#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Klopp Keluhkan Jadwal Pembuka Liverpool di Liga Primer
05 August 2019 15:11 WIB
LIVERPOOL – Juergen Klopp tak bisa menjelaskannya dengan kata-kata. Selama empat musim terakhir, Manchester City FC finis ke-4 (66 poin), ke-3 (78), pertama (100), dan pertama (98) di Liga Primer. Ini bertepatan dengan masa jabatannya di Liverpool FC. Sejak tiba pada Oktober 2015, The Reds finis ke-8 (60), ke-4 (76), ke-4 (75), dan ke-2 (97).

Dari angka-angka itu, hanya musim lalu Liverpool secara serius menyaingi Man. City, untuk perebutan gelar Liga Primer. Mereka membuat lompatan 22 poin yang mengesankan tetapi itu 12 bulan setelah The Citizens, di bawah Josep “Pep” Guardiola, melakukan hal yang sama. Pada dasarnya, Klopp merasa selama ini skuat Anfield tertinggal satu tahun di belakang Man. City.

Ditanya soal peluang The Citizens musim ini, Klopp menyebut sukses Manchester Biru juara Liga Primer dua musim beruntun, adalah salah satu kuncinya. "Poin 97 bukanlah suatu kebetulan tapi juga bukan lantaran kami mengungguli semua tim. Persaingan kedua tim sangat ketat. Seperti tahun lalu, kami harus buktikan kami bisa berada di level itu lagi.”


Baca Juga :
- Jurgen Klopp Tidak Yakin Apakah Harus Bangga dengan 7 Pemain Liverpool Masuk Nominasi Ballon d'Or
- Kembalinya Origi dengan Status Berbeda

Deskripsi sama juga bisa diterapkan untuk Man. City, yang juara dengan 14 laga kemenangan beruntun dari Februari hingga Mei. “Saya yakin Man. City tak akan melemah karena mereka tidak kehilangan pemain, selain (Vincent) Kompany. Mereka akan mampu melakukan sesuatu di sana. Mereka cukup konsisten, kelompok umur yang baik, berpengalaman.”

Klopp tidak menyinggung soal penjualan Fabian Delph dan Douglas Luiz, hanya tertuju pada aksi The Citizens merekrut Rodri dan Angelino. Sementara, sudah 18 bulan berlalu sejak Virgil Van Dijk bergabung, 12 bulan sejak Alisson Becker, ditambah Naby Keïta, Fabinho, dan Xherdan Shaqiri. Sejauh ini, Klopp hanya mendatangkan dua pemain belia.

Masih dengan nada masam, Klopp mengecam jadwal 'gila' karena Liverpool mengawali musim Liga Primer 2019/20 pada Jumat malam. Atau satu hari lebih awal. Sang bos marah karena mereka akan menghadapi tim promosi Norwich City di pekan pembuka setelah memainkan laga terakhir musim lalu di final Liga Champions pada 1 Juni.

Ini berarti Klopp hanya punya beberapa minggu untuk bekerja dengan pemain-pemain seperti Mane, Mohamed Salah dan Roberto Firmino, yang semuanya bermain di turnamen internasional musim panas ini. Padahal, Liverpool memainkan pertandingan terakhir mereka di final Liga Champions 2019 melawan Tottenham Hotspur FC pada 1 Juni.

“Siapa yang memiliki gagasan ini? Ini gila," kata Klopp. “Saya lebih suka memiliki laga Minggu karena akan memberi kami persiapan dua hari lagi. Saya melihat orang-orang bersemangat dan menantikan musim baru - tetapi tidak ada yang khawatir tentang masalah ini. Saya harus menyebutkannya karena tidak ada orang lain yang melihatnya."

Mane masih libur, Nathaniel Clyne cedera, Ryan Kent sakit, 15 pemain Liverpool yang tampil di laga internasional pun terancam kelelahan. “Saya bicara dengan Carlo Ancelotti (pelatih SSC Napoli). Italia juga memiliki 20 tim dan musim mereka mulai 24 Agustus. (Kalidou) Koulibaly bermain dengan Mane di Piala Afrika, libur empat pekan!”*NURUL IKA HIDAYATI


Baca Juga :
- Kembali Tajam, Werner Bakal Jadi Momok Zenit
- Rafael van der Vaart Berikan Kritik Pedas Terhadap Penampilan Harry Maguire

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA