#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kalau Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI. Arif Putra Wicaksonio Akan Terapkan VAR di Liga 1
13 August 2019 14:31 WIB
JAKARTA – Arif Putra Wicaksono, CEO Nine Sports Inc mendeklarasikan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI periode 2020-2024 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/8). Penerapan Video Assistant Referee (VAR) salah satu yang ditawarkan dalam supervisinya.

Ini merupakan kali kedua Arif mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI. Pada periode sebelumnya 2016-2020 lelaki kelahiran Jakarta itu tidak lolos verifikasi sebagai calon ketua umum. Arif mengatakan kala itu Komite Pemilihan PSSI menganggap dirinya belum lima tahun berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia.

Kegagalan tersebut membuat dirinya termotivasi. “Persyaratan jadi kandidat sudah sesuai, ada dua klub mendukung saya maju sebagai ketua umum PSSI. Saya konsentrasi ke situ, tapi itu tahap awal tak terlalu sulit. Yang sulit meyakinkan para voters dan saya sangat minim akses di situ dan itu tantangan terberat saya,” kata Arif, Senin (12/8).


Baca Juga :
- Kampanye Calon Ketua Umum, Waketum, dan Exco PSSI Wajib Dilaporkan
- PSSI Konfirmasi AFC dan FIFA Datang ke Kongres Pemilihan Ketua Umum

Sejatinya pendekatan terkait dengan pemilik suara (voters) sangat diperlukan. Tidak lain untuk menentukan nasibnya dalam proses pemilihan nanti. Menurut Arif pendekatan terhadap pemilik suara pelan-pelan akan ia lakukan.

“Salah satu caranya adalah menawarkan program saya itu. Bagaimana meningkatkan klub sepak bola Indonesia jadi lebih baik lagi. Program itu real dan bisa dilakukan kalau besok (program) mau jalan pun bisa,” ucap pria 39 tahun itu.

Dalam deklarasinya Arif menawarkan tiga supervisinya, yakni Club Licensing, Fans Management, dan VAR. Ketiga program tersebut yang akan ditawarkan kepada pemilik suara. Jual beli lisensi klub belakangan marak dalam ranah sepak bola Indonesia, Arif ingin klub semakin mengerti soal lisensi. Penerapan VAR juga menjadi fokusnya.

Bisa dibilang penerapan VAR dalam kompetisi Liga 1 sangat dinantikan oleh seluruh stakeholder sepak bola Indonesia. Arif mengatakan dirinya sudah bekerja sama dengan federasi Belanda, KNVB untuk menerapkan VAR dalam kompetisi sepak bola tertinggi Tanah Air.

“Dari federasi KNVB mereka sudah setuju. Surat mereka sudah ada, bisnis plan-nya juga sudah ada. Tinggal jalan saja,” ujar Arif. Ia akan bersaing dengan dua calon lainnya yang sudah lebih dulu mendeklarasikan menjadi ketua umum PSSI.

Mereka adalah Rahim Soekasah dan Mochamad Iriawan. “Bicara kandidat saya optimistis dengan diri saya. Ytu jadi alasan saya tergerak maju. Saya punya program konkret yang bisa langsung jalan,” ucap Arif.*Sumargo Pangestu

Tiga Supervisi Arif Putra Wicaksono

Lisensi Klub

Penerapan lisensi klub sebagai syarat profesionalisme.

Manajemen Fan

Fan juga berhak memiliki saham klub, ini juga terjadi di klub Eropa.


Baca Juga :
- Voters Harus Independen! Vijaya Fitriyasa: Jangan Takut Diancam, Diintimidasi atau Iming-iming Uang
- Filanesia Sudah Menjadi Pakem para Pelatih di Indonesia

VAR

Untuk mencegah terjadinya keputusan kontroversial wasit di lapangan.

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA