu (4/8) dalam formasi 3-1-3-3 yang diharapkan dari pelatih Marcelo Bielsa. Baik di sisi kiri ataupun kanan luar striker Patrick Bamford.


Baca Juga :
- Dapat Penghargaan Fair Play, Bielsa Malah Dicibir
- Balapan Championship Berakhir Tragis, 11 Mobil Tabrakan Keluar Lintasan

Ini berarti Bristol kemungkinan akan memberi tugas Jack Hunt atau Jay Dasilva untuk menghentikan Costa dengan cara menjauhkannya dari area tengah sekaligus menjaganya di luar area penalti jika ia menemukan ruang dan peluang menembak ke arah gawang tuan rumah.

Costa sudah 25 tahun, dan meski profilnya cukup fleksibel, dia dikenali sebagai sesosok penyerang kanan yang lebih suka menggunakan kaki kirinya. Akibatnya, Costa cenderung memotong di dalam, alih-alih melesat di sayap sebelum melayangkan umpan silang ke arah kotak penalty lawan.

Sayangnya, sekalipun kabar kepindahannya ke Elland Road cukup mengundang sorotan, dia sebenarnya gagal membuktikan diri sebagai penyerang yang paling klinis dalam dua musim terakhir. Bersama Wolves, dia hanya mampu mencetak empat gol dalam 2.025 menit musim lalu dan lima gol pada musim sebelumnya dalam 1.982 menit bermain.

Sembilan golnya di semua kompetisi sepanjang 4.007 menit itu tidak pun terlalu bagus, sekalipun pada waktu itu, dia juga memberi kontribusi tujuh assist. Yang menandai kemampuannya memberikan kontribusi gol langsung rata-rata setiap 250 menit. Kali ini, bersama The Whites dan Bielsa, Costa ingin memberikan kontribusi maksimal.

Dari Griffin Park, pelatih Thomas Frank meminta pemain Brentford untuk belajar dari kekalahan 1-3 melawan Bournemouth di laga pramusim mereka pekan lalu. Gol-gol Jordan Ibe, Dominic Solanke, dan Sam Sturridge membuat malu The Bees di depan fan mereka sendiri, yang sedikit terhibur oleh gol balasan yang dicetak Marcus Forss.

Karena dengan berakhirnya laga lawan Bournemouth itu, Brentford akan menghadapi datanganya Championship 2019/20, dengan pertandingan pertama mereka menghadapi Birmingham City di Griffin Park. Setelah dua kemenangan dari lima laga pramusim, Frank yakin mereka telah siap menghadapi tantangan baru ke depan.

"Saya pikir cara kami berlatih dan upaya yang telah kami lakukan setiap hari sepanjang musim panas ini, dalam latihan dan dalam pertandingan persahabatan, para pemain telah melakukannya dengan sangat baik," katanya. “Ada semangat baru, suasana positif dalam tim. Lima pemain baru telah bergabung. Kini kita menantikan hari Sabtu.”*NURUL IKA HIDAYATI


Baca Juga :
- Baston Tak Ingin Berhenti Mencetak Gol
- The Owls Tidak Ingin Terbawa Suasana

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA