#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Lini Tengah Villarreal Mulai Solid
09 August 2019 09:37 WIB
VILA-REAL – Kompetisi 2018/19 bisa dibilang sebagai musim kelam bagi Villarreal CF. Mereka nyaris terdegradasi dan sempat menjalani sepuluh pertandingan tanpa kemenangan (tujuh imbang dan tiga kekalahan) pada pertengahan Desember tahun lalu hinga Februari. Sekarang tim sudah menunjukkan perkembangan dan dianggap lebih baik dari kampanye sebelumnya.

Pelatih Villarreal, Javier Calleja sadar betul bila perjalanan timnya musim lalu patut menjadi pembelajaran. Apa lagi ia juga sempat dipecat sebelum akhirnya dikontrak kembali pada awal 2019. Bila menilik lebih jauh, sebenarnya titik lemah pada musim lalu adalah tak adanya kreasi dari lini tengah dalam permainannya.

Calleja memiliki striker-striker bagus semisal Gerard Moreno, Carlos Bacca, dan Karl Toko Ekambi. Tapi sulit dimaksimalkan karena tak mendapatkan dukungan dari lini tengah. Kembalinya Santi Cazorla menjadi titik balik timnya ketika itu. Dan bahkan kedatangannya bisa menolong tim berjuluk Kapal Selam Kuning ini lolos dari jeratan degradasi. Namun ketika itu kemunculan Cazorla dirasa telat.


Baca Juga :
- Kapal Selam Kuning Mulai Tenggelam
- Kembali Digeser Luis Enrique, Begini Sikap Pelatih Spanyol

Apa pun itu yang jelas sekarang itu sudah mulai diatasi oleh Calleja. Kedatangan Moi Gomez dan Andre Zambo Anguissa berhasil memperkuat lini tengahnya. Kegemilangan area pusat terlihat ketika melakoni empat laga uji coba, di mana keempatnya berhasil diakhiri dengan kemenangan. Villareal berhasil menglahakan West Bromwich Albion (3-0), Levente UD (2-1), Augsberg (6-2), dan FC Koeln (3-1).

Dari keempat pertandingan tersebut, berdasarkan data, Villarreal berhasil memenangkan semua penguasaan bola. Catatan tertinggi dibuat ketika menghadapi West Brom di mana angkanya mencapai 63 persen berbanding 37 persen. Ini jelas berkat kejelian dari Calleja yang membenahi lini tengahnya. Pelatih 41 tahun asal Spanyol itu ingin agar area pusat lebih hidup sehingga pasokan ke depan lebih banyak.

Selama menjalani pramusim ini mereka hanya tumbang satu kali yakni dari FC Schalke 04 (2/8), di mana Villareal kalah tipis 1-2. Namun tetap itu tak berpengaruh, apa lagi dalam total lima pertandingan mereka berhasil menyarangkan 15 gol dan kebobolan enam gol.

Ini menjadi statistik hebat dan artinya ada peningkatan dari segi permainan, meskipun ini hanya laga ujicoba. Pertandingan persahabatan selanjutnya mereka akan menghadapi Bologna FC (10/8) dan setelahnya melakoni laga perdana La Liga melawan Granada CF (17/8). *CR5

 

Profil Bintang

Santi Cazorla

Masih Vital

KEBANGKITAN Santi Cazorla pada musim lalu menjadi keuntungan besar bagi Villarreal CF. Ya, bagaimana tidak di musim pertamanya kembali ke Villarreal, sang pemain bisa memberikan dampak positif bagi timnya. Padahal semenjak kepulangannya ke Ceramica, publik sempat meragukan Cazorla karena cedera parah yang ia alami bersama Arsenal FC.

Dengan tekad yang kuat dan pantang menyerah Cazorla membuktikan bahwa semua hal bisa diubah. Ia merupakan salah satu sosok penting yang menolong Villarreal dikala mengalami masa-masa sulit musim lalu. Statistiknya pada 2018/19 kemarin juga cukup baik, di mana gelandang tengah asal Spanyol ini berhasil membukukan tujuh gol dan 11 assist dari 46 laga di semua ajang.

Kegemilangannya bersama klub berjuluk Tim Kapal Selam kuning tersebut juga membuat dirinya dipangggil ke tim nasional Spanyol oleh pelatih Luis Enrique. Ia diikutsertakan untuk dua laga kualifikasi Piala Eropa 2020 pada Juni lalu, yakni melawan Kepulauan Faroe dan Swedia. Melawan Kepulauan Faroe Cazorla tampil selama 90 menit penuh.

Itu pemanggilan pertamanya ke Spanyol setelah sejak lama tak membela La Roja. Terakhir kalinya pemain berusia 34 tahun ini mengenakan kostum timnas adalah ketika Spanyol menghadapi Inggris dalam ajang persahabatan pada 13 November 2013. Di pertandingan tersbut Cazorla mencetak satu gol dalam kemenangan Spanyol atas Inggris (2-0). Menyambut datangnya musim baru, Cazorla berharap bisa mengantarkan Villarreal kembali ke Eropa.*CR5


Baca Juga :
- Veteran La Roja Vital
- Federasi Spanyol Dilema, Perpanjang Moreno atau Menunggu Enrique

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA