#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Jaga Fisik, Nadal Absen Jelang AS Terbuka
13 August 2019 13:00 WIB
MONTREAL – Rafael Nadal memilih absen dalam ATP 1.000 Cincinnati Masters di Lindner Family Tennis Center, Cincinnati, Ohio, 12-18 Agustus. Keputusan ini diambil tak lama setelah dirinya memenangi Piala Rogers 2019 di IGA Stadium, Montreal, Kanada, pekan lalu.

Keputusan untuk absen di Cincinnati tak lain karena Nadal ingin fokus menghadapi Grand Slam Amerika Serikat (AS) Terbuka di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, 26 Agustus-8 September mendatang. Petenis asal Spanyol itu berharap bisa lebih baik.

Tahun lalu, Nadal hanya mampu bertahan hingga semifinal dalam turnamen mayor penutup musim tersebut. Jika merujuk pada riwayat cedera yang dimiliki, keputusan untuk absen dalam Cincinati memang bukan tanpa alasan. Nadal ingin menjadi pesaing kuat dalam AS Terbuka.


Baca Juga :
- Komentar Nadal Usai Dikalahkan Federer di Semifinal Wimbledon
- INFOGRAFIS, Sukses Woodland Jadi Juara AS Terbuka

Kembali ke Piala Rogers, Nadal meraih gelar kelima setelah mengalahkan wakil Rusia, Daniil Medvedev, 6-3, 6-0. Capaian di Montreal ini mengulangi 2005, 2008, 2013, dan 2018, di mana petenis 33 tahun itu juga mampu mengangkat trofi. Kini, koleksi titel masters-nya menjadi 35.

Lebih dari itu, kemenangan atas Medvedev membuat Nadal untuk kali pertama mempertahankan gelar di lapangan keras. “Tak ragu lagi, pertandingan (final) ini merupakan yang terbaik selama satu pekan terakhir. Penting untuk kembali menang di lapangan keras,” kata Nadal.

Penampilannya dalam Piala Rogers 2019 memang cukup baik. Nadal tercatat hanya kehilangan satu set, tepatnya ketika menghadapi pemain Italia, Fabio Fognini, di perempat final. Nadal sempat kehilangan set pertama sebelum meraih kemenangan dengan skor 2-6, 6-1, dan 6-2.

Secara keseluruhan, Nadal telah mengoleksi tiga gelar sepanjang musim ini. Sebelumnya, petenis kelahiran 3 Juni 1986 itu meraih kesuksesan pada Roma Masters (13-19 Mei) dan Grand Slam Prancis Terbuka (27 Mei-9 Juni). “Saya melakukan banyak hal dengan baik,” ujarnya.  

“Saya selalu berada di sekitar orang-orang baik dan profesional dan itu sangat membantu dalam semua hal. Saya pikir, saya suka mendengarkan masukan dari orang yang memiliki pengalaman lebih. Bukan hanya soal tenis, melainkan juga tentang kehidupan,” Nadal menuturkan.

Ini merupakan kali kedua secara beruntun Nadal absen di Cincinnati Masters. Tahun lalu, dirinya juga memutuskan tak tampil dalam ajang tersebut karena ingin menjaga kondisi tubuhnya agar tetap bugar di AS Terbuka. Lagi pula, di Cincinnati, prestasi Nadal kurang mentereng.

Ia baru mengoleksi satu gelar, tepatnya 2013, usai mengalahkan petenis AS, John Isner, 7-6(8), 7-6(3). Sedangkan pada penampilan terakhir, 2017, Nadal terhenti di perempat final usai kalah dari wakil Australia, Nick Kyrgios, 2-6, 5-7. “Sangat menyesal saya harus mengumumkan ini,” kata Nadal.


Baca Juga :
- Sakit Leher, Woods Tak Maksimal di AS Terbuka
- Sebelum Juara Prancis Terbuka, Nadal Mengaku Sempat Frustrasi karena Cedera

“Tidak ada alasan selain saya ingin menjaga tubuh tetap bugar seperti yang saya rasakan sekarang. Saya yakin, turnamen (Cincinnati Masters) ini akan tetap sukses. Saya mengharapkan yang terbaik bagi Andre Silva (Direktur Turnamen ) dan tim,” kolektor 18 grand slam itu menambahkan.

Langkah serupa juga diambil juara di sektor putri, Bianca Andreescu. Pekan lalu, Andreescu mengalahkan Serena Williams yang memutuskan mundur dalam kedudukan 3-1, ret. “Saya belum pernah turun di sana (Cincinnati). Tapi, saya harus sungguh-sungguh memperhatikan kebugaran tubuh,” katanya.*MUHAMMAD RAMDAN DARI BERBAGAI SUMBER

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA